Makanan Khas dan Tempat Kuliner di Tegal Yang Menggiurkan

              693 Views

Tempat kuliner di Tegal dikenal dengan harga yang murah dengan kuliner khas rumahan. Kota tegal juga dikenal dengan warteg yang berupa singkatan dari warung Tegal. Berikut berbagai macam jenis kuliner yang ada di Tegal yang wajib kalian coba.

Baca Juga: Traveling ke Luar Negeri? Berikut Cara Membuat Paspor dan Visa Biar Nyaman Travelingnya

  1. Kupat Glabed

Kupat glabed hanya bisa kalian temui di Tegal saja dan tidak terdapat di kota-kota lainnya, hal ini dikarenakan kupat glabed masakan khas Tegal. Kupat glabed disajikan dengan kuah santan dengan taburan kerupuk yang nikmat untuk disantap. Anda bisa menjumpai kuliner yang satu ini yang berjejer di Alun-alun Kota Tegal. Kuliner ini biasanya disajikan dengan sate Blengong (sate dari perkawinan bebek dan mentok atau disebut juga dengan entok).

  1. Soto Tauco

Soto Tauco di Tegal ini berbahan dasar ayam, hampir sama juga dengan soto-soto di daerah lain. Namun, perbedaannya terdapat dari kandungan rempah-rempah yang memberikan rasa manis, asem, dan asin. Jika anda ingin nyobain soto tauco yang satu ini  yang berlokasi di JL. Talang No 100, Tegal.

  1. Olos

Olos merupakan camilan yang digemari oleh warga Tegal jika anda bepergian ke sini wajib bagi anda untuk mencoba camilan yang satu ini. Olos merupakan makanan yang terbuat dari tepung kanji lalu dicampur dengan tepung terigu dan berisi sayuran kol didalamnya dan kemudian digoreng.

Saat ini, cemilan olos banyak dijadikan inovasi dengan berbagai macam jenis rasa tak hanya berisi kol saja, tetapi juga berisi seperti isi ayam, keju, sosis, dan yang paling digemari adalah olos yang rasa pedas berisi cabe rawit. Olos banyak dijumpai di Kabupaten Tegal, terutama di Adiwerna dan di Slawi.

  1. Tahu Aci

Tahu Aci dikenal dengan Tahu Tegal atau Tahu Kuping, yang berbentuk persegi empat lalu dipotong dua secara melintang mirip dengan kuping. Tahu Aci terbuat dari tepung kanji, daun kucai, dan bumbu-bumbu yang lain. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke tempat kuliner di Tegal tanpa mencicipi Tahu Aci.

  1. Sate Kambing Balibul dan Batibul

Tekstur untuk sate kambing yang kenyal dan lunak tergantung pada usia kambing. Sate kambing Balibul dan Batibul saat ini sangat digemari oleh warga Tegal. Sebutan Balibul dari singkatan ‘Bawah Lima Bulan’, sedangkan Batibul singkatan dari ‘Bawah Tiga Bulan’.

Buat kalian yang ingin mencoba sate kambing Balibul dan Batibul ini silahkan mampir ke Warung Sate Sari Mendo yang berada di Jalan Kapten Sudibyo dan Jalan KS. Tubun. Jalan ini lebih dikenal dengan sebutan Tirus. Di Daerah ini sangat mudah menemukan jenis sate ini sebagai menu utamanya.

  1. Rujak Kangkung

Sayuran kangkung biasanya dibuat tumis yang dimakan dengan nasi. Namun, kuliner yang satu ini menyajikan rujak kangkung yang pedas dengan bumbu kacang, terasi dan asam jawa. Rujak kangkung disuguhkan dalam daun pisang. Rujak kangkung yang sifatnya sangat tradisional dan yang menjualnya pun kebanyakan dari kalangan nenek-nenek.

  1. Nasi Lengko

Nasi lengko disajikan dengan campuran timun dan tahu lalu dipotong dadu, diberikan tempe orek, tauge sayuran yang lain, dan remukan kerupuk diatasnya dan disiram dengan bumbu kacang. Nasi lengko sangat cocok dijadikan untuk santapan makan malam, dengan isi sayuran yang penuh.

Di Kabupaten Tegal, banyak terdapat menu makanan nasi lengko dengan harga yang terbilang murah sesuai dengan isi dompet anda. Minuman yang disediakan berupa teh dingin dengan teh asli aroma melati dijamin membuat anda rileks.Nah cukup menggiurkan bukan inilah beberapa jenis wisata kuliner di Tegal rugi jika dilewatkan tanpa mencicipinya.

Baca Juga: Liburan Akhir Tahun di Misool Papua, Nikmati Qtime Anda dengan Keindahannya

Makaan diatas bisa kamu dapatkan di tempat makan di bawah ini:

  • Rumah Makan “Sari Sedap”, Jl. Gajah Mada No.112, Pekauman, Tegal , Tlp.(0283) 355095
  • Rumah Makan D’Pawon, Jalan Kolonel Sugiono Nomer 111, Tlp.(0283) 352320
  • Waroeng SS (Spesial Sambal) Tegal, Jl. Kapten Sudibyo No.221, Randugunting, Tegal, Tlp.0823-2502-9493
  • Warung Makan Sinar Pagi, Berlokasi di Mangukusuman, Tegal
  • Bebek Goreng H. Slamet, Jalan Sultan Agung No. 63, Kejambon, Tegal, Tlp.(0283) 6133327

Demikian informasi tempat kuliner di Tegal serta beberapa makanan khas yang bisa kita informasikan, semoga apa yang kita berikan dapat bermanfaat buat kamu yang doya wisata kuliner jadi lengkap sudah bila berwisata di Tegal mampir di tempat makan diatas serta mencoba makanan khasnya.

Tags:
author

Author: