Gunung Lawu Dengan Kemistisanya Saat Bulan Asyura

  • Whatsapp

Karanganyar solo jawa tengah

Pernah mendengar Magetan? bagi kalangan Pendaki kata “Magetan” pasti tidak asing karena Magetan merupakan salah satu Kota  yang mempunyai Gunung yang wajib di daki oleh para pendaki yaitu Gunung Lawu, dimana jika pendaki melakukan pendakian akan melewati pintu masuk Cemoro Sewu yang merupakan kawasan/daerah yang masuk dalam Administrasi Kota Magetan. Kota Megetan secara Gepgrafi magetan terletak di antara 7 80′ 30″ lintang selatan dan 111 20′ 30″ bujur timur dimana sebelah utara berbatasan dengan Ngawi, sisi selatan dengan Ponorogo, sisi barat dengan Karanganyar, dan sisi timur dengan Madiun.

Muat Lebih

Sedikit vidio jalan menuju Lawu seperti di bawah ini:

Tahu gunung lawu kan?  apa yang terlintas jika mendengar gunung lawu? serem? penuh mistis? dingin? atau apalah itu yang pada dasarnya lawu adalah sebuah gunung yang mempunyai ketinggian 3.265 Mdpl merupakan gunung jajaran tertinggi jawa masuk nominasi ke V dari gunung-gunung gagah di jawa . Gunung lawu sendiri sering dikaitkan dengan hal yang mistis-mistis apakah itu benar? kalo pengen tahu coba sobat triper datang dan mendaki gunung lawu pada bulan ini (muharram) karena biasanya orang-orang jawa rajin mendaki gunung lawu pada bulan muharrom, kenapa demikian? karena lahirnya Islam  dimana pada sebagian orang jawa kita harus hijrah mengasingkan diri untuk menenangkan fikiran maka dari itu banyak kaula pria yang mendaki gunung lawu dan bertepatan Asyura jadi para pria jawa mengadakan ritual basuh gaman di gunung lawu.

Bulan muharrom adalah bulanya gunung lawu karena selalu identik dengan keramain malah karena sekarang mendaki gunung merupakan hoby bagi kalangan anak sekarang untuk menikmati indahnya ciptaan yang maha kuasa yaitu Allah SWT. Semua yang berkaitan dengan lawu sangat erat dengan lengsernya kerajaan besar yaitu Majapahit dimana sang raja mengasingkan diri dengan mendaki gunung lawu bersama abdinya dan dimana sampai sekarang jika kalian mendaki gunung lawu di buntuin burung mungkin itu abdi sang raja Majapahit heee, Nama-nama pos gunung lawu juga erat ceritanya dengan Majapahit jika ingin lebih jelas bisa datang ke Gunung lawu dan bertanya ke juru kunci lawu .

Akses ke Gunung Lawu:

Naik kereta turun di Ngawi or di Madiun di lanjut naik bus 1/4 menuju Magetan setiba di magetan bisa di lanjut dengan carter mobil ke cemoro sewu pintu masuk pendakian via maegtan.

Untuk cara kedua yaitu dengan menggunakan kereta masih sama moda transportasinya akan tetapi sobat triper turun di jebres (solo) kemudian dilanjut ke karanganyar (terminal) kemudian di lanjut carter angkot ke cemoro kandang, dimana cemoro kandang adalah pintu masuk dari jawa tengah yang masuk administrasi karanganyar.

Informasi tambahan wisata seputaran Gunung Lawu bisa di baca dibawah ini:

Wisata di Kota Karanganyar Jawa Tengah

WIsata di kota bukit lawu Magetan yang mempesona

Selamat mendaki sobat triper

Pos terkait

Loading...