Liburan Di Bali, Berikut Destinasi yang Wajib Kamu Kunjungi

  • Whatsapp
Foto: @febtife

Bali merupakan salah satu destinasi wisata Indonesia terfavorit, baik itu untuk turis lokal maupun mancanegara. Berkat kombinasi antara keriuhan aktivitas warga dengan kekayaan budaya serta keindahan alamnya, tak heran kalau Bali selalu sukses menjadi magnet bagi para wisatawan untuk selalu datang dan kembali sepanjang tahun.

Baca Juga: Mau Ke Bromo? Eits Baca Dulu Tips Yang Wajib Kamu Ketahui Jika Ke Bromo

Transportasi ke Bali juga tidak terlalu sulit hampir semua maskapai landing di pulau dewata bahkan pulau Bali sudah terkenal di belahan dunia namun bagi kamu wisatawan lokal ke bali juga tidak mahal kok jika dirasa naik pesawat mahal bisa menggunakan transportasi kereta sampai ke Banyuwangi atau mampir dulu di tempat wisata di Banyuwangi keren-keren abis tidak kalah dengan Bali.

Nah, untuk sobat Triper yang baru akan mengunjungi Bali untuk pertama kalinya, berikut ini adalah daftar destinasi yang perlu Anda datangi!

  • Pura Tanah Lot
Foto: @kyledrysdale10

Berlokasi sekitar 20 kilometer di barat laut Kuta, Pura Tanah Lot merupakan salah satu pura paling ikonik di Bali berkat lokasinya yang berada di sebuah pulau kecil di tepi laut. Bukan hanya itu, Pura Tanah Lot adalah yang paling suci bagi para warga lokal di antara pura laut lainnya. Salah satu daya tarik utama lokasi ini adalah keindahan pemandangan matahari tenggelam, sehingga Pura Tanah Lot jelas sudah ramai dikunjungi turis begitu sore menjelang. Ketika Anda mengunjungi Pura Tanah Lot dan berbagai lokasi suci lainnya di Bali, pastikan Anda berpakaian sopan. Anda bisa gunakan sarung atau kain jika Anda mengenakan celana pendek.

Harga tiket masuk kawasan Pura Tanah Lot untuk turis domestik adalah Rp20.000. Sedangkan tarif parkir mobil adalah Rp5.000.

  • Gunung Batur
Foto: @charlienadia

Kalau Anda adalah salah satu dari para pemburu sunrise, maka perjalanan trekking sepanjang 1.700 meter di Gunung Batur di pagi buta jelas jangan sampai Anda lewatkan. Di sini, Anda bisa menikmati panorama matahari terbit yang dibingkai dengan jajaran pegunungan yang masih berkabut serta kaldera. Gunung yang masih aktif ini berlokasi di Kabupaten Kintamani, yang jaraknya sekitar 1 jam perjalanan naik mobil dari Ubud.

Anda tak perlu cemas, karena rute trekking-nya terbilang mudah dan bisa diselesaikan hanya dalam dua sampai tiga jam. Jadi, jangan lupa siapkan sarapan, ya! Kalau Anda memilih untuk ikut paket trekking yang dipandu guide, Anda biasanya akan mendapatkan sarapan ala piknik. Salah satu menunya adalah telur yang dimasak dengan uap dari Gunung Batur, lho!

Anda juga bisa kunjungi Gunung Batur dan Danau Batur di saat pagi atau siang untuk menikmati panorama alam di sekelilingnya. Kalau hari cerah, Anda bisa menikmati panorama kaldera, pegunungan, dan Danau Batur dengan puas. Oh iya, jangan lupa siapkan uang Rp5.000 sampai Rp10.000 untuk parkir jika membawa mobil, ya!

  • Pura Luhur Uluwatu
Foto: @putrinoviee

Uluwatu bukan hanya seru dikunjungi kalau Anda punya hobi surfing, atau ingin menjajal aktivitas olahraga ini. Soalnya, di kawasan ini ada Pura Luhur Uluwatu, yang merupakan salah satu pura paling populer di Bali. Hal ini dikarenakan lokasinya yang berada di puncak tebing, sehingga panoramanya dijamin bisa memanjakan mata Anda! Seperti halnya Pura Tanah Lot yang merupakan pura paling ikonik di Bali, Pura Luhur Uluwatu punya panorama sunset yang cantik, sehingga waktu terbaik untuk mengunjungi lokasi ini adalah saat sore menjelang malam. Uluwatu sendiri berlokasi 25 kilometer dari Kuta.

Untuk memasuki kawasan Pura Luhur Uluwati, Anda perlu membayar tiket sebesar Rp20.000 (dewasa) dan Rp10.000 (anak-anak). Biaya parkir mobil adalah Rp2.000 sampai Rp5.000. Catat bahwa harga tiket tersebut berlaku untuk pengunjung domestik.

  • Monkey Forest Ubud
Foto: @natalie_grace

Berjalan kaki hanya sekitar 10 menit ke arah selatan dari pusat kota Ubud, Anda bisa menemukan Monkey Forest atau Sacred Monkey Forest Sanctuary. Hutan ini adalah lokasi yang tak kalah populer dan – seperti yang namanya tunjukkan – dianggap suci (sacred) oleh warga lokal. Hutan monyet ini menjadi habitat spesies macaque berekor abu-abu nan panjang, di mana mereka bisa hidup dengan bebas di kawasan hutan ini. Jika Anda mengikuti jalan setapak, Anda bisa temukan jajaran pohon banyan, di mana pura dan patung kuno bersatu dengan alam. Suasananya cukup magis, bahkan di siang hari sekalipun.

Baca Juga: Lokasi Honeymoon di Indonesia Yang Paling Romantis Yang Patut Kamu Kunjungi

Monkey Forest Ubud merupakan representasi kehidupan harmoni manusia dan hewan yang saling berdampingan. Di samping itu, lokasi wisata ini juga memiliki beberapa spesies tanaman langka, dan sering digunakan sebagai lokasi penelitian perilaku para macaque, terutama interaksi sosial spesies monyet yang satu ini.

Harga tiket masuk untuk turis domenstik di Monkey Forest Ubud adalah Rp80.000 (dewasa) dan Rp60.000 (anak-anak).

Loading...