Pantai Pasir Timbul, Akses dan Tiket Masuk Terbaru

  • Whatsapp
Foto:@yakkub96

Pantai Pasir Timbul menjadi salah satu destinasi wisata pantai di Lampung yang tengah banyak dibicarakan, terutama bagi para wisatawan yang datang ke Lampung. Pasalnya tempat wisata ini hanya hadir di waktu tertentu atau tergantung dengan pasang-surut air laut. Meskipun begitu, Anda tidak akan kecewa karena saat pantai pasir timbul mulai terbentuk, akan ada fenomena keindahan alam yang sangat mempesona.

Baca Juga: Pantai Karang Gigi Hiu, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Bacaan Lainnya

Pasir putih bersih nan lembut dengan warna air laut yang biru jernih senada dengan warna gumpalan awan putih di langit biru. Saat menginjakkan di Pasir Timbul ini, Anda akan merasakan sensasi seakan-akan berdiri di tengah lautan. Ditemani oleh ikan-ikan kecil yang berenang bebas kesana-kemari.

Jika Anda berada di pantai ini hingga sore hari, maka Anda akan disuguhkan pemandangan matahari terbenam yang begitu indah. Pengalaman dan kenangan yang tidak akan terlupakan, berdiri di tengah hamparan pasir putih di tengah lautan dengan latar senja yang sangat mempesona. Siapa yang bisa menolak untuk segera berwisata di tempat satu ini?

Baca Juga: Air Terjun Curup Tujuh, Wisata Eksotis di Lampung

  • Lokasi Pantai Pasir Timbul

Lokasi Pantai Pasir Timbul terletak di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, berdekatan dengan pantai Sari Ringgung. Untuk sampai di lokasi ini, Anda perlu menyewa perahu atau kapal kecil. Perjalanan dari Pantai Sari Ringgung menuju ke Pantai Pasir Timbul sekitar kurang lebih 30-45 menit saja.

  • Akses ke Pantai Pasir Timbul

Pantai Pasir Timbul sebenarnya dapat diakses dari beberapa pantai di sekitarnya seperti Pantai Sari Ringgung, Duta Wisata, Queen Artha, Mutun, Tirtayasa, bahkan dari Pantai Pasir Putih, Kalianda. Akan tetapi akses termudah untuk menuju ke Pantai Pasir Timbul adalah melalui Pantai Sari Ringgung, yakni dengan jasa sewa kapal yang sudah disediakan pihak Pantai Sari Ringgung.

  • Pasang-Surut Pantai Pasir Timbul

Pantai pasir timbul ini baru dapat dinikmati ketika air laut dalam keadaan surut. Ketika air laut surut, barulah pasir putih akan mulai menampakkan diri dan saatnya menikmati Pantai Pasir Timbul.

Waktu surut air laut biasanya terjadi pada pukul 14.00. Jika bersama tour travel, biasanya sembari menunggu air surut Anda akan diajak berkeliling ke Pulau Pahawang atau ke Pantai Kelegian Lunik. Tapi jika Anda tiba disana sebelum air surut, Anda bisa menunggu di pondokan jembatan yang sudah disediakan pengelola pantai.

  • Aktivitas Berwisata di Pantai Pasir Timbul

Di Pantai Pasir Timbul ini selain dapat menikmati indahnya pasir putih di tengah lautan, ternyata Anda juga dapat menikmati terumbu karang di sekitar pantai melalui permukaan atau dengan snorkeling. Anda juga bisa berenang di sekitar pantai, tidak usah khawatir karena ombak di area pantai ini tidak terlalu besar, malah cenderung tenang dan aman untuk berenang. Akan tetapi, tetap harus hati-hati dan waspada.

Terdapat beberapa spot foto juga di pantai ini yang sudah disiapkan pengurus pantai, seperti ayunan. Anda bisa menikmati pantai di atas ayunan sembari menghirup udara segar yang masih asri. Sungguh pengalaman yang indah dan tak akan terlupakan.

  • Harga Tiket Masuk Dan Sewa Kapal
Foto:@nurainitourandtravel.official

Pantai Pasir Timbul ini dikelola juga oleh pengelola Pantai Sari Ringgung. Karena akses kapal untuk menuju Pantai Pasir Timbul berada di kawasan Pantai Ringgung, sehingga kita perlu membayar tiket masuk Pantai Ringgung sebesar Rp. 10.000/ orang.

Untuk menuju ke Pantai Pasir Timbul pengunjung perlu membayar lagi biaya tiket masuk sebesar Rp. 10.000 dan  sewa perahu dari Pantai Sari Ronggeng sekitar Rp. 130.000 sudah termasuk pulang-pergi (maksimal 10 orang / kapal).

  • Fasilitas

Pihak pengelola menyediakan pondokan kecil di area Pantai Pasir Timbul, satu deretan dengan jembatan untuk menunggu air laut surut atau untuk bersantai menunggu perahu / kapal menjemput setelah puas bermain di pantai. Di area ini pula terdapat papan nama Pantai Pasir Timbul.

Jika Anda ingin bermalam atau menginap, Anda dapat memanfaatkan penginapan yang disediakan pihak pengelola, di area Pantai Ringgung. Bisa juga menyewa home stay di Pulau Pahawang.

Demikian informasi tentang Pantai Pasir Timbul di Kabupaten Pasawaran, Lampung. Untuk melengkapi saat liburan di Lampung bisa mencoba hiking di beberapa gunung di lampung yang tidak kalah mempesona dari segi view dan tentu adrenalin lebih menantang.  Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat menjadi referensi liburan Anda selanjutnya. Jangan banyak berpikir, karena Anda tidak akan kecewa jika berkunjung ke Pantai Pasir Timbul.

Pos terkait