Nyamannya Traveling ke Yogyakarta Dengan KA Bogowonto!

  • Whatsapp
Foto: @daniel.dahni

 

Traveling adalah salah satu kegiatan yang paling menyenangkan. Apalagi jika travelingnya ke Yogyakarta ! Tapi bagaimana jika budget Anda terbatas. Tidak perlu khawatir, Anda dapat memilih kereta api sebagai, moda murah meriah untuk pergi ke Yogya. Kereta api yang dimaksud adalah kereta api Bogowonto, dengan rute keberangkatan Jakarta – Yogya. Sebenarnya ada cukup banyak kereta yang melayani rute Jakarta-Yogya. Namun kereta yang satu ini adalah salah satu kereta pas bagi Anda yang ingin traveling ke Yogya secara hemat.

Muat Lebih

KA ekonomi AC

Kereta api yang satu ini termasuk kereta api kelas ekonomi. Tapi layanan yang diberikan sudah tidak seperti dahulu. kini kereta Bogowonto ini dikenal sebagai KA ekonomi AC. Seperti namanya, maka kereta yang satu ini, sudah menggunakan fasilitas AC. Selain itu, fasilitas lainnya yang ada di kereta api ini juga terbilang nyaman. Artinya jika Anda bepergian menggunakan kereta api ini, tidak perlu khawatir akan stigma tidak nyaman, karena udara yang panas, kursi yang kurang nyaman, atau bahkan sesak karena penumpang. Karena hal tersebut, sudah tidak terjadi lagi kali ini.

Fasilitas yang ada di kereta Bogowonto, selain AC adalah, adanya 2 buah stop kontak yang terletak di dinding kabin, tepat di bawah jendela. Sedangkan untuk kursinya sendiri, masih tetap kursi duduk tegak, yang tidak dapat diatur derajat kemiringannya, atau bukan diputar. Dalam 1 gerbong, terdapat 80 tempat duduk, dengan susunan kursi 2-2 dan menghadap ke arah depan.

Toilet yang ada, juga terbilang cukup nyaman, dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Dimana toilet sudah menggunakan septik tank, yang mampu mengurangi suara bising dari kereta. Tidak hanya itu, di dalamnya juga sudah terdapat wastafel dan juga kaca.

KA Eksekutif

Untuk memberikan layanan yang lebih memuaskan pada penumpang, kini pihak PT. KAI. Menyediakan layanan KA Eksekutif dalam 1 rangkaian gerbong KA Bogowonto. Seperti namanya, maka layanan yang diberikan pada gerbong yang satu ini sedikit banyak berbeda dengan gerbong kelas ekonomi. Walaupun pada umumnya, fasilitas umum yang diberikan sama. Yang dimaksud dengan fasilitas umum di sini adalah adanya fasilitas AC (namun kali ini menggunakan AC central), 2 buah stop kontak yang ada di bawah jendela, meja berukuran kecil, meja portabel yang ada di bagian lengan kursi, kursi yang dapat diatur, dan pastinya fasilitas hiburan seperti TV yang diletakkan di beberapa lokasi. Ada juga fasilitas tambahan, yang tidak akan dapat di kelas ekonomi AC, yaitu fasilitas bantal dan selimut. Menggunakan layanan seperti ini, pastinya membuat kegiatan traveling kali ini jadi jauh lebih menyenangkan.

Harga tiket

Untuk harga tiket yang ditawarkan pada KA Bogowonto ini tentunya beragam. Tentunya hal ini akan disesuaikan dengan kelas, subkelas (posisi tempat duduk) yang dipilih. Namun ada juga beberapa hal lainnya yang juga turut mempengaruhi harga tiket, seperti waktu pemesanan, tanggal keberangkatan dan yang lainnya. Harga tiket minimalnya adalah sekitar Rp 155.000 saja, sedangkan yang paling mahal adalah sekitar 400 ribuan rupiah. Jika dilihat berdasarkan harga yang ditawarkan, tentu saja terbilang standar dengan fasilitas yang diberikan.

Stasiun 

Tidak seperti KA ekonomi lainnya, KA Bogowonto ini, tidak berhenti di setiap stasiun. Selama perjalanannya, kereta ini hanya akan berhenti pada 9 stasiun yang ada di 3 provinsi, yaitu Stasiun Pasar Senen dan stasiun Jatinegara yang ada di provinsi Jakarta. di Jawa Barat, akan melewati stasiun Haur Geullis, Stasiun Cirebon Prujakan, dan stasiun Ciledug. Terakhir di kawasan Jawa Tengah dan Jogya, akan melewati stasiun Purwokerto, Gombong, Stasiun Kebumen, Stasiun Kutoarjo, Jenar, Wates, Yogyakarta dan terakhir di Lempuyangan.  Artinya perjalanan yang akan dilalui, terbilang sedikit lebih cepat. Dengan menggunakan kereta ini, dari Jakarta ke Yogyakarta lama perjalannya sekitar 9 jam.

Setiap hari KA Bogowonto secara aktif melayani perjalanan dari Jakarta ke Yogya atau sebaliknya 1 kali dalam sehari. Dari Stasiun Pasar Senen, akan berangkat dari jam 21.45, dan tiba di Yogya sekitar jam 05.52. Sebaliknya dari stasiun Lempuyangan Yogya akan berangkat dari jam 09.00 dan sampai ke stasiun Pasar Senen jam 17.29.

Pos terkait

Loading...