Keindahan Gunung Haur Dari Puncak Batu

              769 Views

Foto:Snurahalimah_97

Trip Jalan Jalan, Purwakarta – Gunung Haur merupakan gunung yang terbilang baru karena belum banyak pendaki yang melakukan pendakian gunung yang satu ini, namun gunung haur sudah hist di kalangan Backpacker karena puncak gunung haur di selalu dibandingkan dengan puncak dharma yang ada di Geopark Ciletuh. Lokasinya gunung haur berada di Desa Kertamanah, Sukasari, Purwakarta.

Transportasi menuju gunung haur dari Bandung atau Jakarta bisa menggunakan kereta tinggal pilih kereta dengan kategori ekonomi atau excekutif sesuaikan dengan dana yang ada di kantong kamu sobat triper, jika sudah sampai St.Purwakarta bisa dilanjut menggunakan jasa carter mobil ke gunung haur estimasi biaya carter kurang lebih 300k bisa kurang bisa naik itu tergantung nego kamu sama abangnya, jika kamu berkelompok misalkan 7 orang tinggal 300:7 jadi per orang kena biaya 42k sekian sudah sampai di titik awal pendakian yaitu Desa Kertamanah. Jarak St.Purwakarta ke Desa Kertamanah kurang lebih 25 km dan bisa ditempuh dengan kendaraan 1 jam perjalanan dengan waktu normal alias kecepatan rata-rata.

 

Dengan estimasi waktu diatas mungkin sobat Triper bisa menganalisa pemberangkatan dari kota asal menuju Purwakarta agar sesuai dengan perhitungan.

Gunung haur sendiri memiliki ketinggian 517 Mdpl dengan jalur pendakian yang masih dipenuhi semak belukar dan bebatuan karena gunung ini terbilang baru jadi wajar jika jalur tracknya masih tidak bersahabat, waktu untuk melakukan tracking gunung haur memakan waktu kurang lebih 1- 2 jam tergantung fisik dan kelincahan kamu ia sobat Triper. Jalur pendakian gunung haur yang paling extrem dinamakan jalur turdo yaitu jalur yang di ibaratkan lutut ketemu dagu sehingga orang-orang lokal dinamana ‘‘Jalur Turdo”.

Gunung haur memiliki puncak 2 yaitu puncak kirarange dan puncak batu dimana puncak gunung hampir persis seperti puncak dharma di Geopaark secara kasat mata. Selain gunung haur di purwakarta sebenarnya banyak antara lain seperti gunung parang, lembu, bongkok, Sunda, Hejokramat, wayang, anaga dan masih banyak lagi rata-rata berada di pinggir waduk jatiluhur.

Dari deretan gunung di Purwakarta yang paling diburu adalah gunung parang karena menawarkan pemandangan yang bagus serta jalur tracking yang tidak biasa dimana kamu harus climbing untuk bisa sampai di puncak parang, selain itu juga gunung parang menawarkan hotel gantung dan ajibnya hotel gantung di gunung parang adalah hotel gantung tertinggi di Dunia.

Demikian informasi tentang gunung haur serta gunung lain yang ada di Purwakarta ternyata tidak hanya parang, lembu, dan bongko saja yang wajib kamu daki masih banyak gunung yang memiliki view yang amaziang di Purwakarta.

 

 

Tags:
author

Author: