30 Tempat Wisata di Kota Pisang “Lumajang” Jawa Timur

  • Whatsapp

Lumajang kota nan elok di Jawa Timur dengan sebutan “Kota Pisang” dimana Lumajang adalah penghasil pisang terbesar khusus di Jawa Timur, pisang yang fenomenal adalah jenis pisang Agung. Siapa tidak kenal dengan pisang agung, bagi kalian yang suka makan pisang, pisang agung berasal dari Lumajang ia nanti jangan salah jawab jika orang tanya mengenai pisang.

Lumajang yang secara geografis berbatasan dengan kota Probolinggo disisi utara, Jember disisi timur, malang disisi barat, dan disisi selatan berbtasan langsung dengan laut lepas yaitu Samudra Hindia.Lumajang selain penghasil pisang juga mempunyai makanan khas daerah diantaranya:

Muat Lebih

  1. Pisang Agung
  2. Lupis Lumajang
  3. Lontong Petis
  4. Pecel Telo
  5. Bledus Khas Lumajang

Nah jika kalian ke lumajang jangan lupa icip-icip makanan khas daerah lumajang biar travelingny berasa lengkap, enaknya jika kulineran itu sama pasangan, yang jomblo jangan resah gitu ah 😀 . Tidak sabar ingin ke lumajang? coba kita berikan informasi akses menuju kota pisang.

Via Darat:

Kereta: Sby-Lumajang, Jakarta-Lumajang

Bus    : Sby-Lumajang, Jakarta-Lumajang

Via Udara:

Jakarta-Malang lanjut bus kota menuju Lumajang

Via Laut:

Jakarta-perak-lanjut bus menuju Lumajang

Semarang-perak-Lanjut bus menuju Lumajang.

Makanan khas sudah, akses sudah berikutnya kita berikan informasi mengenai “TEMPAT WISATA DI LUMAJANG”, di bawah ini kami rangkup tempat wisata di kota pisang yang wajib kamu kunjungi:

  • Eksotisnya Coban Sewu/Tumpak Sewu Lumajang

Mengenai coban sewu ini sudah kami ulas tahun kemarin karena kekinian ngehitnya bisa baca disini Coban Sewu Lumajang Jawa Timur, coban sewu ini sangat amat ngehit tahun kemarin karena coban ini mempunyai aliran air yang sangat banyak mengeap diberikan nama dengan coban sewu mungkin karena adanya aliran air yang jatuh ke dasar sungai sangat banyak ini, mungkin ia cuma tebakan :D, jika ingin tahu jelas silahkan datang ke coban sewu.

  • Obyek Wisata Goa Tetes Lumajang

Goa tetes ini masih satu lokasi sama coban sewu, jika mau ke dasar coban sewu kalian wajib kudu via goa tetes ini dan menyusuri dasar sungai hingga tembus ke coban sewu, butuh -+40menit untuk bisa sampai ke dasar coba sewu dari goa tetes. Goa tetes sendiri adalah goa yang unik karena di area goa juga terdapat air terjun yang menyelimuti mulut goa, mau disebut air terjun apa goa ia ini 😀 jadi bingung kita.

  • Obyek Wisata Goa Bima Lumajang

Mungkin goa ini satu-satunya di Lumajang kalo Coban goa tetes di sebut goa beda lagi ia 😀 , goa bima berlokasi di desa bades, Pasirian, Lumajang.

  • Obyek Wisata Coban Manggisan

Coban manggisan mungkin banyak pohon manggis di sekitar coban ini, coban manggisan terletak di kandangan, sendoro, Lumajang. Akses menuju coban manggisan bisa kalian tempuh dengan cara naik motor biar bisa sampai tempat parkir terdekat dengan coban manggisan kalian arahkan kendaraan kalian ke arah Senduro berjarak 24km dari pusat kota berkisar 30menit waktu yang dihabiskan untuk bisa sampai di coban manggisan.

Coban Manggisan yang mempunyai ketinggian -+22m lumayan tinggi cocok untuk kalian yang hobi main di coban untuk koleksi foto slowspeed.

Tempat wisata di Lumajang Jawa Timur

  • Air Terjun Coban Pawon

Sepertinya namanya coba pawon bentuknya seperti pawon, pawon dalam bahasa baik dan benar ialah tungku fungsinya buat masak kalo di jawa mah.  Coban pawon oleh penduduk sekitar dipercaya percikan air dari coban pawon bisa menyembuhkan penyakit kulit, kalo kalian punya penyakit kulit misal panu, kadas wajib kesini 😀 .

Lokasi Coban Pawon Lumajang Jawa Timur:

Dusun Kertowono, Wangkit, Gucialit, Lumajang, Jawa Timur

Akses Menuju Coban Pawon Lumajang:

Arahkan kendaraan kalian menuju daerah wangkit berjarak sekitar -+ 20km dari pusat kota, jika kendaraan kalian di pacu dengan kecepatan 60km/jam hanya membutuhkan 15 menit saja.

  • Indahnya Puncak Mahameru Gunung Tertinggi di Jawa

Gunung semeru

Semeru merupakan gunung tertinggi di jawa dan masuk 7 summit series oleh kalangan pendaki, oleh karena itu gunung semeru sangat ramai di daki oleh para pendaki jika musim liburan telah tiba. Semeru yang masuk kawasan taman nasional bromo tengger semeru berada di 4 kota administrasi meliputi Malang, Probolinggo, Pasuruan, dan Lumajang sendiri tapi kebanyak pendaki jika mendaki ke gunung semeru via Malang (tumpang).

  • Indahnya Miniatur Gunung Semeru Yaitu Gunung Lamongan

Bagi kalian para pendaki pasti tidak asing dengan gunung lamongan yang ada di lumajang tepatnya daerah klakah, gunung lamongan yang mempunyai panorama nan indah dengan view mempesona dimana kalian bisa melihat 3 danau sekaligus jika berada di puncak gunung lamongan, danau 3 itu ialah danau klakah, pakis, dan bedali.

Gunung lamongan mempunyai ketinggian 1651mdpl cocok buat kalian para pendaki pemula ingin menikmati indahnya alam Indonesia dengan mendaki gunung lamongan yang tidak terlalu tinggi beda dengan semeru yang butuh fisik penuh serta waktu yang cukup lama, jika ingin menimati semeru versi kecilnya bisa daki gunung lamongan.

  • Negeri Atas Awan Puncak B29 Lumajang

Kalian pemburu sunrise tidak tahu puncak b29? Yah kurang apalah-apalah jika belum tahu dan datang kesini menikmati indahnya terik matahari pagi di temenin secangkir kopi, puncak b29 sendiri adalah puncak  yang diburu bagi para penghobi sunrise karena menyuguhkan view sempurna di kala pagi menyapa puncak b29.

Lokasi puncak b29 sendiri berada di desa Argosari, Lumajang biasanya anak touring juga suka kesini habis dari Bromo karena tidak begitu lama untuk bisa sampai di puncak b29 masih dalam satu kawasan taman nasional bromo tengger semeru.

Nama dari b29 sendiri diambil dari ketinggian puncak yaitu 2900mdpl jadi lebih enaknya masyarakat sekitar menamkan b29 negeri di atas awan.

  • Indahnya Desa Ranu Pane Lumajang

Denger danau ini? Kalian pendaki? Yaa tahu pasti, tapi ranu pane masuk administrasi kota mana pasti kebanyak jawabanya malang 😀 , kalian salah besar  ranu pane masuk administrasi Lumajang dimana tepatnya di kec.Senduro, ranu pane, lumajang. Setelah baca ini kalo di tanya ranu pane dimana jangan jawab malang lagi ia gan :p.

Ranu pane merupakan akses utama untuk melakukan aktifitas pendakian gunung semeru, post pendakian gunung semeru berada di sini dekat dengan ranu pane, jika kalian pernah nanjak gunung semeru pasti tahu paginya ranu pane seperti apa brrrr… panas 😀 .

Sebelumnya kalian melakukan pendakian ke gunung semeru alangkah baiknya kita mengexplore indahnya kala pagi di ranu pane ini sobat trip, kabut pagi yang menyelimuti danau ranu pane dengan pancaran sinar matahari membuat eksotis danau ranu pane.

  • Menikmati indahnya ranu regulo lumajang

Lumajang menyimpan keindahan alam yang tak terkira banyak danau bertebaran di lumajang yang mempunyai pemdangan yang mempesona membuat mata susah beranjak dari kota lumajang, misalanya danau regulo ini.

Lokasi danau regulo masih satu kawasan dengan ranu pane hanya butuh 7km dari desa ranu pane ke danau regulo, danau ini hanya warga sekitar yang tahu dan orang-orang tertentu saja, jika kalian mau kesini bisa bertanya kepada warga ranu pane tentang tepatnya lokasi danau regulo ini.

  • Eloknya Ranu Kumbolo Lumajang Jawa Timur

Hayo para pendaki Indonesia raya pasti paling betah jika berlama-lama di tempat yang nyahut ini jika kalian mendaki gunung semeru, yuhuu ranu kumbolo adalah tempat rest area pertama jika kita mendaki gunung semeru tempatnya buat camp, sayang jika kita tidak ngecamp dimari ia bro, ranu kumbolo adalah danau yang terletak di kaki bukit gunung semeru masuk kawasan taman nasional bromo tengger semeru (TNBTS) terletak di ketinggian 2.400 mdpl, maka tak heran jika musim kemarau antara bulan juni – Agustus suhu di ranu kumbolo menembus batas dinding kulit kita sampai menusuk tulang bahkan jika hati tak kuasa kita akan mengalami Hipotermia :D, ini tidak bercanda emang bener nyata di ranu kumbolo pada bulan tersebut dinginya luar biasa, mungkin karena posisi di lembah jadi angin tidak bisa merata sampai dasar hanya lewat atas sehingga udara bawah selalu lembab mengakibatkan embun selalu ada tanpa di goyang angin tetangga menimbulkan endapan salju yang mempesona:D ini tafsiran ala kita jangan di anggap serius hee.

Bagi para pendaki menghabiskan malam sesi pertama sebagian besar ia disini “ranu kumbolo” sambil ngopi nikmati indahnya bintang nan jauh di mata dekat di hati apalagi bawa bini tambah iri hati pendaki sebelah kiri 😀 , jangan ambil hati ini hanya guyonan ala pendaki.

Momen sakral di ranu kumbolo adalah saat terbitnya sang fajar yang malu-malu menampkan batang hidung bulatnya siapakah dia? Sunrise namanya heee, yup sunrise di ranu kumbolo adalah moment sakral yang ditunggu jutaan pendaki setiap tahunya emang sejuta ada ia orang mendaki semeru dalam setahun? Perumaan saja itu kata kita mah, jika ingin tahu data mengenai jumlah pendaki bisa tanya ke ranu pane sana. Bagi kalian yang mendaki ke semeru kami sarankan untuk gelar tiker disini saja dari pada di kalimati maksain ntr gak kukug abang yang capek 😀 .

  • Indahnya Ranu Lading di Desa Papringan Lumajang

Ingin menikmati kopi ala lumajang sambil melihat heningnya danau ? kamu kesini ke danau lading pilihan yang tepat karena berada di kawasan perkebunan kopi tepatnya di desa papringan, klakah, Lumajang. Danau  lading merupakan danau yang berada di kawasan perkebunan kopi dimana perkebunan kopi ini adalah warisan Belanda zaman dulu dan di dekat danau lading masih ada rumah peninggalan Belanda yang masih terawat sangat bagus sampai sekarang, jadi tepat sekali kalo kesini ngopi di rumah prasejarah sambil nikmati indahnya danau landing.

  • Obyek Wisata Ranu Klakah Lumajang

Demen mancing? Coba ke danau klakah siapa tahu ada ikanya kalo ada bilang-bilang nanti kalo ke lumajang saya juga mampir kesana 😀 , danau klakah yang berada di desa tegal randu, klakah, lumajang ini juga menjadi tujuan wisata yang rekomended buat kalian karena punya view yang tidak kalah dengan danau lain yang ada di lumajang, kalian bisa melihat gunung lamongan sebagai baground danau klakah ini jadi  sayang jika kalian ke lumajang tidak mampir ke danau klakah.

  • Obyek Wisata Ranu Pakis Lumajang

Ranu pakis yang berlokasi tidak jauh dengan ranu klakah adalah paketan spesial atau double lake bener gak sih ini bahasanya 😀 , danau pakis sendiri berlokasi di desa pakis, klakah, lamongan. Danau pakis terdapat pembudidayakan ikan air tawar yang di kelola oleh penduduk sekitar, ikan yang dibudidayakan antara lain Nila,mujair, gurame dll, jika suka makan ikan mampir kesini dari pada susah-susah mancing mending beli.

  • Obyek Wisata Ranu Bedali Lumajang

Jika kebanyakan danau berada di permukaan tanah lain hal dengan danau bedali ini, ini agak mirip kumbolo yang berad di bawah jadi jika kalian ingin main air di danau bedali kalian harus tracking ke bawah untuk bisa sampai bibir danau bedali.

Lokasi Danau Bedali Lumajang:

Ranuyoso, Luamajang, Jawa Timur

  • Obyek Wisata Pantai Watu Godeg Lumajang

Mitos dari pantai watu godeg lumajang jawa timur, dimana di bibir pantai ada batu besar konon katanya jika terkena ombak batu ini bergoyang-goyang alias godeg-godeg makanya pantai ini dinamakan pantai watu godeg.

Pantai watu godeg punya karakter dengan ombak besar dengan view samping bukit nan indah penambah panorama yang memukau mata, lokasi pantai wadug gedg berada di bulurejo.

Akses menuju pantai watu godeg:

Arahkan kendaraan kalian menuju desa bulurejo selatan kota lumajang berjarak sekitar -+ 70km dari pusat kota kalian akan sampai di pantai watu godeg lumajang.

  • Obyek Wisata Pantai Watu Pecak Lumajang

Lokasi Pantai Watu Pecak Lumajang:

Desa Selok awar-awar, Pasirian, Lumajang, Jawa timur

Akses menuju pantai watu pecak lumajang, arahkan kendaraan kalian ke selatan kota dengan jarak 20km waktu tempuh 30menit dari pusat kota lumajang.

  • Obyek Wisata Pantai Bambang Lumajang

Pantai bambang punya cerita mistis yaitu bahwasanya pantai ini adalah tempat bersemayam nyai roro kidul, karena pantai ini berkarakter punya ombak besar sehingga menjadi tempat bersemayam nyi roro kidul seperti pantai parang triris yang ada di Jogja.

Lokasi Pantai Bambang Lumajang Jawa Timur:

Desa Bago, Pasirian, Lumajang, Jawa Timur.

Akses Menuju Pantai Bambang Lumajang:

Arahkan kendaraan ke arah selatan lumajang dengan jarak sekitar 25km dari pusat kota, sekitar 40menit waktu yang bisa kalian habiskan untuk bisa sampai ke pantai Bambang lumajang.

  • Obyek Wisata Pantai tlepuk Lumajang

Pantai ini adalah salah satu pantai favorit bagi warga lumajang karena di pantai ini kita bisa melakukan aktiftas seperti main air, pasir, atau main sepak bola karena ombak di pantai tlepuk cukup bersahabat sehingga aman untuk bermain di bibir pantai.

Lokasi Pantai Tlepuk Lumajang:

Pasirian, Lumajang, Jawa Timur

Akses Menuju Pantai Tlepuk Lumajang:

Arahkan kendaraan kalian ke arah selatan kota ke daerah pasirian dengan jarak 30km dari pusat kota lumajang, dibutuhkan sekitar 40menit untuk bisa sampai ke pantai tlepuk dengan kecepatan 60km/jam.

  • Obyek Wisata Pemandian Alam Selokambang Lumajang

Pemandian alam selokambang terletak di desa purwosono, sumbersoko, Lumajang tidak jauh dari pusat kota hanya berjarak -+8km, pemandian alam selokambang dieprcaya bisa menyembuhkan reumatik jika mandi di kolam ini. Tiket masuk pemandian selokambang 15k. fasilitas ayang ada di pemandian alam selokambang meliputi, plosotan, perahu air, bebek2 an, arena permainan anak dll.

Pemandian alam selokambang cocok buat kamu dan keluarga menghabiskan akhir pekan kalian disini, sambil olahraga renang yang menyehatkan badan juga dapat menikmati kuliner yang ada di pemandian alam selokambang.

  • Obyek Wisata Waterpark Wonorejo Lumajang

Wahan air yang kekinian kota lumajang adalah “waterpark wonorejo” berlokasi di desa wonorejo, kedungjajang. Tiket masuk waterpark kwt lumajang Rp.10k kalian bisa merasakan wahana air yang ada di waterpark kwt lumajang.

  • Obyek Wisata Kolam Renang Veteran Lumajang

Kolam renang ini sepeti kolam renang pada umumya dengan kedalaman 3 m di sisi paling dalam dan 1,5 di sisi paling rendah, kalina bisa berolahraga jiwa di kolam renang veteran ini karena memang hanya kolam renang saja yang ada disini. Tiket masuk kolam renang veteran lumajang 5k.

  • Obyek Wisata Agro Wisata Bunga Lumajang

Yang demen budidaya bunga sangat rekomen buat datang ke agro wisata bunga lumajang, kalian bakal tahu bagiaman cara budidaya bunga karena disini tempatnya budidaya bunga, bagaiamana tanah yang cocok untuk budidaya bunga, jika memberi air itu berapa kali dalam satu hari dll. Kalian bisa dapat ilmu banyak disini mengenai budidaya bunga dan belajar jenis bunga apa saja yang ada di dunia ini kalian bisa dapatkan disini.

  • Obyek Wisata Pura Mandaragiri Semeru Agung

Pura Mandaragiri adalah pura tua yang ada di Lumajang dimana pada hari besar  umat hindu pura ini sangat ramai oleh para umat hindu untuk melakukan sembaayang, bahkan jika pura ini ulang tahun akan penuh dengan umat hindu yang bersembahnyang disini karena pura ini adalah pura tertua.

  • Obyek Wisata Hutan Bambu Lumajang

Tempat ngademnya lumajang ia disini di hutan bambu yang berlokasi di desa sumber mujur, candipuro, kalian bisa ngadem sambil menikmati sejuknya hutan bambu. Fasilitas yang ada di hutan bambu lumajang antara lain, arena permainan anak-anak, kolam renang, warung makan, kamar madni, toilet dll. Di dalam hutan bambu ini juga hidup segerombolan monyet yang menambah kesan hutan bambu lumajang.

  • Melihat Asal Muasal Pisang Agung Desa Senduro Lumajang

Lumajang yang terkenal dengan penghasil pisang tak lengkap rasanya jika kita tidak mampir ke senduro suatu daerah di lumajang pengahsil pisang agung terbesar, kita bisa menemukan pisang agung langsung di tempat asalnya.

  • Obyek Wisata Alun-alun Kota Lumajang

Alun-alun kota merupakan  tempat yang asik kala kita capek traveling di sebuah kota, di alun-alun kita bisa merasakn keramain kota sambil merasakn makanan khas kota tujuan kita. Banyak hal yang bisa kita lakukan di alun-alun kota semisal ngobrol sambil ngopi ditemenin secuil roti penambah suasan merdu di alun-alun kota.

 

Demikian infromasi mengenai tempat wisata di lumajang yang sayang di lewatkan jika mampir di kota pisang lumajang, semoga informasi yang kami berikan bermanfaat buat pembaca, jangan lupa share ke tetangga dan sahabat kalian informasi ini jika merasa berguna. Selamat liburan.

Pos terkait

Loading...