Muara Way Sindi Krui, Akses dan Tiket Masuk Terbaru

  • Whatsapp
Foto: @karamellaudi

Lampung, provinsi di ujung timur pulau Sumatera ini memiliki segudang destinasi wisata, salah satunya ialah Muara Way Sindi Krui yang masih belum dikelola secara optimal. Kawasan di pantai barat Sumatera ini memang memiliki berbagai destinasi wisata bahari dengan pantai-pantainya yang indah, tapi belum seluruhnya dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin, hingga menjadi destinasi wisata papan atas, termasuk Way Sindi, di Lampung Barat tersebut. Masih banyak wisatawan yang belum tahu tempat indah ini.

Baca Juga: Pulau Pahawang, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Bacaan Lainnya

Lokasi Destinasi Wisata Muara Way Sindi Krui

Muara Way Sindi Krui berada di Pekon atau desa Pedada, Pengawa Lima, Lampung Barat.

Rute Menuju Lokasi Muara Way Sindi Krui

Lokasi Muara Way Sindi Krui cukup mudah ditemukan karena lokasinya berada di jalan lintas barat Sumatera Lampung Barat dengan Bengkulu. Lokasinya tersebut mudah dicapai baik dari arah Lampung maupun dari arah Bengkulu, bisa dengan menggunakan kendaraan umum maupun dengan membawa kendaraan sendiri, seperti mobil atau sepeda motor.

Baca Juga: 121 Tempat Wisata di Lampung Yang Populer dan Hits

Tarif Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Tak ada biaya yang harus dibayar untuk masuk ke Muara Way Sindi Krui, kawasan ini juga bisa diakses kapan saja selama 24 jam.

Fasilitas di Muara Way Sindi Krui

Way Sindi sudah sejak jaman dulu menjadi pelabuhan dan banyak sekali kapal-kapal besar yang datang dan pergi berlabuh lalu berangkat lagi dari tempat ini. Sebagai suatu destinasi wisata maka fasilitasnya belum selengkap tempat destinasi wisata lainnya yang telah secara serius dikelola dan dioptimalkan sebagai suatu tempat wisata. Sehingga jika hendak berwisata ke tempat ini siapkan bawa bekal makanannya juga sendiri, atau bisa mencoba mengunjungi rumah penduduk lokal barangkali memiliki stok kepiting yang akan diolah menjadi berbagai jenis masakan khas lokal setempat jika beruntung. Jangan lupa kenakan sun block agar kulit terlindung dari sengatan terik sinar matahari.

Asal Usul Nama Krui

Terdapat kisah mengenai asal usul nama Krui ini. Konon di jaman dahulu terdapat pasukan Pengawa Lima yang merintis pekon di tempat ini yang kelelahan  lalu berhenti dan beristirahat sejenak di sekitar tempat ini yang lalu menyaksikan adanya sekumpulan kera, yang lalu mereka panggil dengan teriakan uiii uuii, nah lalu dari sinilah asal usul nama Krui tersebut.

Hal Menarik di Muara Way Sindi Krui

Panjang garis pantai di kawasan pesisir Lampung Barat secara total mencapai sekitar 210 kilometer. Salah satunya ialah area Krui. Sudah sejak jaman dulu Krui menjadi pelabuhan yang cukup ramai, dengan banyak kapal-kapal besar dari berbagai daerah yang datang pergi di pelabuhan ini. Pelabuhan yang berada di muara Way Krui di pekon Pedada, Pengawa Lima ini tercantum pada peta pelayaran nusantara di tahun1411 M. Wilayah Way Sindi ini merupakan muara dari beberapa sungai yang ada di sekitarnya. Pertemuan antara beberapa sungai tersebut lantas membentuk beberapa kaldera yang unik bentuknya. Pantai Way Sindi ini dikelilingi oleh beberapa pepohonan besar-besar yang akarnya bahkan digunakan untuk menjadi sebagai tangga. Terdapat juga bebatuan besar yang tegar kokoh berdiri dihantam ombak, membuat suasana pantai yang hening menjadi riuh oleh deburan ombak. Pasirnya berwarna putih dengan ombaknya yang cukup besar. Dibalik bebatuan besarnya tersebut bisa ditemukan adanya kepiting dan hewan laut lainnya, anak-anak warga sekitar banyak yang berburu kepiting di pantai ini. Wisatawan bisa menyaksikan keindahan sunrise atau terbitnya matahari pagi maupun sunset saat tenggelamnya matahari. Dalam perjalanan dari dan menuju ke Bengkulu dari arah Lampung bisa juga mampir ke Muara Way Sindi Krui untuk sejenak melepas lelah, sebelum melanjutkan perjalanan menuju ke Bengkulu atau Lampung. Bagi penggemar dan yang suka mengoleksi aneka biota laut bisa berburu aneka hewan laut, kerang dan tumbuhan laut yang ada di balik batu di sepanjang pantai ini sepuasnya.

Pemandangan gulungan ombak besar yang datang silih berganti memecah bibir pantai dan bebatuan pun sangat memesona dan tak bosan-bosannya dipandang  hingga tak terasa waktu pun berlalu dengan cepat, terbuai dengan pemandangan laut di pantai sepi yang riuh dengan deburan ombak di pantai berpasir putih ini. Jangan lewatkan untuk mampir ke Muara Way Sindi saat bertandang ke Lampung.

Pos terkait