Taman Kupu Kupu Gita Persada, Akses dan Tiket Masuk Terbaru

  • Whatsapp
Taman Kupu Kupu Gita Persada
Foto: @cacadjausal

Lampung memiliki banyak destinasi wisata menarik yang wajib dikunjungi, salah satunya adalah Taman Kupu kupu Gita Persada. Berikut keindahan yang terdapat di destinasi wisata terbaik ini.

Baca Juga: Teluk Kiluan, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Bacaan Lainnya

Mengenal Lebih Dekat Taman Kupu kupu Gita Persada

Taman Kupu-kupu ini merupakan tempat penangkaran kupu-kupu yang sudah ada sejak tahun 1997. Taman ini sendiri berada di kecamatan Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung. Diperkirakan di taman ini terdapat lebih dari 100 spesies kupu-kupu yang hidup bebas di sini. Jadi buat anda yang suka dengan keindahan kupu-kupu, maka anda bisa menyaksikan keunikan dan keindahan kupu-kupu di taman ini. Selain kupu-kupu hidup terdapat juga koleksi kupu-kupu yang telah diawetkan di sini. Jadi anda juga bisa menambah pengetahuan terkait kupu-kupu di Gita Persada ini.

Baca Juga: 121 Tempat Wisata di Lampung Yang Populer dan Hits

Awal mulanya taman kupu-kupu ini bersumber dari hasil riset yang dilakukan oleh Herawati untuk studi S3-nya. Lahan tidak terpakai dikembangkan menggunakan rekayasa habitat lahan, sehingga menghasilkan konservasi kupu-kupu. Menurut pengelola, kupu-kupu tersebut datang dengan sendirinya ke lokasi ini. Mereka awalnya menanam tumbuhan bunga seperti Asoka, Pagoda, yang merupakan makanan ulat. Tanaman tersebut mengundang kupu-kupu untuk berkembang biak di sana. Hingga saat ini Taman Kupu-kupu ini semakin indah berkat banyaknya kupu-kupu yang hidup bebas di sini.

Fasilitas yang Terdapat Di Taman Kupu kupu

Saat anda berkunjung ke taman wisata ini, maka anda akan dimanjakan oleh pemandangan kupu-kupu yang eksotis serta bentang alam yang sangat indah. Selain itu anda juga bisa menikmati beragam fasilitas yang disediakan di sini. Berikut beberapa fasilitas menarik di taman kupu-kupu Lampung.

  • Penangkaran Kupu-kupu

Salah satu tempat paling menarik di taman ini tentu saja taman penangkaran kupu-kupu. Di taman ini anda akan menemukan berbagai spesies kupu-kupu dengan corak yang sangat menarik. Untuk anda yang berkunjung ke taman ini harus berhati- hati karena terdapat banyak ulat di setiap tanamannya. Beberapa kupu-kupu ditaruh di dalam kandang, sehingga anda bisa melihatnya dengan jelas.

  • Rumah Pohon

Selain melihat keindahan kupu-kupu di taman ini juga terdapat fasilitas berupa rumah pohon. Rumah pohon tersebut dibangun di atas sebuah pohon besar, dan ketinggian rumah sekitar 7 meter. Rumah pohon tersebut dibuat dari bahan bambu dan kayu. Tempat ini juga sangat cocok dijadikan tempat berfoto ria.

  • Spot Foto

Bagi anda yang hobi foto saat berwisata, maka di Taman Kupu-kupu Gita Persada terdapat juga spot foto yang sangat menarik. Di beberapa sudutnya dirancang spot foto yang sangat kekinian dan sangat artistik. Buat anda yang ingin berfoto bersama pasangan maka bisa memanfaatkan spot foto tersebut.

  • Kafe

Di taman kupu-kupu Lampung ini terdapat juga café yang menyajikan hidangan lezat. Jadi setelah puas mengelilingi taman, anda bisa melepas lelah di café tersebut. Berbagai minuman dan makanan lezat disajikan di sini. Ditambah dengan nuansa alam yang sangat sejuk, maka anda bisa menyantap makan dengan lebih nikmat di sini.

  • Museum

Untuk menambah wawasan anda terkait kupu-kupu, maka anda juga bisa berkunjung ke fasilitas museum yang disediakan di taman ini. Museum tersebut menyimpan banyak koleksi kupu-kupu herbarium. Di museum ini juga terdapat lukisan menarik tentang kupu-kupu dan karya seni lain.

Cara Menuju Taman Kupu-kupu Gita Persada Dan Tiket Masuk

Perjalanan menuju taman ini dari kota Bandar Lampung hanya membutuhkan waktu 30 menit saja. Selain itu taman ini juga bersebelahan dengan tempat Penangkaran Rusa Tahura. Jadi anda bisa mengakses dua tempat wisata sekaligus. Jika anda berangkat dari jalan ZA Pagar Alam, maka anda perlu menuju jalan Pramuka. Dari sini anda berangkat ke arah Beringin Raya, lalu lurus hingga sampai di SMAN 07 Bandar Lampung. Dari SMAN 07 ini, nantinya terdapat gang Indomaret Cik Ditiro Kemiling sebelah kanan. Setelah masuk gang, belok ke kiri Jalan Wan Abdurrahman. Anda tinggal lurus hingga menemukan Taman Kupu-kupu tersebut.

Baca Juga: Pulau Tanjung Putus, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Untuk tiket masuknya sendiri cukup membayar Rp 10.000,- per orangnya. Taman ini beroperasi mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Dengan tiket murah tersebut berbagai fasilitas dan keindahan dari Taman Kupu-kupu Gita Persada bisa anda nikmati.

Pos terkait