Liburan di Banyuwangi, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

  • Whatsapp
Foto: @riskaarsnt

Apakah kamu berencana menghabiskan liburan akhir tahun di Banyuwangi atau liburan dalam waktu dekat? Berlibur di kabupaten Banyuwangi memang menjadi pilihan terbaik. Sebab kabupaten ini menyimpan keindahan alam yang luar biasa menakjubkan, mulai dari daerah pegunungan hingga pesisir pantai selatan kabupaten ini memiliki daya tarik tersendiri yang mampu memikat para wisatawan lokal maupun asing. Untuk lebih jelasnya mengenai liburan di Banyuwangi, berikut destinasi yang wajib kamu kunjungi!

Baca Juga: Deretan Pantai di Banyuwangi Yang Mempesona

Muat Lebih

  • Teluk Hijau
Foto: @ekogatan

Teluk Hijau merupakan salah satu objek wisata terbaik di kabupaten Banyuwangi yang menawarkan hamparan air laut yang sangat jernih. Pada dasarnya, pemberian nama Teluk Hijau di karena teluk ini memiliki air yang berwarna biru kehijauan yang diperoleh dari alga yang tumbuh di dasar pantai tersebut. Pantai Teluk Hijau ini berada dalam satu kawasan dengan Pulau Merah dan Taman Nasional Meru Betiri. Teluk Hijau tidak hanya menawarkan air yang sangat jernih, namun juga menawarkan pemandangan batuan karang yang sangat menawan. Untuk tiba di Teluk Hijau kamu harus menempuh perjalanan yang agak sulit, meskipun begitu rasa lelah yang kamu rasakan akan langsung hilang saat melihat keindahan Teluk Hijau. Teluk Hijau memiliki beberapa penginapan terdekat, salah satunya Raflesia Homestay Meru Betiri yang menawarkan harga sewa sekitar Rp 200.000 per malamnya.

Lokasi : Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi

Harga Tiket : Rp 7.500 per orang

Jam Operasional : 07:00-16:30

  • Air Terjun Lider
Foto: @febrianjeryz

Air Terjun Lider memiliki ketinggian 60 meter dengan debit air yang sangat banyak. Air Terjun Lider memang berada di lokasi yang cukup tersembunyi karena keberadaannya di kawasan lereng pegunungan dan hutan lindung. Bahkan jika beruntung, kamu juga bisa melihat spektrum pelangi di sekitaran air terjun tersebut. Di Kawasan air terjun Lider ini juga terdapat ribuan pohon rimbun dengan akar yang menjuntai ke bawah, sehingga terlihat seperti memiliki daya magis tersendiri dan juga menciptakan panorama alam yang luar biasa indahnya. Untuk tiba di air terjun Lider kamu bisa menempuh perjalanan dari Kecamatan Genteng menuju Sempu dan setelahnya baru menuju ke desa Sumberwangi serta melalui Jambewangi dengan jarak tempuh sekitar 7 km. Berkunjung ke air terjun Lider kamu juga tidak perlu khawatir mengenai penginapannya, karena kamu bisa menginap di Camping Ground Pins dengan biaya sewa Rp 225.000 per malam.

Lokasi : Sumberarum, Songgon, Kabupaten Banyuwangi

Harga Tiket : Rp 5.000 per orang

Jam Operasional : 08:00-18:00

  • Hutan Pinus Songgon
Foto: @jainurrochman

Hutan Pinus Songgon menawarkan pemandangan yang luar biasa menarik, apalagi kawasan ini menawarkan suasana yang sangat sejuk karena dipenuhi dengan ribuan pohon pinus. Jika ingin berlibur ke hutan pinus ini maka kamu bisa menempuh perjalanan dengan menggunakan alat transportasi darat dengan rute tercepat. Berlibur ke hutan pinus Songgon menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang ingin merasakan suasana sejuk yang jauh dari kebisingan kawasan perkotaan. Mengenai penginapan di sekitar Hutan Pinus Songgon kamu juga tidak perlu khawatir, karena di kawasan ini sudah tersedia Camping Ground Pinus yang bisa kamu sewakan per malamnya sekitar Rp 225.000.

Lokasi : Sumberbulu, Songgon, Kabupaten Banyuwangi

Harga Tiket : Rp 5.000 per orang

Jam Operasional : 08:00-17:00

  • Pantai Rajegwesi
Foto: @room_photography

Pantai Rajegwesi memiliki ciri khas ombaknya yang tenang sehingga para pengunjung bisa sepuasnya bermain air. Bagi kamu yang menyukai masakan olahan dari hasil laut maka patut berkunjung ke Pantai Rajegwesi karena di sekitar pantai ini terdapat banyak sekali penjual seafood segar. Selain itu, mengenai penginapan di pantai Rajegwesi kamu juga tidak perlu khawatir, karena kamu bisa menginap di Java Turtle Homestay dengan harga sewa Rp 300.000 per malamnya.

Lokasi : Balai Taman Nasional Meru Betiri, Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi

Harga Tiket : Rp 7.500 per orang

  • Gunung Raung
Foto: @item_dw

Gunung raung dapat kamu daki dari jalur Kalibaru, Gunung ini adalah gunung paling extrem untuk didaki bila ingin sampai di puncak sejati, butuh keahlian khususnya untuk bisa berfoto seperti gambar diatas.

  • Taman Nasional Baluran
Foto: @estpr

Taman Baluran disebut juga dengan litle africa, kamu akan disuguhkan padang savana khas africa banget. Selain taman nasional ini Banguwangi juga terdapat dua taman lain yaitu Meru Betiri dan alas Purwo.

  • Gunung Ijen
Foto: @geotravell

Jangan ditanya perihal Gunung Ijen, sudah terkenal sampai ke ngeri China dengan iconya api biru sudah melegenda se antero jagad raya.  Untuk tiket masuk gunung ijen sebesar 5k untuk weekday dan weekend sebesar 10k.

  • Mirah Fantasia
Foto: @yuniumroh

Mirah Fantasia merupakan sebuah objek wisata baru yang lokasinya berada di kawasan pantai. Di Mirah Fantasia ini kamu bisa bermain sepuasnya, mulai dari menaiki hewan seperti gajah, berenang di kolam renang hingga bermain di pantai. Selain itu, di taman ini juga terdapat beberapa satwa seperti burung, buaya, monyet hingga gajah. Bagi kamu yang berlibur ke Mirah Fantasia juga bisa memilih penginapan terdekat seperti RedDoorz Near Basuki Rahmat yang menawarkan harga sewa Rp 163.000 per malamnya.

Lokasi : Jalan Karimun Jawa, No. 81, Lateng, Kabupaten Banyuwangi

Harga Tiket : Rp 15.000 per orang

Jam Operasional : 08:00-17:00

Demikian kurang lebih beberpa spot instagramable atau destinasi wisata di Banyuwangi yang kece badai, ada banyak wisata pantai di Banyuwangi karena letak geografisnya paling ujung Jawa bersebarangan dengan Bali. Jika kamu suka liburan di wahan buat misalnya kolam renang ada banyak kolam renang di Banyuwangi yang bisa kamu coba.

Pos terkait

Loading...