Puncak Suroloyo, Sudut Pandang Lain dari Yogyakarta

  • Whatsapp
Puncak Suroloyo
Foto: @visitingjogja

Liburan ke Jogja merupakan salah satu pilihan yang terbaik. Ya, Jogja memiliki berbagai jenis tempat wisata yang sangat menggiurkan apalagi yang masih mempertahankan kealamian dan keasrian tempat sehingga membuat kesan tersendiri. Salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi saja ke Jogja adalah Puncak Suroloyo.

Baca Juga: Candi Borobudur, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Bacaan Lainnya

Tempat wisata ini termasuk tempat wisata yang cukup populer bagi warga Jogja maupun warga luar Jogja. Tempat wisata ini banyak dipilih wisatawan sebab berbeda dari tempat wisata pada umumnya karena mengedepankan lingkungan alam. Ingin tahu informasi selengkapnya? Simak pembahasannya di bawah ini.

Tentang Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Kulon Progo, Yogyakarta, Tempat yang satu ini memiliki ketinggian hingga 1.019 Mdpl sehingga dengan mengunjunginya maka Anda bisa melihat berbagai jenis tempat lain d bawahnya, bahkan Anda pun juga bisa menikmati gagahnya Candi Borobudur.

Spot dan Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Puncak Suroloyo

tiket masuk Puncak Suroloyo
Foto: @Puncaksuroloyo

Banyak sekali aktivitas yang bisa Anda lakukan di Puncak Suroloyo ini. Dari mulai menuju ke puncaknya, Anda bisa melihat pemandangan alam yang masih sangat asri dan akan sangat memanjakan mata Anda. Kepenatan yang sebelumnya Anda rasakan seketika sirna dan membuat otak Anda kembali segar kembali.

Bukan hanya itu saja, saat pagi hari Anda bisa melihat matahari terbit (Sunrise) yang sangat cantik. Namun, pada saat sore hari menjelang malam, Anda bisa melihat matahari terbenam yang juga sangat memukau mata. Ada bisa melihat matahari terbenam yang mengarah pada gagahnya Gunung Merapi yang terletak di antara Jogja dan Jawa Tengah tersebut.

Baca Juga: Malioboro, Pusat Belanja dan Kuliner Legendaris di Jogjakarta

Bukan hanya itu saja, hampir di setiap langkah Anda di sana maka langsung disuguhkan dengan hijaunya pepohonan yang masih terjaga yang akan menyuplai oksigen luar biasa untuk kesehatan Anda. Dengan keindahan alamnya, maka Anda akan menemukan kedamaian dan juga ketenteraman dalam hati dan jiwa Anda untuk menyongsong kehidupan.

Fasilitas yang Ada di Puncak Suroloyo

Untuk menunjang wisata para pengunjung, pengelola juga menyiapkan berbagai jenis fasilitas agar setiap pengunjung dapat menikmati wisata alam tanpa terganggu. Untuk gangguan lapar di perut, di sini telah disediakan berbagai jenis tempat makan. Gangguan untuk buang air, di sini telah disediakan toilet umum yang cukup terawat.

Harga Tiket Untuk Masuk ke Puncak Suroloyo

Lalu, berapa harga tiket masuk tempat wisata unik yang satu ini? Untuk menikmati pemandangan dan juga panorama indah alam di Puncak Suroloyo, Anda tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam. Tiket masuk untuk hari biasa hanya 2 ribu rupiah saja per orangnya sedangkan untuk hari libur hanya lima ribu rupiah saja.

Selain itu, Anda akan dikenakan tarif parkir jika menggunakan kendaraan pribadi. Jika Anda membawa motor maka tarifnya adalah dua ribu rupiah, jika bawa mobil sebesar lima ribu rupiah. Karena letaknya yang berada di ketinggian, Anda bisa menyewa ojek ke puncak jika tidak mau mendaki, tarifnya adalah sebesar lima puluh ribu rupiah saja.

Akses Transportasi di Puncak Suroloyo

Jarak lokasi dari pusat kota Jogja sendiri memang sangat jauh, jalurnya juga tidak terlalu sulit. Sedangkan untuk mencapai puncak Suroloyo tersebut, Anda bisa mendaki menggunakan kaki sendiri atau bisa juga dengan menyewa ojek agar lebih cepat dan sangat cocok bagi Anda yang sangat jarang jalan kaki atau memiliki gangguan pada kaki.

Itulah informasi secara lengkap mengenai Puncak Suroloyo yang bisa Anda gunakan sebagai dasar untuk pergi wisata di Jogja. Anda tidak hanya bisa melakukan perjalanan sendirian tetapi juga bisa melakukan perjalanan wisata dengan keluarga sanak saudara bahkan bersama pasangan tercinta Anda.

Namun juga perlu diperhatikan bahwa saat ini masih dalam kondisi pandemi sehingga Anda dan orang yang terkasih sebaiknya tetap melakukan protokol kesehatan yang sangat ketat sehingga lebih aman baik bagi diri Anda sendiri maupun bagi orang lain. Semoga beberapa informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda dan siapa saja yang ingin mengunjungi Puncak Suroloyo.

Pos terkait