Pulau Pantara, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

  • Whatsapp
Pulau Pantara
Foto:@irvankolep

Salah satu pulau yang di kawasan wisata Kepulauan Seribu, Jakarta adalah Pulau Pantara. Menghabiskan akhir pekan di pulau nan elok ini sangat menyenangkan, suasananya romantis dan privat, cocok bagi pasangan bulan madu ataupun rombongan keluarga.

Baca Juga: Jadwal Kapal dan Harga Tiket Kapal Dishub Dari Muara Angke, Marina Ancol, Muara Kamal dan Tanjung Pasir

Bacaan Lainnya

Hal Menarik di Pulau Pantara

Pulau ini dulunya lebih dikenal sebagai pulau Antuk, akhir-akhir ini menjadi populer di kalangan para wisatawan yang datang berkunjung Ke Jakarta, baik itu para wisatawan lokal Maupun wisatawan Mancanegara. Selain dikenal sebagai pulau wisata dan juga sebagai tempat gathering atau tempat untuk berkumpul bersama dengan keluarga, maka pulau ini juga menjadi salah satu tempat untuk Diving yang baru di Jakarta. Di masa sebelumnya banyak orang yang menyebut pulau Pantara tersebut sebagai pulau hantu, hal ini akibat kondisi waktu itu ketika pulau ini lama ditinggalkan dan menjadi tidak terurus. Pengelolaan yang terakhir kepengurusan pulau ini ialah ditangan suatu perusahaan Maskapai Jepang namun kini Pulau Pantara telah menjelma menjadi suatu kawasan resort yang paling megah yang ada di Utara Jakarta. Kondisi alamnya masih terjaga alami. Hamparan pasir berwarna putih yang halus dan lembut di sela-sela jari kaki dan birunya air lautnya yang ada disekitar pulau Pantara ini menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke tempat ini. Selain itu, banyak juga koleksi terumbu karang dibawah permukaan lautnya serta telah tersedia area spot diving di sekitar pulau ini. Tak heran jika banyak para diver menyelam yang tertarik dan menginap di pulau yang cantik ini.

Baca Juga: Pantai Karang Gigi Hiu, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Berjarak sekitar 70 kilometer dari arah dermaga Marina, pulau pantara di wilayah kepulauan Seribu ini menjadi pulau yang paling jauh jaraknya dari Ancol Jakarta. Perjalanan yang membutuhkan waktu sekitar dua jam di atas Speed Boat akan langsung terbayarkan dengan menyaksikan hamparan pasir putihnya serta kejernihan air lautnya. Air laut di sekitar pulau Pantara ini memiliki warna gradasi dari biru tua, hingga biru muda, dan dilanjutkan dengan warna putih pasir yang ada di bibir pantainya sangat elok dan mempesona.

Rute menuju Pulau Pantara

Lokasi Pulau ini adanya cukup jauh dari kawasan kepulauan Seribu. Sehingga waktu Tempuh yang diperlukan untuk rute Perjalanan menuju ke pulau Pantara tersebut akan memErlukan sedikit lebih banyak waktu yakni mencapai sekitar 2 jam perjalanan dengan menggunakan Kapal cepat yang terdapat di kawasan Pantai Marina Ancol. Kapal boat tersebut akan berangkat dari dermaga No 22 dan 23 Marina Ancol sekitar mulai pukul 08.00 pagi, lalu akan Boarding time di pukul 07.30 pagi, jadi usahakan agar jangan sampai terlambat. Harus bangun pagi. Adapun jarak antara Pulau Pantara dengan Marina Ancol itu diperkirakan sekitar kurang lebih 70 kilometer.

Sehingga jika dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya yang ada  di Kepulauan Seribu, maka lokasi Pulau Pantara ini memang cukup jauh. Namun justru kondisi itulah yang lantas membuat Pulau Pantara menjadi eksklusif dan seperti pulau private yang tak sembarangan orang dapat datangi. Perlu diketahui bahwa pada saat datang berkunjung ke Pulau Pantara ini maka para wisatawan diharuskan untuk siap menginap setidaknya selama semalam. Hal ini karena pihak pengelola pulau tidak menyediakan fasilitas sehari pulang pergi atau one day trip. Lagipula rugi jika langsung pulang hari itu juga karena Pulau Pantara Resort tersebut memiliki suasana yang sangat romantis sehingga ideal dan tepat untuk menjadi tujuan wisata bagi pasangan yang sedang berbulan madu atau juga bagi rombongan keluarga, atau teman kerja, rombongan perusahaan guna mengadakan acara di Pulau Pantara yakni seperti untuk kegiatan Outing, dan Meeting, juga Outbound Training, serta Family Gathering dan lain sebagainya. Seharipun rasanya masih belum cukup untuk menikmati keindahannya.

Fasilitas di Pulau Pantara

Fasilitas yang telah terdapat di Pulau ini sangat lengkap, yakni antara lain terdapat fasilitas bangunan Cottage yang telah berdiri sejak lama, juga tersedia Restaurant dan Bar, juga ada.

Baca Juga: 17 Pulau-Pulau Indah di Kawasan Pulau Seribu

Kolam renang  juga dengan Musro serta Discotheque, ada tersedia juga Ruang meeting dan Watersport serta Dermaga dan Front office serta ada juga Lapangan tenis serta Dive shop dan lain sebagainya. Bangunan-bangunan yang berdiri megah turut menambah kenyamanan selama berlibur di pulau ini, fasilitasnya super komplit dan juga terdapat kamar-kamar villa yang private membuat pulau ini semakin terasa mewah meski letaknya jauh dari Jakarta tapi fasilitasnya lengkap. Kalau mau camping juga bisa agar kesannya lebih alami, cukup dengan mengajukan izin kepada pihak pengelola pulau dan membayar retribusinya terlebih dahulu.

Baca Juga: Berikut Daftar Pulau-Pulau Indah di Karimunjawa

Pilihannya bisa beragam, sesuai selera. Jadi jangan lewatkan pesona indah pulau ini. Cocok menjadi tempat wisata selama akhir pekan kamu bersama keluarga tercinta atau orang terdekat anda.

Pos terkait