Gunung Prongos, Pesona Keindahan Alam Mengagumkan di Kabupaten Trenggalek

  • Whatsapp
Foto: @mas.be

Wisata Gunung Prongos atau Puncak Gunung Prongos merupakan salah satu lokasi wisata alam yang terletak di Kabupaten Trenggalek Jawa Timur. Wisata alam satu ini sangat populer dan wajib untuk kamu kunjungi, untuk mendapatkan kepuasan dan kesempatan wisata alam yang tak terlupakan. Apa saja yang ada di Puncak Gunung Prongos ini serta bagaimana akses ke lokasi wisata? Berikut ini berbagai ulasannya.

Baca Juga:Pantai Prigi Trenggalek, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Muat Lebih

Informasi umum Puncak Gunung Prongos

Wisata Puncak Gunung Prongos yang mempunyai pesona keindahan alam yang digandrungi banyak wisatawan untuk dikunjungi, baik pada waktu libur maupun tidak. Lokasi wisata yang menjadi salah satu destinasi yang terletak di Desa Timahan, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Indonesia. Tempat ini menawarkan keindahan panorama dan landscape alam yang mengagumkan, terlebih jika kamu berada di kota Trenggalek, jangan sampai lupa untuk berkunjung. Dengan sensasi liburan yang mengandalkan kontur alam, rimbun pepohonan, dan lain-lain akan memberikan pengalaman berlibur yang tiada tara bagi wisatawan, sangat tepat untuk mengisi aktivitas kamu saat memasuki waktu.

Baca Juga: Akses dan Harga Tiket Masuk Pantai Klayar Pacitan Terbaru

Kegiatan dan Daya Tarik yang Ada di Puncak Gunung Prongos

Panorama alam yang sejuk, terasa masih sangat alami—hamparan hijau yang tersusun oleh hutan pinus yang tumbuh rimbun, ditambah dengan deretan rumah-rumah masyarakat menambah daya tarik dan keindahan tempat wisata ini. Bagi kamu yang suka berkemah, tempat ini sangat pas. Dengan cekungan-cekungan berukuran kecil serupa telaga praktis memperbanyak spot-spot berfoto atau mengambil gambar. Selain itu, di beberapa titik-titik tertentu, tersedia berbagai tempat duduk tepat di bawah pohon pinus.

Ditambah dengan keramahan masyarakat lokal yang kepada semua wisatawan, dalam dan luar Indonesia. Di sisi yang lain, Puncak Gunung Prongos ini terdapat satu tembok yang diberi nama tembok harapan loh. Bagi kamu yang mempunyai harapan dan belum terwujud, spot ini bisa menjadi jawaban atau menggembok yang berisi harapanmu. Tapi dibalik itu, ada fakta yang harus kamu tahu, sebenarnya dulu—sebelum dibuka menjadi destinasi wisata, lokasi wisata yang berada di tengah-tengah wilayah hutan milik perhutani tersebut merupakan bekas galian atau tambang batu gamping yang telah berhenti beroperasi. Kawasan ini memiliki luas sekitar 100 meter persegi dengan ketinggiannya yang mencapai 550 meter di atas permukaan laut (Mdpl).

Tiket Masuk di Puncak Gunung Prongos

Bagi kamu yang tertarik datang menikmati keindahan Puncak Gunung Prongos, penting kiranya untuk kamu tahu berapa harga tiket masuk di lokasi tersebut? Pada umumnya, harga tiket sebuah tempat wisata berbeda antara hari kerja dan akhir pekan (hari libur) dan yang terpenting biasanya harga bisa saja berubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan. Saat memasuki hari kerja atau weekday, harga tiket masuk di lokasi wisata Gunung Progos adalah Rp. 4000/orang, sangat terjangkau. Sedangkan ketika akhir pekan atau weekend, harganya mencapai Rp. 10.000/orang.

Transportasi ke Puncak Gunung Prongos

Bagi para pengunjung yang berasal dari dalam kota Trenggalek, sudah pasti tidak merasa bingung lagi untuk menjangkau atau menuju lokasi wisata Gunung Prongos. Namun hal tersebut berbeda saat calon wisatawan berasal dari luar kota atau luar pulau. Transportasi seperti mobil dan motor menjadi pilihan utama, untuk mengetahui letaknya, kamu bisa mengaksesnya via Google Maps. Dengan memakai kendaraan pribadi, dirasa akan lebih efisien dan efektif ketimbang menaiki kendaraan umum. Namun, hal tersebut tidak menutup kemungkinan kamu untuk tidak menggunakannya. Bagi kamu yang lebih memilih menggunakan kendaraan umum, bis atau jenis kendaraan beroda empat yang lain bukan menjadi masalah yang besar, asal bukan truk sepuluh roda hehe, dan berhenti di terminal kota. Kemudian kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Gunung Prongos dengan menaiki ojek biasa.

Demikian informasi seputar wisata yang cukup ngehit yaitu gunung prongos yang ada di kampak, memang tempat wisata trenggalek cukup banyak namun bagi kamu yang hoby menikmati keindahan alam dengan cara berbeda bisa liburan ke puncak gunung prongos bersama teman atau saudara kamu sobat Triper.

Pos terkait

Loading...