15 Tempat Wisata di Kota Ngawi Jawa Timur

              47478 Views

Tempat Wisata di Kota Ngawi, Ngawi adalah kota yang berada paling barat provinsi Jawa Timur, Ngawi berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Asal muasal Ngawi dari kata Awi yang berarti “bambu” bahasa sangsekerta, ditambahin dengan awalan “NG” jadi Ngawi, berarti dari asal mula kata “Ngawai” kota ini dulu banyak pohon Bambu.

Hari jadi kota Ngawi jatuh pada 27 Oktober, jadi setiap tanggal 27 Oktober penduduk Ngawi memperingati kelahiran Ngawi. Ngawi sendiri mempunyai wisata yang menarik yang patut kalian kunjungi, kita akan mengulas tempat wisata Ngawi.

Berikut Tempat Wisata di Kota Ngawi Jawa Timur:

  • Kebun Teh Jamus

jamus ngawi

Jamus berlokasi di Girikerto, kec.Sine jika dari pusat kota berjarak 40m, Jamus ini berbatsan langsung dengan kota tentangga yaitu Magetan jadi sebenarnya lebih dekat dari magetan dari pada dari Ngawi :D, di kebun Teh Jamus kalian bisa berenang karena ada kolam renangnya tapi kecil dan airnya dingin pakai banget :p, disini juga terdapat pabrik teh kalo mau borong monggo. Di jamus juga terdapat air terjun buatan ia sobat trip yang turun dari bukit lereng kebun teh turun sampai are Kolam Renang jamus.

  • Air Terjun Srambang
air terjun srambang ngawi

Foto: Indah .M

Berlokasi di Girimulyo, kec.Jogorogo ini satu paket dengan Jamus kalin bisa gas ke arah selatan nanti ketemu Jogorogo bisa ditanyakan keberadaan Air tejrun Srambang ini. Jarak dari parkiran kendaraan kira-kira hanya 2km berjalan kaki kalian bisa langsung menikmati indhanya air terjun srambang Ngawi bersama kekasih:p yang Jombol mlongo :D.

  • Air Terjun Pengantin
air terjun pengantin ngawi

foto: Ngawi-news.blogspot.com

Tinggi air terjun penganti -+ 20m berada di hargomulyo, Ngrambe, Ngawi. Nama air terjun ini unik konon cerita penduduk sekitar bagi kaula muda-mudi yang berlibur kesini dan berpasangan kan menjadi pasangan yang abadi, nah kalian yang ingin langgeng buru-buru kesini. Kenapa dinamakan air terjun pengantin? karena posisi air terjun ini berkedakatan sehingga warga sekitar menamakan air terjun pengantin.

  • Waduk Pondok Ngawi
wisata waduk pondok ngawi

foto:pengusahamuda.blogspot.com

Jika Ngawi adalah kota dengan Dataran untuk kamu yang suka pantai waduk pondok ini jadi pelipur lara kalian penghoni pantai, kalian bisa main air sepuasnya, main bebek-bebekan:D atau mau loncat dari waduk eh jangan berbahaya kalo ini cukup menikmati saja dari kejauhan waduk Pondok bisa menyejukkan mata disambi Ngopi. Lokasi Waduk Pondok ini di Bringin, desa Dero.

  • Waterboom Tirta Nirmolo

Lokasi Waterboom di di Jl,raya Ngawi-madiun km6, jadi kalian kalo mau mampir kesini tempat ini sangat mudah ditemui karena berada di jalur utama kota Ngawi.

  • Museum trinil
Museum Trinil ngawi

foto:beritangawi.com

Museum trinil adalah mumseum yang didalamnya berisi sejarah manusia purba zaman dahulu kala, kalian suka sejarah muesum ini cocok kalian sambangi untuk mendapatkan infromasi mengenai manusia Purba. Lokasi msueum ini di kawu, kec.kedungalar.

  • Dr.Radjiman Widyodiningrat

Dr.Radjiman Widyodiningrat meninggalkan sebuah rumah yang sampai saat ini masih terjaga dan terpelihara oleh Pemda Ngawi, Dr.radjiman Widyodiningrat adalah pendiri Badan Pergerakkan Usaha Persiapan Indoensia (BPUPKI). Di ruamah peninggalan Dr.radjiman Widyodiningrat ini terdapat Patung Beliu, peralatan rumah tangga, pusaka dll yang masih terawat dengan baik.

  • Monumen Soerjo

Lokasi di jl.raya ngawi-solo jika kalian ke madiun akan menemukan monumen Soerjo ini keliatan dari tepi jalan, didekat monumen Soerjo terdapat pasar burung, bagi kalian yang demen mainan burung 😀 mampir kesini.

  • Pemandian tawun

Yang demen main dengan air mampir ke Pemandian tawun yang berlokasi di desa Tawun, kasreman. DI Pemandian tawun ini ada berbagai macam binatang antara lain kura0kura, monyet,Burung dll.

  • Pesangrahan Jati

Lokasi Pasangrahan Jati di babadan, paron, Ngawi. Di Pasangrahan Jati terdapat petilasan Raja Brawijaya, jadi waktu tertenyu Pasangrahan ini ramai pengunjung untuk melakukan ritual.

  • Benteng Pendem (Van De Bosch)

Lokasi benteng pendem berada di Palem, akses sangat mudah untuk bisa sampai di benteng peninggalan Belanda ini karena lokasi berdekatan dengan pusat pemerintah Kota Ngawi hanya berjarak 1km. Benteng Pendem di bangun oleh Belanda pad tahun 1845.

  • Industri Gamelan

Di Kota Ngawi terdapat industri gamelan yang berlokasi di desa Mojo, Bringin, Ngawi.  Bagi penikmat musik jawa dan ingin membeli alat musik terutama gamelan bisa langsung datang kesini.

  • Air terjun Teleng
air terjun teleng ngawi

foto:visitngrayudan.blogspot.com

Berlokasi di ngrayudan, Jogorogo, Ngawi. Akses menuju ke air terjun teleng bisa di tempuh dengan kendaraan kalian ke arah selatan menuju Jogorogo ini air terjun jika dari ngawi kota akan melewati Jamus dilanjut sedikit lagi ke Jogorogo, jika sudah sampi jogorogo tanyan Ngrayudan dan nama air terjun teleng atau disebut dengan Selo Ondo oleh warga sekitar. Kalo sudah puas ke air terjun teleng kalian bisa mampir ke Kota tetangga yaitu magetan dengan wisata telaga Sarangan.

Demikian ulasan “Tempat Wisata di Kota Ngawi” yang kita sajikan, semoga memberikan manfaat buat pencinta Traveling dimanapun berada, akhir kata selamt mengsahre:D infroamsi yang kamri berikan.

Vidio perjalanan ke Wisata Sarangan dan karanganyar:

 

Rate this article!
Tags: