Bukit Kendil Si Mungil, Menawarkan Panorama Alam Yang Mempesona

  • Whatsapp
Foto: @tyoeko10

Bukit Kendil adalah sebuah gunung kecil yang ada di Temanggung. Meski terbilang gunung yang rendah, pendakian ke puncak Kendil bisa menjadi salah satu pengalaman yang berkesan, terutama bagi Anda yang merupakan pendaki pemula. Dengan ketinggian 1.173 meter, Bukit Mendil adalah gunung yang lumayan rendah. Dan meski jalur pendakian ke Puncak Kendil terbilang mudah, tapi bukan berarti pemandangan di atasnya tidak menarik, lho.

Baca Juga: Biaya Pendakian Gunung Prau [+] 8 Jalur Yang Bisa Kamu Lewati

Muat Lebih

Apa saja yang bisa Anda lakukan di Bukit Mendil?

Karena area sekitar yang sudah penuh dengan peradaban masyarakat, maka pendakian ke Bukit Kendil tidaklah terlalu sulit. Anda bisa melakukannya tanpa persiapan yang terlalu lengkap seperti ketika Anda mendaki Bukit Kendil yang jauh lebih tinggi. Namun, bukan berarti pemandangan di atas gunung di Temanggung ini tidak menarik ya. Pemandangannya tetaplah menarik dan layak dikunjungi.

Bagi masyarakat sekitar, Bukit Kendil juga merupakan situs untuk melakukan berbagai ritual suci. Hal ini biasanya berhubungan dengan permintaan akan hasil panen melimpah dan juga kemakmuran selama satu tahun ke depan. Tak hanya itu, Orang-orang Watu Mendil juga menganggap danau itu suci dan datang ke sini untuk berdoa pada malam bulan purnama. Jadi, sebelum Anda mendaki Bukit Kendil, pastikan Anda juga meminta pendapat warga sekitar mengenai jadwal upacara adat yang sering diadakan di sana, agar kedatangan Anda tentunya tidak mengganggu aktivitas ibadah mereka.

Baca Juga: Rute, Lokasi dan Tiket Masuk Air Terjun Kedung Kandang Gunung Kidul

Bukit Kendil terletak dekat Pasar Ngadirejo. Taman ini mencakup 41.330 hektar dan berada di dalam zona transisi bio-geografis utama (Wallacea). Di sinilah flora dan fauna tropis Asia Tenggara bertemu dengan Australasia. Taman Nasional ini didirikan pada tahun 1997 dan merupakan salah satu dari lebih dari 40 taman di seluruh Indonesia.

Bagi pengunjung, rute perjalanan Kendil hanya beberapa menit dari Pasar Ngadirejo. Turun ke Danau Kawah kemudian ke Sembalun Lawang, yang telah dianggap sebagai salah satu jalur terbaik di Asia Tenggara. Trekker yang lebih berani mungkin ingin menuju ke puncak gunung berapi. Ini terbaik dicapai dari Sembalun Lawang dan membutuhkan waktu empat hari, selesai di timur Ngadirejo.

Biaya Masuk dan Parkir Bukit Mendil

Untuk memastikan bahwa masyarakat setempat mendapat manfaat dari pendapatan pariwisata, Trek Kendil dikelola oleh kemitraan pejabat Taman Nasional, sektor publik dan swasta dari industri pariwisata Lombok dan perwakilan masyarakat. Koperasi yang dikelola masyarakat mengoordinasikan Trek di Mendil Trek Center (RTC) di Temanggung dan Pusat Informasi Bukit Kendil yang juga berada dekat pasar Ngadirejo. Nah, inilah perkiraan biaya masuknya.

Biaya masuk : 20.000 / orang

Biaya parkir : 5000 / motor atau 10.000 / mobil

Akses transportasi

Naik angkutan umum ke Temanggung (bisa bus antar kota atau antar provinsi). Dari terminal Temanggung, Anda bisa naik angkutan kota ke arah Pasar Ngadirejo. Dari pasar, Anda bisa naik ojek sepeda motor karena jaraknya hanyalah 20 menit perjalanan dari sana.

Pendapatan dari kegiatan pariwisata dan biaya masuk digunakan untuk konservasi, pengelolaan dan membantu Taman Nasional Temanggung dengan pemeliharaan Trek Kendil, sehingga memastikan keberlanjutannya. Model manajemen ini unik di Indonesia dan dianggap sebagai contoh praktik terbaik ekowisata di Indonesia.

Foto – Foto Gunung Kendil/Bukit Kendil Temanggung:

Foto: @anggiprastikawt
Foto: @tyoeko10
Foto: @naomipasd

Nah, itulah sedikit ulasan tentang Bukit Kendil. Bagaimana? Menarik bukan? Tunggu apalagi? Segera rencanakan liburan Anda untuk perjalanan ke Temanggung. Akses yang mudah dari pusat Temanggung ke Bukit Kendil juga menjadi alasan mengapa destinasi trekking ini begitu diminati.

Pos terkait

Loading...