Menilik Pantai Sadeng Yang Menjadi Pelabuhan Penangkapan Ikan Terbesar Di Yogyakarta

  • Whatsapp
Pantai Sadeng
Foto: @ibenn25

Ketika berkunjung ke Yogyakarta tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi objek wisata yang ada di dalamnya. Banyak tempat menarik yang wajib dikunjungi ketika berada di kota pelajar ini. Ada objek wisata alam, wisata edukasi, museum, cagar budaya, benteng, candi, dan wisata kuliner yang tak pernah ada habisnya.

Baca Juga:Candi Prambanan, Akses dan Tiket Masuk Terbaru

Bacaan Lainnya

Jika berbicara mengenai objek wisata alam, banyak tempat wisata yang bisa dijadikan pilihan ketika berada di Yogyakarta. Ketika ingin menyimpan kenangan di ponsel melalui sebuah foto yang estetik dan instagramable, ada hutan pinus yang menyuguhkan pemandangan pohon pinus yang menjulang tinggi. Untuk wisata alam yang menenangkan dan sejuk, ada wilayah Kaliurang yang menawarkan keindahan gunung Merapi ditemani sejuknya udara di pagi dan sore hari. Ada pula kaki langit Mangunan. Sensasi menikmati pemandangan dari atas awan. Tak hanya itu, ada banyak pantai yang terletak di wilayah Bantul dan Gunung Kidul yang bisa dijadikan pilihan.

Pantai wilayah Yogyakarta memang terkenal akan keindahan dan keunikannya. Di Bantul ada pantai Goa Cemara yang menyajikan keindahan jajaran Cemara untuk menyejukkan perjalanan. Dengan begitu pengunjung tidak akan merasa kepanasan ketika berkunjung di siang hari. Ada pula pantai unik yang terletak di gunung Kidul yang jarang terekspos oleh banyak orang. Pantai itu bernama Pantai Sadeng.

Pantai yang terletak di wilayah Gunung Kidul ini, tepatnya di Songbanyu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta ini menyuguhkan keindahan alam yang eksotis dengan batuan alam yang menjulang membentuk keunikan. Pantai ini dikelilingi oleh tebing dan bukit yang mulai ditumbuhi pepohonan, dilengkapi jalan setapak dari bebatuan, dan fasilitas lain di sekitarnya.

Baca Juga: Liburan di Gunung Kidul, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Perpaduan warna biru dari air laut dan hijau dari tumbuhan di sekitarnya membuat kesan alami dan sejuk semakin terasa. Belum lagi ditambah bebatuan indah di sekitarnya. Rasanya sayang untuk dilewatkan.

Untuk mengunjungi lokasi pantai Sadeng, wisatawan perlu menempuh jarak kurang lebih 83 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Jarak yang terbilang cukup jauh karena letaknya yang berada di ujung provinsi Yogyakarta. Waktu tempuhnya pun terbilang cukup lama. Untuk tiba di tujuan, Anda perlu memakan waktu kurang lebih dua jam melalui rute tercepat dengan menggunakan motor. Sedangkan jika Anda berkunjung dengan rombongan menggunakan mobil, Anda perlu menempuh waktu perjalanan 30 menit lebih lama.

Untuk masuk ke objek wisata yang satu ini, setiap pengunjung perlu membayar tiket masuk sebesar 5.000 rupiah untuk dewasa dan bebas biaya masuk untuk anak di bawah lima tahun. Sama seperti biaya masuk pantai wilayah Gunung Kidul pada umumnya. Biaya yang sangat murah untuk menikmati keindahan alam yang sangat menarik. Tak heran jika banyak orang memilih pantai Gunung Kidul untuk menghabiskan akhir pekan. Meski begitu, pantai yang satu ini jarang diekspos banyak orang. Mungkin karena lokasinya yang jauh dan waktu tempuhnya yang cukup lama.

kampung nelayan Pantai Sadeng
Foto: @ekoandriyanto32

Berdasarkan sejarah yang ada, pantai Sadeng merupakan tempat sungai Bengawan Solo bermuara. Namun pergeseran lempeng yang terjadi pada benua Australia yang menghantam lempeng pulau Jawa membuat aliran sungai mengalami pergeseran. Akhirnya, arah aliran sungai Bengawan Solo berubah. Berbalik menuju Utara dan arah muaranya berada di utara, tepatnya pada Laut Jawa. Meski begitu, beberapa peninggalan sebelum terjadinya hantaman pada lempeng pulau Jawa masih tersisa. Beberapa penelitian mengenai hal tersebut juga masih dilakukan oleh beberapa peneliti untuk mempelajari sisa jejak peristiwa geologi yang berupa lekukan ombak.

Beberapa fasilitas umum juga disediakan oleh pemerintah dan pengelola untuk menunjang kegiatan wisatawan di pantai Sadeng. Ada tempat ibadah, toilet umum, tempat makan, dan di sekelilingnya terdapat rumah warga yang berprofesi sebagai nelayan. Jadi jika Anda mengalami masalah, Anda bisa langsung bertanya pada warga yang tinggal di sekitar.

Pantai ini juga merupakan pantai pelabuhan. Tak heran jika pertama datang ke pantai ini, wisatawan akan disuguhkan oleh beberapa kapal yang berjajar rapi. Lokasi pelabuhan di pantai Sadeng menjadi lokasi pelabuhan penangkapan ikan terbesar yang ada di Yogyakarta.

Bagaimana, menarik bukan? Itu dia beberapa informasi mengenai pantai Sadeng yang berada di Gunung Kidul, Yogyakarta. Semoga informasinya bermanfaat ia sobat Triper.

Pos terkait