Wisata Edukasi, Museum Affandi Kenang Sang Maestro Lukis Jogja

  • Whatsapp
Museum Affandi
Foto: @winnylukman

Waktu libur merupakan saat yang paling ditunggu oleh banyak orang, guna untuk rehat dari rutinitas yang menguras banyak energi. Biar liburan kamu tidak hanya berisi rebahan saja, terdapat banyak referensi kunjungan untuk mengisi waktu senggang kamu. Tidak melulu harus dengan wisata alam, seperti ke pantai, pulau, gunung atau taman bunga. Kamu juga bisa mengisi waktu liburan dengan menambah wawasan dan pengetahuan mengenai kesenian lukis. Nah bagi kamu yang ingin tahu lebih banyak mengenai seni melukis, Museum Affandi menjadi wisata edukasi yang patut kamu kunjungi.

Baca Juga: Candi Borobudur, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Bacaan Lainnya
  • Kenalan dengan Museum Affandi   

Buat kamu yang belum ,tahu tentang museum satu ini, Museum Affandi merupakan sebuah museum yang berlokasi di  Yogyakarta. Museum ini memiliki banyak macam koleksi lukisan dari para maestro seni lukis Indonesia, salah satunya sang maestro Affandi. Untuk kamu yang sangat suka, hobi, atau sekedar mengagumi karya seni lukis, Museum Affardi akan memanjakan mata kamu dengan berbagai lukisan indah karya sang maestro lukis.

Baca Juga: Liburan di Gunung Kidul, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Secara administratif, wisata edukasi Museum Affandi ini berada di Jalan Laksda Adisucipto No.167, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta. Selain melihat karya-karya dengan nilai estetik yang tinggi, anda juga akan disuguhkan dengan potret kehidupan sehari-hari dari sang maestro semasa masih hidup. Seperti halnya alat transportasi yang dipakainya dulu, lalu sebuah sanggar seni untuk membina bakat melukis anak-anak, dan juga rumah yang ia tinggali bersama anak dan istrinya. Kompleks museum yang berada menempati tanah seluas 3.500 hektar ini, terdiri dari bangunan utama museum  beserta bangunan pelengkap, dan juga hunian milik sang maestro dulu tinggal yang kini disulap sebagai Kafe Loteng, yang dapat kamu kunjungi.

  • Telisik detail etalase seni Museum Affandi

Semasa hidupnya, Affandi telah menghasilkan karya 2000 lebih karya lukisan. Berbagai jenis penghargaan bergengsi telah sang maestro terima dari berbagai negara  seperti Doktor Honoris Causa dari University of Singapore , Grand Maestro (Florence, Italia), International  Peace Prize (Florence, Italia).

Dari sekian banyaknya karya yang telah Affandi lahirkan, maka dibuatlah sebuah galeri untuk memajang karyanya agar dapat dinikmati oleh orang banyak. Museum Affandi sendiri terdiri dari beberapa 4 galeri utama, dengan detail penggunaan dan isi yang berbeda-beda.

Galeri I dirancang langsung oleh Affandi menggunakan biaya hasil penjualan lukisannya. Selesai dibangun pada tahun 1962, galeri I menyajikan karya lukisan hasil karya dari sang maestro dari awal hingga akhir karirnya sebagai seorang pelukis. Selain itu, pengunjung juga akan menemukan barang pribadi sang maestro semasa masih hidup.

Galeri II anda akan melihat karya lukisan karya pelukis Indonesia lainnya. Museum ini juga memamerkan karya lukis dari pelukis terkenal di Indonesia sejumlah kurang lebih 700 karya lukisan. Seperti karya lukisan dari Basuki Abdullah, Barli, Popo Iskandar, Hendra Gunawan, Sudjojono, dan masih banyak lagi.

Galeri III terdiri dari 3 lantai dengan fungsi yang berbeda. Lantai pertama digunakan untuk memamerkan karya lukis keluarga Affandi. Konsep galeri III juga lebih modern dibandingkan galeri sebelumnya. Lantai Kedua berfungsi sebagai tempat perawatan lukisan. Dan yang ketiga lantai bawah tanah yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan lukisan.

Dan Galeri IV, memiliki fungsi sebagai ruang pameran untuk berbagai lukisan karya dari sang cucu maestro yakni Didit. Dengan langit-langit galeri yang terbuat dari anyaman bambu

  • Harga Tiket Masuk Museum

Bagi wisatawan lokal harga tiket masuknya 25 ribu per orang, 50 ribu per orang  untuk wisatawan asing,  dan untuk anak-anak cukup 10 ribu saja. Terdapat ketentuan lain untuk anda yang membawa kamera pribadi yakni membayar 20 ribu untuk kamera digital dan 10 ribu untuk mobile kamera atau kamera ponsel.

  • Jam  berkunjung

Kamu dapat berkeliling di Museum Affandi setiap hari Senin sampai Sabtu dari pukul 09.00-16.00 WIB. Catatan, pada hari minggu dan juga hari libur nasional museum ini tutup. Eitss tunggu dulu, kalau kamu ingin berkunjung dengan rombongan pada hari libur, kamu dapat menghubungi bagian pengelola museum terlebih dahulu untuk memperoleh akses masuk. Jadi liburan kamu gak Cuma gabut di rumah aja.

  • Rute perjalanan menuju museum

Kamu yang ingin berkunjung ke museum ini, namun kurang atau tidak tahu persis letak lokasinya, tenang, museum Affandi berjarak 10 km dari pusat kota Jogja. Letak museum berada di depan UIN Sunan Kalijaga dan di sebelah barat dari Sungai Gajah Wong.

Dari pusat Kota Jogja atau Tugu Jogja akan memakan waktu hanya 15 menit saja jika menggunakan kendaraan pribadi. dari Tugu Jogja kamu lurus ke timur menuju Jalan Jendral Sudirman, kemudian lurus melewati Jalan urip Sumoharjo, saat bertemu dengan lampu merah UIN Sunan Kalijaga kamu akan menemukan museum di sisi kiri jalan setelah lampu merah.

Untuk rute lainnya bisa kamu tempuh dari Bandara Adi Sucipto. Dari bandara lakukan perjalanan menuju arah barat menuju ringroad timur, kemudian ada lampu lalu lintas lurus ke barat menyusuri Jalan Laksda Adisucipto hingga ke No.167, dimana Museum Affandi berada di sebelah kanan jalan.

 

Pos terkait