Makanan Khas dan Tempat Kuliner di Salatiga Yang Enak Buanget

              879 Views

Bukan hanya destinasi wisatanya saja, banyak tempat kuliner di Salatiga yang membuat banyak orang tidak pernah lupa akan rasanya. Jadi selain menikmati keindahan kota Salatiga, jangan lupa mampir ke beberapa tempat makanan khas kota yang satu ini.

 

Baca Juga: Lokasi Honeymoon di Indonesia Yang Paling Romantis Yang Patut Kamu Kunjungi

Bebek goreng Salatiga

Bisa dikatakan bahwa Jawa Tengah menjadi provinsi dengan kuliner bebek yang banyak. Maka dari itu, saat berkunjung ke Salatiga harus mencoba bebek goreng khas kota ini yang sudah sangat tersohor. Untuk tempat kuliner di Salatiga ini cukup datangke Pasaraya Salatiga yang terletak di Jalan Jendral Sudirman.

Bukan hanya terkenal sangat lezat dan menggoyang lidah saja, namun bebek gorengnya benar – benar garing dan krispy. Jadi jangan dilewatkan menyantap makanan yang satu ini. Bebek goreng memang menjadi salah satu waralaba yang cukup populer di Salatiga. Sebab, daging bebek di sini dikenal tidak amis dan sangat lembut. Pasalnya, selalu menggunakan jeruk nipis.

 

Sate sapi suruh Salatiga

Sate sapi di Salatiga terkenal dengan sate sapi suruhnya. Sate sapi yang satu ini sangat terkenal karena daging sapinya yang sangat lembut dan empuk. Bahkan lemaknya pun sangat enak disantap. Harga yang ditawarkan pun juga sangat terjangkau. Tempat kuliner di Salatiga ini berada di Jalan Jendral Sudirman atau dekat Polsek Pasaraya 2.

Rasanya sendiri cukup unik. Pasalnya perpaduan rasa manis dan pedasnya bikin ketagihan. Selain itu, kesegaran dari jeruk nipis juga bisa dirasakan dari bumbunya. Proses pembuatannya juga cukup unik yakni direndam terlebih dahulu menggunakan jeruk nipis sebelum dipanggang. Hal inilah yang membuat daging sapinya sangat enak, lembut dan empuk.

 

Bakmi Djowo Salatiga

Wisata kuliner di Salatiga ini memang cukup populer dan banyak orang menyukainya. Bakmi Djowo Semeri Bapak Agus memiliki ciri khas tersendiri, di mana bakmi di sini diberi beberapa campuran sayuran, seperti daun bawang, sawi dan seledri. Kemudian ditambah lagi dengan suwiran daging ayam.

Lebih uniknya lagi, bakmi di sini masih menggunakan anglo yang merupakan kompor tradisional yang terbuat dari tanah liat. Tentunya, bahan bakarnya pun adalah arang dan batok kelapa. Hal inilah yang menambahkan kearifan lokal sebuah masakan. Proses pengolahannya pun juga satu per satu untuk mempertahankan cita rasanya.

 

Sate blotongan Salatiga

Sate dan Salatiga memang tidak pernah terlepaskan. Salah satunya adalah sate blotongan yang terkenal di Salatiga. Pasalnya, sate ini memiliki bumbu yang benar – benar kuat dan nikmat. Siapapun yang sudah pernah mencobanya pasti ketagihan dan ingin nambah lagi. Harganya pun juga sangat terjangkau.

Sare blotongan sendiri menggunakan daging kambing. Namun daging kambing yang dipilih adalah daging kambing muda yakni di bawah satu tahun. Uniknya adalah cara penyajian dari sate blotongan ini, yakni menggunakan hot plate layaknya steak. Dengan begitu, dagingnya akan tetap hangat.

 

Nasi rames Salatiga

Salatiga sendiri juga memiliki nasi rames yang cukup populer yakni, nasi rames Bu Djon. Tempat kuliner di Salatiga yang satu ini berada di sekitaran Jalan Jendral Sudirman Salatiga. Rasanya jangan pernah ditanya lagi, tentu sangat enak dan bikin nagih.

Belum lagi banyak sekali beragam pilihan lauk yang enak dan populer. Kamu bisa berkreasi dengan sesuka hati akan lauknya. Bahkan semuanya memiliki harga yang cukup terjangkau dan tidak bikin kantong jebol.

 

Baca Juga: Jembatan Kaca Buntu Burake Tana Toraja

 

Dari deretan makanan khas Salatiga diatas bisa kamu mencoba di tempat makan yang ada di daerah Salatiga baik di Kota maupun desa semua pasti ada, misanya di tempat kuliner diabawah ini:

  • Resto Mama, Jl. Patimura No.30, Salatiga, Sidorejo, Kota Salatiga, Tlp.0812-2870-7172
  • Warung Joglo Bu Rini, Jl. Mawar No.5b, Sidorejo, Sidorejo Lor, Sidorejo, Kota Salatiga, tpl. (0298) 321370
  • Rumah Makan Es Cobra, Jalan Kalipengging No.4C, Kutowinangun Kidul, Tingkir, Kutowinangun Kidul, Tingkir, Kota Salatiga, Tlp.(0298) 324933
  • Godhong Pring, Jalan Merbabu, Gang 1 No. 3, Kalicacing, Sidomukti, Kalicacing, Sidomukti, Kota Salatiga, Tlp.0813-3313-3343
  • Warung Makan Bu Wati, Jalan Margosari I No.10, Salatiga, Sidorejo, Salatiga, Sidorejo, Kota Salatiga, Tlp.(0298) 311927

Itulah beberapa rekomendasi tempat kuliner di Salatiga yang cukup populer dan terkenal akan kelezatannya, di tambah lagi dengan harganya yang terjangkau.

Tags:
author

Author: