Gunung Suroloyo Pacitan, Menjadi Destinasi Tujuan Para Turis

              137 Views

Negara Indonesia sangat kaya dengan berbagai tempat wisata alam yang memukau salah satunya jika kamu berkunjung ke Pacitan, Jawa Timur ada Gunung Suruloyo. Gunung yang memang belum seterkenal Gunung Merapi, Merbabu di Jawa Tengah namun keindahannya melekat kepada siapapun yang mendakinya. Gunung ini lebih tepatnya disebut dengan bukit karena puncaknya tidak mengandung kawah panas seperti pada Gunung Merapi. Namun, jika kamu penasaran simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

Baca Juga: Deretan Gunung di Wonogiri Yang Bikin Kamu Geleng Geleng

Kondisi Gunung Suruloyo

Gunung Suruloyo memiliki ketinggian sekitar 1000 meter dpl yang ternyata saat pendakian menampilan akses penghijaun yang subur. Banyak turis dari manca mencoba menakhlukan gunung Pacitan ini karena medan yang cukup sulit, jalannya berbatu tandus namun masih terbilang mudah untuk dilalui dengan arah yang jelas. Jika kamu ingin mendaki Gunung Suruloyo ini bersiap saja untuk “puasa” sinyal karena daerahnya yang terbilang pelosok sekali dan masih sulit dijangkau dengan jaringan telepon kabel. Untuk jaringan listrik saja masih jarang yang memasangnya sehingga jika malam tiba, benar-benar kamu akan merasakan hidup di zaman Kerajaan Majapahit menggunakan “teplok”. Teplok adalah penerang yang terbuat dari sumbu dengan bahan bakar spirtus, minyak tanah atau minyak goreng. Gunung Suruloyo ini memang masih perawan sekali, terbukti dari minimnya akses modern, puncak gardu pandang yang dibuat baru-baru saja dan jalan pendakian yang belum baik. Meski demikian, beberapa turis manca lebih tertantang. Sesampainya di pertengahan gunung, kamu akan mulai tersenyum manis karena pemandangan Kota Pacitan, Pantai Selatan dan sekitarnya mulai nampak. Rasa capek akan segera terobati saat kamu menemukan puncak pendakian Gunung Suruloyo.

Baca Juga: Biaya Pendakian Gunung Prau [+] 8 Jalur Yang Bisa Kamu Lewati

Lokasi

Kabupaten Pacitan khususnya wilayah Losari ini terdapat dua bukit yang biasa digunakan untuk pendakian. Bukit pertama disebut Bukit Gunung Prau dan Bukit Gunung Suruloyo. Bukit Gunung Prau berada di perbatasan Desa Ngapak dan Desa Klepu sedangkan Bukit Gunung Suruloyo berada di Desa Pakel. Untuk menemukan kedua bukit indah tersebut, kamu perlu melakukan perjalanan dari Kota Pacitan menuju Kecamatan Tulakan. Akses untuk menuju gunung ini cukup menantang, bisa menggunakan motor atau mobil. Namun, ketika kamu ingin menuju Gunung Suruloyo bisa dengan motor saja karena medan yang tidak terlalu lebar. Untuk masuk ke sini kamu sediakan uang Rp. 2000 saja.

Baca Juga: Fakta Unik, Misteri Gunung Lawu

Hotel Pacitan Nyaman

Di hotel ini, kamu akan mendapat fasilitas lebih lengkap namun dengan harga yang bersaing:

  • Hotel Green House di wilayah Pantai Teleng Ria Rt:04/11 dengan kisaran per malamnya Rp. 150 ribu – Rp. Rp. 200 ribu.
  • Guest House Pacitan berada di Jalan MT. Haryono 57, Pacitan dengan kisaran Rp. 150 ribu – Rp. 350 ribu, fasilitas sama dengan hotel bintang 4.

Penduduk di sekitar Bukit Gunung Suruloyo sangat ramah dan kooperatif sekali, banyak diantaranya betah bertani di sekitar Desa Pakel. Adapun hasil dari lahan pertanian Dusun Losari adalah sayuran dan buah-buahan. Gunung Suruloyo ini sangat indah saat kamu memasuki area pertanian. Ada perkebunan buah jeruk, pepaya, dan rambutan untuk area kaki bukit. Sedangkan, area di atasnya ada pertanian sayuran, palawija, jamu-jamuan dan sebagainya. Di beberapa bulan kemarau, Desa Losari ini akan mengalami kendala air dan mengalami kekeringan. Jika sudah demikian, para warga hanya mengandalkan air dari Sungai Noneng.

Kabupaten Pacitan sendiri sangat terkenal dengan wisata goa dan keindahan pantainya yang memukau, tiket masuk juga terbilang murah meriah dan ada pula yang gratis. Jika kamu berkunjung ke Pacitan, tak lupa pula mencicipi makanan khas yang melegenda, yaitu pecel lele atau soto lamongan. Rasa pedas khas Jawa Timuran tidak akan kamu lupakan seumur hidup apalagi menu yang dijual harganya merakyat sekali. Keindahan Gunung Suruloyo mengingatkan kita akan kemiripan dengan Gunung Menoreh yang namanya juga mirip yaitu Puncak Suroloyo di Kulon Progo, Yogyakarta.

Tags:
author

Author: