Informasi Lengkap Pendakian Gunung Semeru Terbaru

              197 Views


Tripjalanjalan.com, Gunung Semeru -Salah satu gunung yang memilki keindahan yang luar biasa yaitu Gunung Semeru, gunung ini menawarkan panorama alam yang mempesona dimana yang terkenal adalah ranu kumbolo dengan hafa sejuknya yang merona hingga pagi hari tulang ini terasa mati rasa disaat camp di area ini pada musim kemarau.

Baca Juga: Kampung Jodipan Malang Kini Menjadi Kampung Pelangi Yang Mendunia

Sebelum kamu menikmati indahnya gunung semeru tentunya harus menaati peraturan yang dikeluarkan oleh pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, pendakian gunung semeru harus melakukan briefing dan sosialiasai yang diadakan oleh pihak TNBTS sebelum mendaki gunung semeru.

Persyaratak pendakian gunung semeru:

  • Kamu harus minimal berusian 10 tahun
  • Membawa surat kesehatan terbaru
  • Foto Copy KTP
  • Membawa bukti Transfer pembyaran saat booking online pendakian gunung semeru

Peraturan Pendakian Gunung Semeru:

  • Pihak TNBTS menyarankan melakukan pendakian sampai ranu kumbolo/Kalimati
  • Dalam melakukan pendakian harus membawa teman yang ngerti jalur track Gunung Semeru
  • Untuk kamu yang ingin banget muncak gunung lawu siapkan mental serta peralatan pendakian yang mumpuni, jangan memaksa jika cuaca buruk.(tidak disarankan)

Setelah kamu tahu akan persyaratan dan peraturan yang dicanangkan oleh TNBTS langkah selanjutnya adalah gunung semeru bisa didaki dari mana saja? jalur pendakian gunung semeru itu ada berapa? dan biaya pendakian gunung semeru dari Jakarta butuh berapa?

Perihal biaya pendakian gunung lawu jika kamu dari Jakarta hal yang kamu harus cek adalah tiket pesawat, kereta, bus dan untuk meminimalisir biaya gunakan kereta saja ia yang mana untuk tiket kereta matar Jakarta – Malang di angka 110k -120k, setelah kamu sampai di st.Arjosari langjutkan dengan naik angkot ke desa Tumpang dengan ongkos 20k -40k atau ojek online , dan langkah selanjutnya adalah naik Jeep dari Tumpang menuju Ranu Pani dan disini harus rombongan kalo mau sendiri monggo dengan biaya mahal tentunya, untuk harga atau biaya naik Jeeep dari Tumpang ke Ranu Pani 50k-60k yang mana jika ingin sewa satu jeep berkisar 850k.

Baca Juga: Deretan Tempat Kuliner di Pemalang Yang Bikin Ketagihan

Harga Tiket Masuk Gunung Semeru:

  • Hari biasa Rp.17.500
  • Weekend Rp.22.500
  • WNA Weekday Rp.207.500
  • WNA Weekend Rp. 307.500

Jalur pendakian gunung semeru sebenarnya bisa lewat lumajang dan malang namun kebanyakan pendaki lewat malang yaitu desa tumpang yang mana untuk lama atau estimasi waktu pendakian dari Malang sbb:

No Pos Pendakian Waktu
Estimasi Wakatu Pendakian Gunung Semeru
1 Tumpang -Ranu Pane 90 menit
2 Ranu Pane – Ranu Kumbolo 5 jam
3 Ranu Kumbolo – Oro Oro Ombo 10 menit
4 Oro Oro Ombo – Cemoro Kandang 20 Menit
5 Cemoro Kandang – Kalimati 150 menit
6 Kalimati – Arcopodo 90 menit
7 Arcopo – Puncak Mahameru 180 menit

 

Demikian info singkat pendakian gunung semeru dari biaya, jalur pendakian serta estimasi waktu mendaki gunung semeru, semoag informasi ini dapat membantu bagi kamu para pendaki yang ingin melakukan pendakian gunung semeru dalam waktu dekat dan ingat selalu jaga kelestarian alam dengan cara jangan membuah sampah sembarangan, membuat api unggun di larang jangan mambuah putung rokok sembarangan dan jangan vadalisme.

Tags:
author

Author: