Liburan di Palembang, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

  • Whatsapp
Foto: @hsehonsen

Palembang, tidak hanya terkenal dengan empek empek sebagai kuliner khas. Akan tetapi, Palembang juga populer dengan objek dan destinasi wisata menarik. Suguhan alam yang ditawarkan dan suasana kerajaan Sriwijaya yang masih tercium di Kota Palembang, akan membuat kamu bisa mendapatkan pengalaman liburan lebih menyenangkan.

Baca Juga: 16 Rekomendasi Tempat Kuliner di Palembang

Muat Lebih

Palembang sendiri, memiliki banyak sekali tempat atau lokasi wisata yang bisa kamu kunjungi ketika musim liburan. Nah, berikut 7 destinasi Palembang yang wajib kamu datangi untuk bisa memperoleh kesan liburan tak terlupakan !

1. Masjid Cheng Ho

Foto: @ainul.farkhan

Ikon ternama pertama yang bisa anda kunjungi saat berada di Palembang adalah Masjid Cheng Ho. Menawarkan masjid dengan nuansa China, yang kini bukan hanya dijadikan sebagai tempat ibadah namun juga sebagai objek wisata yang kerap kali dihampiri oleh turis asal Malaysia, Singapura, Thailand, China, Jepang, dan penduduk pribumi lainnya. Hal paling menarik dari destinasi ini adalah tidak pemungutan biaya apapun agar kamu bisa masuk ke dalamnya.

2. Air Terjun Lematang Indah

Foto: @loues_mua

Air Terjun Lematang Indah yang berada di kota Pagar Air, Palembang akan membuat liburan kamu jadi lebih bermakna. Air terjun dengan ketinggian mencapai 40 meter ini menawarkan pemandangan alam begitu menawan dan menakjubkan, ditambah dengan udara sejuk dan keasrian hutan masih begitu alami. Ketika musim hujan, tangga yang ada di sekitar air terjun akan sangat licin, sehingga kamu harus hati hati dan waspada. Tiket masuk sangat murah meriah, yakni Rp. 4.000 per orang.

3. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin

Foto: @_aaaallll

Satu lagi ikon Palembang yang tidak kalah menarik, yaitu Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin yang berada di tengah kota dengan kemegahan luar biasa. Rumah ibadah ini merupakan masjid terbesar di kota Palembang, mengusung konsep modern dengan memadukan desain Indonesia, Eropa dan China. Tempat ini sangat cocok kamu kunjungi untuk beribadah dan mendapatkan latar bagus untuk berfoto. Jangan takut, karena kamu tidak akan dipungut biaya apapun agar bisa melaksanakan ibadah atau sekedar beristirahat di masjid.

4. Taman Hutan Wisata Punti Kayu

Foto: @pitra_k

Taman Hutan Wisata Punti Kayu adalah objek satu satunya di kota Palembang. Hanya berjarak sekitar 7 Km dari pusat kota, destinasi ini menawarkan pemandangan menakjubkan dengan harga murah meriah, yakni Rp. 5.000 untuk satu orang. Terdapat atraksi gajah dan pengalaman menunggang kuda yang akan membuat liburan kamu lebih seru dan menyenangkan.

5. Pulau Kemaro

Foto: @drone.arts

Pulau Kemaro merupakan salah satu pulau yang terletak di atas Sungai Musi dan ikon populer di Palembang. Kamu bisa mengambil rute dari Jembatan Ampera dengan jarak tempuh sekitar 6 Km dengan menggunakan transportasi air. Pulau ini menyuguhkan keindahan luar biasa yang tidak akan kamu dapatkan dari tempat wisata lainnya.
Terdapat vihara yang dimanfaatkan oleh umat Buddha untuk melakukan ibadah dan sebuah makam bersejarah milik seorang putrid dari kerajaan China. Pulau Kemaro juga menawarkan pagoda dengan 9 lantai dan pohon cinta yang dirawat dengan baik. Penduduk sekitar percaya bahwa, pasangan yang mengukir namanya di pohon cinta, maka hubungannya akan kekal dan segera melangkah ke pernikahan. Tertarik untuk mencobanya?

6. Sungai Musi

Foto: @hsehonsen

Sungai Musi merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera dengan panjang sekitar 750 Km. Sungai ini membelah kota Palembang menjadi dua bagian, terdapat Jembatan Ampera di atas nya untuk menghubung antara kedua bagian tersebut. Untuk bisa melihat keindahan Sungai Musi, kamu bahkan tidak memerlukan modal uang sedikit pun.
Akan tetapi, uang sangat kamu butuhkan untuk bisa mencicipi ragam kuliner di dekat sungai. Atau pun, kamu bisa membawa uang untuk memburu cinderamata khas Palembang yang akan kamu bawa pulang ke kampung halaman.

7. Jembatan Ampera

Foto: @@bow_motret

Jembatan Ampera memang menjadi ikon utama yang paling terkenal di Palembang. Jembatan yang dibangun tahun 1962 ini merupakan penghubung antara Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi. Jembatan ini akan sangat cantik jika diabadikan malam hari dan melintang panjang di atas Sungai Musi. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk bisa berada atau pun melintas di atas jembatan.
Terdapat pusat perbelanjaan yang bisa anda manfaatkan untuk membeli oleh oleh khas Palembang. Sebaiknya, kamu tidak berhenti di tepi jembatan untuk mengabadikan gambar, karena ini akan beresiko membahayakan nyawa dan keselamatan kamu.

Nah, itu tadi 7 destinasi Palembang yang wajib kamu kunjungi. Menurut kamu, mana dulu objek wisata yang akan kamu kunjungi ? Jika sobat Triper ini merasakan beberapa tempat kuliner di Palembang yang paling populer adalah Pempek Palembang bisa di nikmati di sekitaran Jembatan Ampera.

Pos terkait

Loading...