Deretan Gunung di Wonogiri Yang Bikin Kamu Geleng Geleng

              2328 Views

Foto: Yanuar Wisnu

Gunung di Wonogiri – Sebelumnya kita pernah membahas tentang Tempat Wisata di Wonogiri , Pantai di Wonogiri dan Air Terjun di Wonogiri nah kali ini Trip Jalan Jalan akan memberikan informasi tentang Gunung yang ada di Wonogiri, apa saja sih gunung yang ada di Wonogiri? sebelumnya membahas lebih dalam alangkah baiknya kita mengenal dulu tentang Wonogiri. Sejarah sedikit berdiri Wonogiri dimana asal usul Nglaroh dimana Pule, Selogiri menjadi basisnya saat itu dengan dipimpin oleh putra daerah Samber Nyowo ceritnya panjang jika ini dijelasin bisa Googling saja tentang Samber Nyowo.

Baca Juga: Tempat Wisata Pacitan Lengkap

Wonogiri terdiri dari 25 Kecamatan yang tersebar dari ujung barat sampai timur yang paling banyak menyimpan wisata di daerah Slogohimo dan Selogiri, untuk makanan khas Wonogiri Tiwul dan Lentho tahu tidak makanan ini? makanan ini terbuat dari singkong kalo tiwul di deplok alus ntr di dang baru jadi kayak nasi sebenarnya ini peganti nasi kalo zaman dulu ia nasi, urutanya membuat tiwul yaitu singkong di kupas – dikeringin (Gaplek) – di halusin -di dang -Tiwul . jadi cookpad kini ia 😀 selain tiwul ada juga lentho nah yang tak kalah heboh yaitu Bakso dan Mie Ayam Wonogiri sudah terkenal dimana mana.

Baca Juga: Tempat Wisata di Magetan Lengkap

Mengenal sedikit Wonogiri sudah ia kita lanjut dalam bahasanya tentang Gunung Yang Ada di Wonogiri antara lain :

  • Gunung Gandul

Foto:@fubuki_aida

Jalur pendakian bisa melalui RSUD Wonogiri dengan waktu tempuh sampai puncak kurang lebih 1-2 jam , gunung gandul memilki ketinggian sekitar 600 Mdpl.

  • Gunung Margoboyo

Gunung Margoboyo memilki ketinggian kurang lebih 1600 Mdpl denga khas tajakan terjang dan curam sebelum sampai puncak Margoboyo, untuk kamu yang hoby mendaki jalur pendakian gunung margoboyo melalui Dusun Kresak, Selogiri atau via Dusun Banasan, Bero, Mayaran semua jalur sama saja yang penting siapkan fisik dan alat yang safety untuk mendaki Gunung Margoboyo.

Baca Juga: Tempat Wisata di Karanganyar Lengkap

  • Gunung  Cupri

Bukti cubri ini adalah tempat hitsnya Wonogiri karena puncak Cubri terkenal dengan Sunrise nya, kamu akan ditawarkan indahnya kabut cinta yang menyelimuti pegunungan area purwantoro dan kawasan Ponorogo dari puncak Cubri. Untuk bisa kesini dari parkiran hanya membutuhkan tracking kurang lebih 1 jam saja.

  • Gunung Kambengan

Gunung Kambengan memilki ketinggian kurang lebih 800 Mdpl dimana jika kamu tertarik mendaki gunung ini bisa ke Dusun Kembengan, Jatiroto sebagai titik awal pendakian, Gunung ini banyak menyimpan sejarah salah satunya ada makan yang berada di atas gunung diyakinin warga sekitar itu adalah orang PKI yang lari pada Zamanya.

  • Soko Gunung

Foto:Putri9701

Ketingian Soko Gunung 870 Mdpl kamu bisa selfie disini disediain tempat atau spot foto , cocok buat kamu yang doyan selfie dengan latar belakang alam Wonogiri. Untuk tiket masuk Soko Gunung sebesar 5k.

  • Gunung Besek

Foto:@Phynodline

Lokasi Gunung Besek berada di Dusun Pager Gunung, Plosorejo, Kismantoro gunung ini berbatasan langsung dengan Pacitan , view gunung besek tidak kalah dengan Bukit Cubri.

Baca Juga: Tempat Wisata di Ponorogo Lengkap

Deretan gunung yang ada di Wonogiri diatas bisa jadi rekomendasi pendakian kamu jika kamu melakukan long trip ke Jawa Tengah sambil mampir ke Gunung Lawu atau gunung lainya yang ada di area Jawa Tengah.

Demikian informasi tentang gunung di wonogiri, jangan lupa jika mau mendaki persipan fisik,mental, alat, dan tentunya dana 😀 agar pendakian kamu berjalan lancar dan aman jaya. Selamat berlibur di Wonogiri.

Tags: