Menikmati Kesejukan Gunung Lanang Pacitan

              133 Views

Berbicara tentang Kabupaten Pacitan memang tidak akan ada habisnya apalagi wilayah ini terkenal sekali dengan sebutan Kota Seribu Goa. Tak hanya goa yang berjumlah banyak, namun berbagai wisata pantai yang indah dan memesona mata yang memandang. Ada lagi wisata Gunung Lanang yang jika kamu menoleh ke arahnya akan mendapatkan kesejukan batin luar biasa.

Baca Juga: Puncak Seruni Probolinggo, Menikmati Bromo Lebih Dalam

Kondisi Alam Gunung Lanang

Gunung Lanang Pacitan Termasuk dalam kategori gunung tertinggi kedua setelah Gunung Sepang di wilayah Pacitan saja. Gunung Lanang tidak jauh beda dengan gunung yang ada di Pulau Jawa, menghadirkan flora dan fauna yang hampir mirip seperti pohon jati, mahoni, toga, burung parkit, burung kenari dan sebagainya. Banyak pengunjung Gunung ini yang ingin menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam di sana, namun, disamping mereka menikmati keindahan sunset atau sunrise tak lupa pulang membawa hasil penelitian tentang flora dan fauna yang terdapat di sana. Gunung ini termasuk gunung yang mudah didaki artinya medan tidak terlalu membahayakan pengunjung, tetapi tetap harus hati-hati. Jika menjelang sore tiba, kamu harus memakai baju tebal karena terpaan angin sangat kencang dan suhu drastis turun menjadi lebih dingin. Bawalah peralatan yang memadai jika kamu berencana camping di Gunung Lanang, tak lupa mintalah petunjuk kepada juru kunci agar tidak kesasar sampai tujuan.

Baca Juga: Biaya Pendakian Gunung Rinjani [+] 5 Jalur Yang Bisa Kamu Pilih Menggapai Puncak Anjani

Lokasi Gunung Lanang

Mendengar kondisi Gunung Lanang Pacitan yang memukau tentunya kamu akan penasaran dan ingin berkunjung bukan?

Untuk menemukan Gunung Lanang ini kamu harus melakukan perjalanan sekitar 1 jam dari pusat Kota Pacitan menuju Kecamatan Kebonagung, Desa Punjung. Jika kamu bingung ambil arah Kota Pacitan dan temukan Jalan Ketro-Sidomulyo untuk menjangkau Desa Punjung. Sesampainya di Desa Punjung, kamu akan melihat kemegahan Gunung Lanang. Apabila kamu ingin mengunjungi Gunung Lanang sebaiknya menggunakan motor karena medan jalan yang tidak terlalu lebar dan bagus. Berdiam diri di pos masuk kamu akan disuguhi warung kecil guna istirahat sebentar dari perjalanan yang panjang. Untuk masuk ke gunung ini, kamu hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 2500/orang dengan jasa parkir motor Rp. 2.000, sedangkan jasa parkir mobil Rp. 4.000.

Rute perjalanan menuju puncak Gunung Lanang ini ada petunjuk arahnya sehingga kamu tidak perlu khawatir tersesat, namun jika kamu ingin camping di pertengahan Gunung Lanang sebaiknya menggunakan tenda berbentuk kubah (setengah lingkaran) yang berbahan tebal.

Baca Juga: Biaya Pendakian Gunung Prau [+] 8 Jalur Yang Bisa Kamu Lewati

Hotel Murah Pacitan

Untuk menyambangi beberapa tempat wisata di Kabupaten Pacitan, kamu bisa pesan beberapa hotel murah di bawah ini:

  • Hotel Bali Asri di Jalan Ahmad Yani No.69, Pacitan dengan kisaran per malamnya mulai Rp. 60 ribu hingga Rp. 250 ribu
  • Hotel Remaja di Jalan Ahmad Yani No.67, Pacitan dengan kisaran per malamnya Rp. 45 ribu – Rp. 65 ribu

Tips mendaki Gunung Lanang:

  • Bawalah peralatan memasak praktis
  • Bawalah makanan mentah yang mudah dibuat, minuman sedia agar tidak dehidrasi
  • Pakaian tebal dan hangat untuk menghindari hipotermia
  • Apabila gunung sedang dalam angin kencang sebaiknya tunda pendakian hingga benar-benar aman
  • Jangan membuang sampah di area gunung
  • Jangan melakukan tindakan aneh yang mengundang permasalahan dengan penduduk sekitar (mabuk)
  • Hindari mengumpat atau bertindak buruk selama camping karena penghuni alam lain seringkali mencoba kesabaran pendaki

Keindahan pagi hari pukul 05.00 adalah munculnya bulatan kuning matahari hangat yang memukau, di sinilah keagungan Tuhan akan kamu rasakan sebagai rasa syukur terhadap Tuhan Pencipta Alam. Masih ada destinasi gunung indah di Pacitan yang tak kalah menariknya dengan Gunung Lanang, gunung lainnya termasuk dalam sebutan Gunung Limo yang artinya Gunung Lima. Kelima gunung tersebut jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Pacitan, di lain waktu kamu bisa lebih semangat lagi melakukan pendakian.

Tags:
author

Author: