Eloknya 30 Tempat Wisata di Africa Van Java “Situbondo” Jawa Timur

              2172 Views

Situbondo adalah sebuah kota yang berada di jawa timur, daerah yang terletak di pesisir utara jawa, karena situbondo masuk kawasan yang strategis dimana menjadi jalur utama jawa- bali pantura membuat situbondo ramai di saat jam kerja terutama jalur utama sisi utara.

Situbondo yang sebagian besar di penuhi dengan perkebunan tebu, tembakau, the serta  hutan lindung baluran yang terkenal dengan padang savananya afrika jawa.

Mungkin situbondo banyak menafsirkan berada di jawa tengah karena agak mirip dengan wonosobo tahu jauh beda ia, tapi agak mirip juga 😀 jadi bingung ini hee.. Situbondo yang berad di pesisir utara membuat situbondo punya segudang tempat wisata khususnya pantai, akan tetapi situbondo bukan hanya menawarkan pantai masih banyak tempat wisata di situbondo yang layak kalian perhitungan untuk kalian ekplore.

Berikut kami berikan informasi mengenai tempat wisata yang ada di Situbondo:

  • Obyek Wisata Pantai Pasir Putih Situbondo

Siapa yang tidak kenala dengan pantai pasir putih situbondo? Pantai ini adalah pantai primadona yang ada di Situbondo dimana memilki pasir putih yang lembut sehingga tidak heran pantai ini sangat ramai di kunjungi oleh warga situbondo maupun dari luar daerah.

Jika kalian datang ke pantai pasir putih kalian bisa melihat indahnya laut jawa secara lepas karena pantai pasir putih punya karakter pantai yang melengkung menjorok ke laut sehingga kita bisa melihat laut jawa sebelah utara dengan lepas di pantai ini.

  • Obyek Wisata Pantai Bilik Situbondo

Ingin tahu pantai dengan khas Africa ia datang ke pantai bilik situbondo karena mempunyai ciri khas dengan baground gunung yang ciamik .

Pantai bilik berada di kawasan taman nasional baluran dimana pantai ini mempunyai karakter berbeda di titik titik bibir pantai ada yang berpasir putih dan juga ada yang berpasir sedkit ada batu coklat seperti pantai yang ada di afrika.

Lokasi Pantai Bilik Situbondo:

Desa Labuan Merak, Kec. Banyu Putih, Situbondo

  • Obyek Wisata Pantai Lempuyang Situbondo

Pantai lempuyang masuk dalam taman nasional Baluran sehingga pantai ini masih terjaga kebersihanya karena pantai ini tumbuh hutan mangrove di sepanjang bibir pantai jadi jika kalian kesini bisa bawa pancing buat mincing karena jika pantai ada hutan mangrove biasanya ikan banyak, tapi jika kalian mincing harus izin pengelola pantai ia.

  • Obyek Wisata Pantai Tangsi Situbondo

Jika kalian datang ke pantai tangsi kalian bisa menikmati pemandangan pantai dari mercusuar yang ada di kawasan pantai ini. Pantai tangsi masih belum begitu di kembangkan sehingga pantai ini masih bersih dari sampah.

Lokasi Pantai Tangsi:

Desa Semiring, Situbondo, Jawa Timur

  • Obyek Wisata Pantai keperan

Pantai keperan adalah tempat pelelangan ikan warga Situbondo jika kalian berniat camping ceria sambil bakar ikan silahkan datang ke pantai keperan untuk membeli ikan sebelum menikmati indahnya pantai keperan.

Lokasi pantai keperan situbondo:

Desa Semiring, Kec.Mangaran, Situbondo, Jawa Timur

  • Obyek Wisata Pantai Pathek

Ingin suasana santai, nyaman, tidak gaduh akan pengunjung lain datang ke pantai pathek Situbondo karena pantai ini tidak begtu ramai di kunjungi oleh wisatawan.

Jadi buat kalian yang hoby ngepantai wajib datang ke pantai pathek untuk menikmati sunyinya pantai sambil menikmati secangkir kopi dengan ditemani semikir angina pantai.

Lokasi pantai pathek situbondo:

Desa Pathek, Situbondo, Jawa Timur

  • Obyek Wisata Pantai Tampora Situbondo

Pantai tampora yang berkarakter bebatuan dengan ombak sedikit besar tidak rekomen buat berenang akan tetapi sebagai pelengkap kunjungan ke Situbondo pantai ini juga wajib kita kunjungi jika ke Situbondo.

Lokasi Pantai Tampora:

Desa Banyuglugur, Situbondo, Jawa Timur

  • Obyek Wisata Pantai Balanan Situbondo

Pantai balanan yang mempunyai karaktersitek berpasir putih dengan di hiasai berbagai pohon yang tumbuh di sepajang bibir pantai sangat cocok buat kalian bersantai sambil menikmati semilir air pantai di bawah rindagnya pohon di kawasan pantai balanan.

Pantai balanan sangat cocok buat kalian yang ingin bermain air karena ombak di pantai ini tidak besar jadi aman buat kalian mandi di bibir pantai sambil leyeh2 di dalam air.

  • Obyek Wisata Pantai Banongan

Pantai banongan situbondo merupakan pantai yang berpasir hitam dimana di sepanjang bibir pantai tumbuh pohon kelapa yang di kelola oleh Negara.

Jika kalian ingin menikmati pantai sambil main hammock pantai banongan sangat rekome karena terdapat pohon kelapa berjejer tepat buat mengikat strap hammock kalian.

  • Obyek Wisata Pantai Bama

Pantai bama terkenal dengan biota lautnya dimana kalian akan menemukan terumbu karang yang sangat bagus di pantai ini karena pantai bama berlokasi tidak jauh dari taman nasional baluran sehingga pantai ini di awasi oleh pihak perhutani situbondo.

Jika kalian kesini harus membawa peralatan tempur kalian yaitu alat2 freedive kalian bisa melihat ekosistem bawah laut pantai bama yang mempesona.

  • Indahnya Gunung Argopura Dengan Jalur Panjangnya

Gunung Argopura merupakan gunung yang mempunyai jalur track yang panjang dimana butuh 3 hari untuk bisa sampai di puncak Gunung, jadi total untuk mendaki gunung Argopura bisa mengahbiskan waktu 5 hari bahkan bisa sampai 6 hari.

Gunung Argopura puncak puncak yang terkenal yaitu puncak Rengganis dimana puncak ini adalah puncak tertinggi Gunung argopura, di puncak ini juga terdapat peninggalan purbakala yaitu masa kerajaan Dewi Rengganis.

  • Obyek Wisata Padang Rumput Sikasur Situbondo Jawa Timur

Jika kalian mendaki Gunung Argopuro pasti tidak asing dengan sikasur, sikasur merupakan padang rumput yang hijau ditambah awan yang menyelimuti menambah eksotis padang rumput sikasur.

  • Africa Of Java ia Baluran
foto:hulaa.com

foto:hulaa.com

Baluran adalah afrikanya jawa bahkan Indonesia karena di sini terdapat sebuah padang savanna yang terkenal dimana ada satu pohon di tengah padang savanna dan mempunyai backgorun yang bagus di semua segala sisi, sehingga baluran di namakan “Afrika of java”.

Di taman nasional Baluran kalian bisa menjumpai rusa, banteng, merak, kera, burung berkeliaran secara bebas. Tak hanya itu taman nasional baluran yang langsung berbatsan dengan laut jawa sebelah utara juga memberikan panorama yang menajubkan.

  • Obyek Wisata Air Terjun Setancak Situbondo

Air terjun satnacak merupakan air terjun dengan ketinggian 15m dengan debit air yang cukup besar dimana air terjun ini di huni burung waleet dekat air terjun satncak sehingga banyak orang yang ingin tahu di sebelah mana tempat sangkar burung wallet karena tahu sendiri sangkar burung wallet sangat berharga jika di jual.

Aier terjun Setancak di ambil dari nama dari di sekitar air terjun dimana kata “tancak” berarti air terjun yang memancara dari arti bahasa Madura.

  • Obyek Wisata Air Terjun Talempong

Air terjun talembong terletak di Desa Talembong, Kec.Banyuglugur, Situbondo dimana mempunyai ketinggian sekitar 15m. Untuk kalian penghobu air terjun kalian wajib kesini karena air terjun talembong cuku bagus untuk obyek foto atau sekedar mengahabiskan liburan kalian saat di Situbondo.

Untuk akses ke air terjun talembong kalian harus berjalan kurang lebih 3km dari tempat parker di desa Talembong 3 km cukuplah buat olahrga kaki karena air terjun itu kebanykan memang perlu tenaga ektra untuk bisa sampai tapi jika sudah sampai hati senang riang gembira.

  • Obyek Wisata Waduk Curah Cottok Situbondo

Waduk Cottok terletak di Desa Curah Cottok, Kapongan, Situbondo. Waduk ini merupakan waduk alami yang di gunakan warga sekitar untuk sarana perairan lading dan sawah mereka.

Waduk Curah Cottok merupakan waduk tadah hujan sehingga jika musim kemarai debit air di waduk kurang dratis.

