Pletusan Suoh, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

  • Whatsapp
Foto: @lampung_eksplore

Lampung memiliki berbagai kawasan destinasi wisata yang menarik, salah satunya ialah PletusanSuoh. Tanah Sumatera memang memiliki banyak wisata alam yang menakjubkan. Kawasan Sioh di Lampung Barat ini bahkan sering disebut sebagai cuilan surga yang jatuh ke bumi. Terdapat kawasan unik dengan letupan lava vulkanik di kawasan ini yang disebut sebagai Pletusan Suoh. Pletusan dalam bahasa Jawa berarti letusan.

Baca Juga:Pulau Pahawang, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Bacaan Lainnya

Lokasi Pletusan Suoh

PletusanSuoh berada di kawasan Suoh. Suoh adalah nama kecamatan yang memiliki jarak tempuh sekitar 250 km dari arah Kota Bandar Lampung. Lokasi ini letaknya ada di Kabupaten Lampung Barat. Destinasi PletusanSuoh ini termasuk ke dalam kawasan yang dikelilingi oleh area Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

Baca Juga: 121 Tempat Wisata di Lampung Yang Populer dan Hits

Rute Menuju PletusanSuoh, Lampung

Meski agak sulit mencapainya namun pemandangan alam di tempat ini sangat unik dan mempesona. Para wisatawan dari Bandar Lampung bisa memulai perjalanan dengan menuju ke arah Resort Balik Bukit yang lokasinya berada di Pekon, di Desa Kubu Prahu, di Kecamatan Balik Bukit. Lalu setelah tiba di Resort Balik Bukit, maka bisa menuju ke kantor pusat informasi

kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menempuh perjalanan darat dari Resort Balik Bukit untuk menuju ke Resort Suoh. Rute perjalanan ini memerlukan waktu tempuh selama kurang lebih 3 jam lamanya yang selanjutnya bisa diteruskan dengan perjalanan menuju ke Kecamatan Kota Agung, di Tanggamus, Lampung. Dalam perjalanan menuju ke lokasi Kecamatan Kota Agung, maka para wisatawan akan melewati suatu Jalan Lintas bernama Liwa Sekincau yang memberikan nuansa pemandangan yang unik dan khas yakni dengan terdapatnya umah-rumah panggung yang masih otentik, asli dan dalam kondisi yang terawat baik, yang mendominasi pemandangan di sepanjang jalan. Terdapat barang-barang peninggalan dari silsilah keluarga kerajaan Adat Paksi Pak Skala Bragh, Lampung KepaksianPernong yang bisa disaksikan di tempat ini menjadi bukti sejarah. Lalu perjalanan akan berakhir di Pos Resort Suoh, yakni suatu bangunan sederhana yang menyajikan pemandangan beberapa danau di perbukitan yang menghijau  asri dan alami. Kemudian untuk menuju ke PletusanSuoh maka diperlukan waktu tempuh sekitar 20 menit berkendara dari lokasi Danau Lebar dan juga Danau Minyak. Kawasan PletusanSuoh ini dipenuhi dengan aktivitas vulkanik yaini berupa letupan-letupan lumpur panas dengan bau khas belerangnya.

Aneka Tempat Menarik di Sekitar Pletusan Suoh

Daya tarik utama kawasan Suoh ini memang adalah PletusanSuohnya tersebut  dengan letupan lumpur panasnya yang menarik dan berbau khas belerang. Tapi selain itu banyak juga tempat menarik yang mempesona di sekitar lokasi. Sebelum sampai ke lokasi PletusanSuoh, dalam perjalanan menuju ke letupan Suoh maka bisa ditemui beberapa danau. Ada danau Lebar, yang disebut dengan nama itu karena ukurannya yang cukup lebar. Lalu ada danau Minyak yang disebut dengan nama itu karena airnya yang mengkilat seolah berminyak. Danau-danau tersebut merupakan serangkaian bagian dari hasil letusan erupsi gunung api yang lalu membentuk mangkok vulkanik sehingga kemudian terbentuklah menjadi danau. Kemudian ada juga Danau Asam, yang lokasinya tidak jauh dari Pos Resort Suoh. Danau ini dikelilingi perbukitan hijau yang masih alami dan sejuk udaranya. Danau Asam disebut dengan nama itu karena air danaunya yang memang terasa sedikit asam jika dicicipi. Ukuran luas danau Asam ialah sekitar 160 hektar, suasananya sangat tenang, serta benar-benar masih alami. Selain itu ada juga yang namanya Keramikan. Area ini disebut Keramikan karena permukaan lantainya yang nampakmengkilat dengan corak warna kuning keemasan seperti lantai keramik. Lantai unik ini terbentuk asalnya dari lahar yang membeku. Selain area keramikan, pada sudut yang lain terdapat asap-asap solfatara yang keluar yang nampak dan bisa ditemui seperti letusan gunung api  namun dalam ukuran yang lebih kecil. Sangat menarik sekali dan mempesona pemandangannya. Asap-asap tersebut keluar dari lantai keramik kuning keemasan yang basah. Lalu pada sekitar area Keramikan juga terdapat danau air panas yang memiliki kandungan belerang. Sangat menakjubkan pemandangannya seperti sedang berada di surga. Kawasan Sumatra bagian selatan ini menyajikan pemandangan yang mempesona, hasil aktivitas vulkanik  dari sisa letusan Gunung Loreng yang terjadi di masa lampau. Lalu masih ada kawasan menarik lainnya jika perjalanan dilanjutkan, yakni ada Pasir Kuning, dan Letusan Besar, serta Sungai Air Panas.

Pos terkait