Pantai Wohkudu, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

  • Whatsapp
Pantai Wohkudu
Foto: @al.rasyd

Pantai Wohkudu adalah pantai yang berada di gugusan laut Selatan dan belum banyak diketahui oleh para wisatawan.

Baca Juga: Naik Damri ke Pantai Klayar Pacitan Dari Statiun Magetan, Bisa Banget Sob

Bacaan Lainnya

Pantai Wohkudu Yogyakarta

Jika berbicara mengenai pantai tentu tidak akan ada habisnya, pasalnya pantai memang merupakan tempat wisata yang paling banyak disukai oleh orang. Untuk saat ini ada banyak pantai yang belum terjamah dan didatangi oleh orang salah satunya yaitu Pantai Wohkudu. Meskipun demikian, suasana dari Pantai Wohkudu ini sangat tenang, sunyi dan aman sekali sehingga dapat dijadikan sebagai tempat wisata yang ingin melepas penat dan ingin menenangkan diri dari kesibukan harian.

Selain itu, Anda juga bisa mendirikan tenda camping di dekat pantai dan tentunya akan memberikan suasana yang begitu indah dan nyaman. Pemandangan di Pantai Wohkudu ini dominan ke hijau dan diapit pula dengan dua buah bukit karang sehingga membuat pantai ini seolah-olah tersembunyi dari dunia luar. Tak hanya itu saja, masing-masing puncak tebing yang berada di dua bukit tersebut tentunya dipenuhi pula dengan tanaman khas tepi pantai dan tumbuh sangat lebat sehingga menampilkan pemandangan yang hijau. Kemudian ditemani pula dengan suara deburan ombak dan juga burung-burung berterbangan membuat suasana semakin nyaman dan sempurna jika Anda berkunjung kesini.

Baca Juga: Candi Borobudur, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Apabila Anda datang ke Pantai Wohkudu ini, selain dapat melihat pemandangan hijau dan diapit oleh dua buah tebing maka Anda juga akan dapat melihat pemandangan yang lainnya seperti kondisi pantai yang sedang surut maka Anda akan bisa terlihat dasar laut yang berupa karang yang memanjang lebih dari 50 meter tepatnya ke arah laut dalam. Kemudian beberapa di antara celah-celah karang yang ada disana terkadang juga akan terlihat ikan-ikan kecil yang tersangkut, begitu juga beberapa hewan laut yang lainnya yaitu seperti bintang laut, ubur-ubur hingga bubu babi juga akan dapat ditemukan pada lubang karang tersebut.

Lokasi, Rute dan Akses Transportasi Menuju Pantai Wohkudu

tiket masuk pantai wohkudu
Foto: @pia_pieull

Jika Anda tertarik dengan Pantai Wohkudu ini maka pantai indah ini berada di Yogyakarta tepatnya yaitu terletak di Dusun Wiroso, Girikarto, Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk bisa pergi ke tempat wisata ini maka Anda akan menempuh perjalanan darat kurang lebih sekitar 1.5 jam hingga 2 jam dari pusat Jogja. Selain itu, Pantai Wohkudu ini juga berdekatan dengan Pantai Kesirat sehingga bagi para wisatawan yang ingin mengelilingi sejumlah pantai yang berada di kawasan atau area ini maka Pantai Wohkudu dapat dijadikan pula sebagai tempat wisata yang tepat untuk dikunjungi. Untuk rute menuju lokasi Pantai Wohkudu, disini ada dua pilihan rute yang dapat Anda pilih :

  1. Melalui Jalan Wonosari

Jika Anda memilih jalan yang pertama ini maka nantinya Anda bisa pergi ke jalan wonosari kemudian menuju Piyungan – Patul hingga ke Lapangan terbang Gading. Jika sudah sampai di jalan tersebut maka Anda bisa mengambil ke arah kanan menuju ke Pasar Playen lalu menuju ke Paliyan – Girikarto hingga nanti sampailah ke tempat tujuan yaitu Pantai Wohkudu.

Baca Juga: Pantai Baron, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

  1. Melalui Banguntapan

Selanjutnya untuk rute yang kedua Anda bisa memilih menuju ke Jalan Banguntapan menuju ke Imogiri kemudian ke Siluk – Panggak lalu ke Girikarto hingga sampai menuju Pantai Wohkudu.

Perlu untuk Anda ketahui pula bahwa melalui kedua rute tersebut Anda bisa melakukan perjalanan dengan menggunakan sepeda motor ataupun mobil pribadi. Namun, setelah sampai ke lokasi pantai maka Anda harus bisa berjalan kira-kira 10 menit dari tempat parkir yang telah disediakan pada area pantai tersebut.

Namun, tak perlu khawatir setelah Anda lelah berjalan maka Anda akan dimanjakan oleh pemandangan yang begitu indah dan udara yang segar. Anda akan dapat melihat Pantai Wohkudu yang diapit oleh dua buah bukit yang begitu tinggi. Akan tetapi, perjalanan dari area parkir dan menuju ke tepi pantai tentunya belum terlalu baik atau bagus sehingga Anda perlu berhati-hati, karena sampai saat ini jalanan menuju tepi pantai masih berupa bebatuan dan cor blok sehingga memang mengharuskan Anda untuk berjalan kaki.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati pemandangan indah dan menghirup udara segar dari Pantai Wohkudu ini maka Anda harus membayar biaya retribusi terlebih dahulu sebesar Rp. 3000 untuk kendaraan roda dua dan untuk roda empat sebesar Rp. 5000. Kemudian Anda membayar biaya yang nominalnya sama dengan retribusi tiket masuk. Jadi, tiket tersebut nantinya sudah termasuk pula ke dalam biaya Anda untuk mengelilingi pantai yang lainnya yaitu Pantai Kesirat.

Pos terkait