Desa Wisata Wonomulyo Magetan, New Zealandnya Indonesia

  • Whatsapp
Foto: Arif Suparmanto

Kawasan poncol memang lagi mendapat perhatian khusus oleh Pemda Magetan terutama Dusun Wonomulyo dimana dusun ini dirancang menjadi desa wisata, lokasi yang begitu bagus yang diapit oleh pegunungan sisi selatan lereng lawu serta pegunungan sekitar membuat dusun wonomulyo memiliki lanscape yang mengagumkan.

Baca Juga: Telaga Sarangan, Surga Tersembunyi di Lereng Gunung Lawu

Muat Lebih

Dusun Wonomulyo masuk dalam kelurahan Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan di kawasan ini terutama genilangit memang banyak banget wisata yang perlu dikembangkan misalnya adanya Taman Bedengan, Air Terjun Tritosari, Lemah Ginilangit, Goa Nggolangu, Air Terjun Pongangan, Air terjun tirto jiwo, Goa Langu pertapaan Sepi Angin yang ketemu Ki Mageti di kali gandong dan masih banyak wisata lain yang bisa kamu nikmati.

Baca Juga: Tempat Wisata di Genilangit Poncol Magetan

Bukit wonomulyo adalah satu lanscape yang menjadi daya tarik dusun ini yang mana sering dikaitannya dengan Norwegia atau New Zealandnya Indonesia. Karena lokasi geografisnya yang cukup banyak  diapit beberapa pegunungan menjadikan dusun wonomulyo memang jos untuk menenangkan fikiran. Dusun wonomulyo berada di ketinggian kurang lebih 1300 Mdpl dengan suhu berkisar 16 – 23 derajat celcius, lokasi dusun ini di apit sebelah selatan ada gunung kukusan, gunung argo tengah di sebelah barat, gunung argo cupu disebelah utara dan gunung kendil disebelah timur desa,  makanya dusun wonomulyo berada seperti di lembah yang adem ayem tentrem melihat dari bukit Wonomulyo. Biar foto yang berbicara dibawah ini

Foto:infomagetan.com

Masyarakat wonomulyo sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani yaitu menanam sayur mayur, Babat dusun ini pertama yang menghuni adalah Kihajar Wonokoso Beliau merupakan orang yang pertama kali membabat hutan dan tinggal disana, yang sekarang ini dinamakan dusun Wonomulyo (yang artinya, Wono : hutan dan Mulyo : Mulya / makmur. Makam Kihajar Wonokoso masih terjaga dengan baik sampai saat ini. Jumlah penduduk dusun Wonomulyo adalah -+ 1.447 Jiwa . Banyak potensi alam yang bisa dikembangkan menjadi tempat tujuan wisata, misalnya air terjun, goa dan pemandangan alam yang masih hijau dan alami.

Begitu banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan di Dusun Wonomulyo, selain wisata di Dusun ini Poncol khususnya juga menyimpan wisata yang cukup memanjakan mata antara lain Bendungan Gonggang, Puntok Geneng, Taman Bendengan , dan masih banyak lagi yang ada di Poncol yang bisa kamu explore saat datang ke Wonomulyo khususnya dan umumnya Kabupaten Magetan.

Untuk sobat Triper yang ingin merasakan sahdunya kampung wonomulyo ini bisa langsung berwisata ke Magetan, akses transportasi menuju kampung wonomulyo cukup mudah serta jalanya juga sudah sangat baik aspal dan cor, untuk kamu yang dari alun -alun Magetan misalnya bisa mengarahkan kendaraan kamu menuju arah telaga sarangan kemudian tengok kiri setelah pasar plaosan ada pertigaan kecil menuju poncol ikutin saja jalan itu nanti mentok sampai ke pertigaan polsek poncol nanti naik arah genilangit sebelah kanan ada SMKN 1 Poncol lurus saja sampai mentok kalo masih ragu bisa tanya-tanya warga , wong genilangit ramah kok. Untuk yang dari Ponorogo atau madiun bisa lewat sisi selatan dengan rute Madiun – lembeyan – Parang – Poncol – Lokasi , Ponorogo – Sampung – Parang – Poncol – Lokasi, Wonogiri – Pohpelem – Gonggang – Poncol – Lokasi.

Demikian informasi sedikit perihal kampung wisata wonomulyo atau juga disebut desa wisata Magetan yang berada di barat daya Magetan. Jika tulisan ini kurang jelas bisa koment dibawah insyallah kita bantu jawab perihal wisata di Magetan khususnya wonomulyo ini.

Pos terkait

Loading...