Pulau Lunik, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

  • Whatsapp
Foto:@kadek_gobeh

Pulau Lunik masih masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Pesawaran, tepatnya terletak di Teluk Punduh Pidada. Pulau kecil ini berada diantara pulau-pulau cantik lainnya yang berada di Teluk Lampung dan bisa Anda lihat juga melalui google maps.

Baca Juga: Teluk Kiluan, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Bacaan Lainnya

Di Teluk Pidada terdapat gugusan tiga pulau cantik berpasir putih, yakni Pulau Lok, Pulau Balak dan Pulau Lunik. Diantara ketiganya Pulau Lunik memiliki ukuran yang paling mungil. Oleh karena itu pulau ini dinamakan Lunik, yang dalam Bahasa Lampung artinya kecil. Meskipun paling kecil diantara pulau lainnya, pulai ini memiliki keistimewaan yang tidak tertandingi.

Panorama bawah laut yang sangat indah, pasir putihnya yang halus serta pulau yang masih sepi, jika berada disana Anda akan merasakan sensasi berada di private island. Pulau yang masih belum banyak dijamah oleh manusia ini, memiliki air yang sangat jernih berwarna biru bersih. Tanpa harus snorkeling pun, Anda sudah bisa mengintip keindahan terumbu karangnya dari permukaan.

Baca Juga: 121 Tempat Wisata di Lampung Yang Populer dan Hits

Pulau Lunik termasuk pulau dengan ukuran sangat kecil, sehingga Anda bisa berkeliling pulau hanya dengan berjalan kaki. Luas pulau ini hanya sekitar seperempat hektar, sangat kecil dan masih sangat sepi.

Rute Perjalanan Menuju Pulau Lunik

Pulau cantik ini berada di satu kawasan dengan Pulau Lok dan Pulau Balak, yakni berada di Teluk Pidada, Pesawaran, Lampung. Perjalanan air untuk sampai di Pulau Lunik ini membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 jam.

Jika perjalanan dihitung dari Kota Bandar Lampung, maka waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 3 jam dengan jarak sekitar 76 km. Rutenya mulai dari Jl. Way Ratai dan dilanjutkan dengan perjalanan laut yang ditempuh dari Dermaga Ketapang Pesawaran. Dari Kota Bandar Lampung menuju ke Dermaga dibutuhkan waktu kurang lebih 1 jam, dengan jarak tempug 40 km.

Baca Juga: Liburan di Palembang, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Perjalanan air bisa dimulai dari Dermaga Ketapang, Teluk Ratai dengan menggunakan jasa penyebrangan yang sudah disediakan di Dermaga. Dapat menggunakan Speed Boat dengan kapasitas 5 hingga 6 orang dengan tarif mulai dari 300 ribu sampai dengan 400 ribuan.

Jika Anda menuju pulau tersebut dengan rombongan atau kelompok yang lebih besar, Anda bisa menghemat pengeluaran dengan kendaraan kapal yang jauh lebih ekonomis. Kapal kecil ini berkapasitas 15 sampai 16 penumpang. Tarif kapal kecil ini berada di kisaran 250 ribu sampai 300 ribuan. Biaya tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Fasilitas Pulau Lunik

Pulau yang masih asri, tidak berpenghuni dan sangat sepi ini tidak memiliki fasilitas pendukung untuk wisata. Tidak ada wahana bermain, penginapan atau pun tempat makan. Sehingga bagi pengunjung yang akan ke pulau ini, baiknya menyiapkan perbekalan dari rumah.

Bagi yang ingin snorkeling pun harus membawa peralatan sendiri. Tidak adanya fasilitas dari Pengelola ini bukanlah menjadi halangan untuk tetap mengunjungi pulau ini. Hal ini justru menjadi tantangan tersendiri bagi Anda untuk berwisata bersatu dengan alam, menikmati keindahan pulau yang masih asri.

Keistimewaan Pulau Lunik

Foto:@bintangpahawang

Pulau yang masih sepi, asri dengan pasir putih halus dan air yang berwarna biru jernih akan memanjakan siapa saja yang berada di pulau ini. Saking jernihnya air di Pulau ini, kamu dapat menikmati pemandangan dalam laut hanya dari permukaan. Pencinta snorkeling sangat puas jika menyelam di pulau ini.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan Saat Liburan ke Pulau Cantik Lunik

Keragaman hayati di alam bawah laut pulau ini akan membuat Anda tidak pernah bosan bersnorkeling di sini. Menyaksikan keindahan terumbu karang yang masih terjaga, hal ini karena  Pulau Lunik masih jarang dikunjungi wisatawan.

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan disini adalah mandi, berenang di tepi laut atau hanya sekedar bermain air sambil menikmati indahnya pemandangan pantai pasir putih. Pulau  yang masih sangat sepi, sehingga Anda akan merasakan suasana seperti berada di pulau pribadi. Cocok bagi traveler atau siapapun yang menginginkan suasana sepi, asri untuk sekedar merefresh pikiran dari lelahnya rutinitas harian yang membosankan.

Anda juga bisa berjalan-jalan atau tracking berkeliling pulau sembari menikmati indahnya pemandangan laut. Mengunjungi Pulau Lunik akan memberikan pengalaman berbeda, pulau cantik, indah dan masih sangat asri. Tidak ada alasan untuk tidak mengunjungi pulau ini.

Demikian informasi lengkap yang dapat kami berikan terkait Pulau eksotis di teluk Pidada, Pesawaran, Lampung. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat sebagai referensi liburan kamu sobat Triper. Jangan lupa siapkan perbekalan, peralatan snorkeling, peralatan renang, peralatan bermain di pinggir pantai serta peralatan fotografer untuk mengabadikan momen dan pemandangan cantik di Pulau Lunik. Selamat liburan

Pos terkait