Cemoro Sewu, Pintu Gerbang Menuju Puncak Gunung Lawu

              765 Views

Cemoro Sewu merupakan salah satu pintu masuk untuk menggapai puncak gunung lawu yang mana secara administratif bascame cemoro sewu masuk dalam Kabupaten Magetan, bagi para pendaki khususnya mungkin pintu masuk ini tidak asing lagi namun bagi wisatawan yang lain mungkin cemoro sewu sebatas lokasi atau tempat rest area di kaki gunung lawu.

Cemoro Sewu Magetan via @anak_nusantara99

Baca Juga: Pulang Kampung ke Magetan? Berikut Tempat Wisata Terbaru Yang Bisa Kamu Kunjungi

Gunung lawu memang memiliki beberapa pos pendakian salah satunya ia ini cemoro sewu untuk dua pos pendakian lawu yaitu cemoro kandang yang tidak jauh lokasinya dari cemoro sewu hanya berjarak kurang lebih 200m saja bisa dilihat dengan jelas kok dari jalan utama, selain cemoro sewu dan cemoro kandang ada pos pendakian candi cetho yang berada di Ngargoyoso, Karanganyar cukup jauh jika dari cemoro sewu.

Bagi para pendaki jalur pendakian cemoro sewu memang menjadi favorit pasalnya untuk bisa sampai ke puncak terbilang cukup mudah karena sudah di berikan batu-batu sepanjang jalur trekking, estimasi waktu pendakian dari cemoro sewu kurang lebih memakan waktu 7 – 9 jam. Gunung lawu sendiri memang terkenal cukup angker namun hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi kalangan tertentu bahkan para pendaki. Puncak gunung lawu ada 3 yaitu Puncak Hargo Dumiling, Puncak Hargo Dalem dan yang terakhir puncak paling tinggi Hargo Dumilah.

Baca Juga: 40 Tempat Wisata di Karanganyar Solo Jawa Tengah Terbaru dan Hits 2019

Perlu sobat Triper tahu bahawasanya di gunung lawu juga ada sebuah warung yang dinobatkan sebagai warung tertinggi di Indonesia yaitu warung mbok yem sudah tidak asing lagi bagi para pendaki keberadaan warung ini, warung mbok yem ada sejak tahun 1990 an, dulunya mbok yem seorang peracik jamu dan obat-obatan tradisional dimana untuk mencari bahan dasarnya harus mencari sampai ke hutan gunung lawu bahkan sampai puncak lawu, pada suatu hari mbok yem tersbesit dalam benaknya banyak orang yang melakukan pendakian ke lawu aplagi di bulan asuro namun belum ada yang menyediakan makanan, awal mulanya warung mbok yem dari sini , dan sampai saat ini warung mbok masih bertengkar di puncak lawu.

Baca Juga: Estimasi Biaya Pendakian Gunung Lawu Lengkap Dengan Jalurnya

Menu andalan warung mbok yem adalah nasi pecel khas Magetan, sudah mencoba nasi pecel mbok yem? setelah kamu selesai mendaki gunung lawu melalu jalur cemoro sewu tentunya kamu pengen tahu apa saja hal yang menarik yang bisa kamu lakukan di sekitaran cemoro sewu atau kaki gunung lawu. Untuk kamu yang ingin mencari tempat rehat sambil berwisata karena lelah mendaki lawu beberapa tempat wisata di kaki gunung lawu berikut ini mungkin bisa kamu jadikan rujukan nanti sehabis dari Cemoro Sewu, yaitu Taman Balekambang, Bukit Sekipan, Grojogan Sewu, The Lawu Park, Bukit Sakura Lawu, Mbah Djoe Resort, Mojosemi Forest Park, Telaga Sarangan, Candi Cetho, Air Terjun Jumog dll.

Cemoro sewu selain menjadi pos pendakian gunung lawu juga menjadi tempat rest area para peturing nasional bahkan internasional yang datang ke Indoesia, karena jalur jalan tembus Sarangan -Tawangmangu memang menjadi primadona bagi para bikers tanah air. Tertarik mencoba jalur touring jalan tembus sarangan-tawangmangu? banyak spot-spot cantik yang akan kamu temui selain cemoro sewu ini, wisata seperti sarangan, mojosemi, grojogan sewu, lawu park dll semua berada di jalur jalan tembus sarangan -tawangmangu.

 

Tags:
author

Author: