Pulau Anak Krakatau, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

  • Whatsapp
Foto:@muhammad_nur_bayani

Bagi Anda yang senang berwisata ke daerah – daerah yang belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan, maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk berwisata ke Pulau Anak Krakatau yang berlokasi di Provinsi Lampung.

Baca Juga: 121 Tempat Wisata di Lampung Yang Populer dan Hits

Bacaan Lainnya

Terlebih lagi seperti yang telah kita ketahui bahwa nama Krakatau telah dikenal hingga ke luar negeri, karena memang peristiwa letusan Gunung Krakatau yang sangat fenomenal. Selain itu walaupun Gunung Krakatau telah dinyatakan tidak aktif lagi dan telah digantikan oleh Gunung Anak Krakatau tetap saja berwisata ke Pulau Gunung Anak Krakatau akan menyajikan kesan tersendiri bagi Anda. Nah jika Anda tertarik untuk berwisata ke Pulau Gunung Anak Krakatau maka berikut ini adalah beberapa informasi mengenai wisata Pulau Gunung Anak krakatau.

Lokasi dan rute menuju Pulau Gunung Anak Krakatau

Informasi pertama yang harus Anda ketahui adalah mengenai lokasi dan juga rute yang harus Anda lalui ketika akan menuju ke lokasi wisata Krakatau. Nah untuk lokasi sendiri Pulau Gunung Anak krakatau berada di selat sunda dan masih masuk kedalam Provinsi Lampung Selatan, selain itu Pulau ini juga termasuk kedalam daerah konservatif yang dijaga dan dilindungi maka jika Anda ingin masuk kedalam Pulau ini Anda diharuskan untuk ijin ke pos BKSDA yang juga berlokasi di Pulau tersebut.

Baca Juga: Pulau Pahawang, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Selanjutnya jika Anda ingin pergi ke Pulau ini, maka Anda bisa berangkat dari Pelabuhan Merak yang ada di Banten menuju ke Pelabuhan Bakauheni di Provinsi Lampung. Setelah sampai di Pelabuhan Bakauheni maka Anda harus melanjutkan perjalanan lagi menaiki kapal untuk menuju ke Pelabuhan Canti yang berada di kecamatan Kalianda kabupaten Lampung Selatan, lamanya perjalanan dari Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Canti ini memakan waktu selama kurang lebih 3 jam. Setelah perjalanan 3 jam akan sampai di pulau sebesi istirahat dan bisa lanjut ke Anak Krakatau yang dapat ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan naik perahu.

Informasi Tentang Harga Tiket Masuk Pulau Anak Krakatau

Sebenarnya tidak ada tiket masuk yang harus Anda bayar untuk bisa masuk ke Pulau, tapi hanya saja karena Pulau ini masuk kedalam kawasan konservatif dan cagar alam maka Anda diwajibkan untuk mengurus surat izin masuk Pulau terlebih dahulu ke Badan Konservasi Sumber Daya Alam yang berada di Pulau tersebut dan selain itu saat mengurus surat izin tersebut Anda juga akan dimintai donasi minimal 1 juta untuk pengembangan dan pemeliharan Pulau ini. Jadi bisa dibilang jika harga untuk bisa masuk ke Pulau Gunung Anak krakatau ini lumayan mahal tapi tetap saja Anda akan merasakan suasana wisata yang juga sangat berbeda jika dibandingkan tempat wisata pada umumnya.

Fasilitas 

Selain informasi lokas, rute perjalanan dan biaya masuk Pulau Anda juga harus mengetahui bahwa jika Anda ingin menginap maka Anda harus menyebrang ke Pulau lain yang berada di dekat Pulau ini yang bernama Pulau Sebesi. Karena hanya Pulau Sebesi inilah Pulau yang berpenghuni dan terdekat dengan Gunung Anak krakatau maka dari itu tak heran jika di Pulau Sebesi ini banyak tersedia  penginapan dan rumah makan. Nah untuk bisa menyeberang ke Pulau Sebesi ini maka Anda harus menaiki kapal nelayan dan menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam selain itu untuk biaya penyebrangan sendiri per orang dikenai tarif sebesar 20 ribu rupiah.

Pesona alam

Informasi terakhir yang harus Anda ketahui adalah pesona alam dari Pulau ini, untuk keindahan alam dari Pulau ini sudah tidak diragukan lagi karena selain Anda bisa menikmati keindahan laut dan juga Pulau dari atas Gunung Anak krakatau, Anda juga bisa menikmati keindahan alam bawah laut dari spot snorkeling yang terkenal yaitu Lagoon cabe. Nah jika Anda ingin pergi ke Lagoon cabe ini maka sebaiknya di pagi hari karena jika Anda ingin bersnorkling di sore hari akan berbahaya karena arus air laut akan menjadi sedikit kuat, jadi pastikan Anda bagun pagi dan pergi ke Lagoon cabe untuk bisa melihat keindahan biota bawah laut di Pulau ini.

Pos terkait