  • Mengenal Lebih Dekat Pelabuhan Jangkar Situbondo

Pelabuhan jangkar merupakan tempat transit bagi warga situbondo jika ingin pergi  ke pulau sebrang Madura sebaliknya bagi warga Madura yang ingin ke jawa bisa lewat pelabuhan jangkar ini.

Pelabuhan jangkar terletak di desa Asembagus yang berjarak sekitar 30km dari pusat kota Situbondo.

  • Pelabuhan Fenomenal Situbondo “Pelabuhan Rakyat Panarukan”

Pelabuhan Panarukan dulu merupakan pelabuhan besar saat masa penjajahan Belanda tapi sekarang pelabuhan ini bukan lagi untuk merapatnya kapal besar karena pendakalan yang terjadi seiring berjalan waktu, hari dan tahun.

Pelabuhan panarukan dulu bernama “Maatschapij Panaroekan” yang di bangun oleh koloneal Belanda pada tahun 1980. Kini fungsi pelabuhan panrukan untuk bersandar kapal-kapal kecil nelayan yang habis melaut menangkap ikan.

  • Menikmati sejuknya Perkebunan Kopi Kayu Mas Situbondo Jawa Timur

Ingin memetik kopi? Atau pengen ngopi bisa datang di perkebunan kopi kayu mas Situbondo yang berlokasi di Desa Arjasa yang berjarak kurang lebih 45km dari pusat kota arah timur laut.

Perkebunan kopi arjasa terletak di ketinggian kurang lebih 800 – 1500mdpl sehingga suhu di kawasan perkebunan sangat dingin jika kalian kesini persiapkan jaket yang tebal agar tidak kedinginan saat berkujung di kebun kopi Kayu Mas Situbondo.

  • Ingin Uji Nyali Coba Arung Jeram di Desa Bantal Situbondo

Menguji adrenalin cobalah arung jeram desa Bantal Situbondo dimana kalian akan di ajak menyusuri sungai sepanjang 7km dengan arus yang berbeda-beda karakter jika kalian takur dengan olahraga ektrem ini jangn mencoba karena berbaya.

  • Mengenal Lebih Dekat Pabrik Gila Olean Situbondo Jawa Timur

Ingin tahu sejarah Gula atau pembuatan gula bisa datang di Pabrik Gula Olean Situbondo yang merupakan pabrik gula tertua di situbondo yang di bangun pada tahun 1846 oleh Belanda.

Pabrik Olean merupakan pabrik peninggalan Belanda dimana ada 4 pabrik peninggalan Belanda di Situbondo, Pabrik Olean merupakan pabrik yang masih beroperasi sampai sekarang.

Untuk kalian yang ingin mengetahu dan belajar mengenai sejarah gula dan mengenai pabrik olean sendiri bisa datang di pabrik olean situbondo yang berjarak 3 km dari pusat kota Situbondo.

  • Ingin Tahu Proses Pembuatan Genteng? Datang ke Kalibagor Situbondo

Kalian ingin tahu bagaimana proses pembuatan genteng? Kalian bisa berkunjung ke desa Kalibogor, Situbondo untuk melihat proses pembuatan genteng dari awal sampai jadi sebuah yang namanya genteng yang fungsinya untuk atap sebuah rumah.

Jika kalian berjiwa pengusaha datang ke Desa Kalibogor merupakan jadwal wajib jika kalian berlibur ke Situbondo, dari sini kalian bisa belajara dari awal proses membuat genteng hingga menjadi sebuah genteng yang siap di pasarkan.

  • Berenang di Kolam Renang Tirta Pandawa Situbondo

Bagi kalian yang ingin berolahrga santai bersama keluarga tercinta berwisata ke kolam renang pandawa adalah pilihan tepat karena bisa berolahraga sambil berwisata.

Kolam renang pnadawa ini adalah kolam renang yang ngehit di situdbondo karena jika weekend datang kolam renang ini sangat rame di kunjungi oleh warga situbondo.

  • Menikmati Sisi lain Situbondo di Alun Alun Kota

Rasanya tidak lengkap jika kita berlibur di suatu kota tidak mampir yang namanya alun-alun kota, disini kita bisa bersantai sambil menikmati hiruk pikuk kota di barengi dengan kesibukan orang berlalu lalang dan kita sebagai traveler asik memandang sambil makan sate pandang kan jadi mantap tenan kan rek 😀

Di alun – alun kota kita bisa melakukan apa saja seperti santai sambil ngobrol dengan teman kita jika saat kita backpack duet atau hanya sekedar minum kopi sambil menghirup udara tengah kota dan masih banyak lagi yang bisa kita lakukan di alun – alun kota, jadi jika kita berwisata di suatu daerah tidak ada salhnya kita mampir di alun –alun kota ia guys.

Tags: