Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdul Rahman

  • Whatsapp
Foto: @sumini_dr

Salah satu destinasi wisata yang menarik untuk di kunjungi di propinsi Lampung ialah Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdul Rahman.

Baca Juga:Pulau Pahawang, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Bacaan Lainnya

Lokasi Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdul Rahman, Lampung

Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdul Rahman ini letaknya adalah di Desa Sumber Agung, di Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung.

Rute menuju ke Lokasi Penangkaran Rusa Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman, Lampung

Jarak paling dekat yang bisa ditempuh untuk menuju ke lokasi destinasi wisata Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdul Rahman ini ialah dari Kemiling, selain lebih dekat jaraknya, juga kondisi jalannya pun bagus. Rutenya mudah, dari perempatan jalan sesudah lokasi SMA 7 Bandar Lampung, maka tinggal ambil saja arah ke kanan dan kemudian mengikuti jalan utamanya terus. Lokasi Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdul Rahman ini memang cukup dekat dengan pusat kota, arahnya sama persis dengan arah jalan menuju ke Taman Kupu-kupu Gita Persada Lampung. Guna menuju ke Penangkaran Rusa ini dapat juga ditempuh dari lokasi Teluk Betung, dengan menuju ke arah Wira Garden, Bumi Kedaton Resort, kemudian lurus terus menuju ke arah Batu Putu dan masih terus lagi mengikuti jalan hingga sampai ke Desa Sumber Agung, Kecamatan Kemiling. Destinasi wisata penangkaran Rusa Tahura WAR ini letaknya sangat dekat dengan lokasi Taman Kupu-kupu Gita Persada Bandar Lampung. Jaraknya hanya kurang lebih sekitar 1 km saja sebelum Taman Kupu-kupu Gita Persada dari arah Kemiling. Lokasinya pun adanya persis di pinggir jalan utama, yakni tepatnya di sebelah kiri jalan. Pada saat sudah sampai di Desa Sumber Agung, maka jalan saja pelan-pelan dengan sambil melihat ke arah kiri jalan. Ketika sudah melihat Gapura Penangkaran Rusa Tahura WAR berwarna hijau, maka tinggal masuk saja lalu bisa sepuasnya melihat-lihat beberapa rusa yang dipelihara di penangkaran itu.

Baca Juga:121 Tempat Wisata di Lampung Yang Populer dan Hits

Tarif Tiket Masuk Penangkaran Rusa Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman, Lampung

Tarif tiket masuknya sangat terjangkau, yakni hanya sebesar 3 ribu Rupiah saja dan untuk tiket parkirnya adalah 2 ribu Rupiah untuk kendaraan beroda dua dan 4 ribu Rupiah untuk kendaraan beroda empat.

Jam Operasional Penangkaran Rusa Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman, Lampung

Tempat wisata penangkaran rusa ini jam operasionalnya ialah setiap hari, yakni pada hari Senin sampai dengan Jumat mulai buka mulai pukul 09.00 pagi hingga tutup di jam 16.00 sore dan untuk tiap akhir pekan di weekend mulai buka pukul 09.00 pagi dan baru tutup pada pukul 18.00 petang.

Baca Juga: Tugu Empat Marga atau Megow Pak Spot Foto Famous di Lampung

Fasilitas di Penangkaran Rusa Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman, Lampung

Fasilitas di tempat ini sudah cukup memadai, terdapat tempat parkir dan kantin, serta mushola dan toilet jika ingin ke kamar mandi umum.

Hal Menarik di Penangkaran Rusa Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman, Lampung

Tujuan dan daya tarik utama hingga para wisatawan berdatangan dan berkunjung ke tempat ini tentunya ialah untuk menyaksikan dan berinteraksi secara langsung dengan rusa-rusa di tempat Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdul Rahman tersebut. Tersedia sayuran dan rumput pakan rusa seharga 5 ribu Rupiah per ikat yang disediakan oleh petugas yang bisa digunakan untuk memberi makan rusa secara langsung dibalik pagar. Terdapat sekitar 50 ekor rusa di tempat penangkaran ini, telah berkembang lebih banyak sejak dari awal pendiriannya yang semula hanya terdapat 24 ekor saja, di tanggal 7 Desember 2012. Rusa-rusa yang ada di tempat ini dibiarkan hidup bebas lepas tanpa kandang, berlarian di balik pagar taman dengan total luas sekitar 2 hektar ini. Rusa-rusa tersebut adalah rusa timur sejenis dengan rusa yang ada di istana negara Bogor. Rusa jenis ini cukup jinak dan mudah juga perawatannya. Lokasi ini selain dilengkapi dengan adanya taman terdapat juga arena bermain anak, serta berbagai spot menarik untuk melakukan swafoto. Selain rusa juga terdapat kelinci yang dipelihara di kandang maupun yang dibiarkan bebas berkeliaran di taman, yang di dalamnya juga terdapat sungai yang mengalir melewati taman.

Pada saat wisatawan awal memasuki areal penangkaran rusa taman hutan Raya Wan Abdul Rachman atau Penangkaran Rusa Tahura WAR ini akan disambut dengan pohon beringin unik yang tumbuh di sebuah batu besar. Sering kali diadakan berbagai acara festival di tempat ini, seperti festival buah durian misalnya. Desa Sumber Agung, tempat lokasi Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdul Rachman ini memang terkenal dengan buah duriannya.

Setelah berkunjung ke tempat Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdul Rahman ini maka bisa dilanjutkan berkunjung ke lokasi wisata lainnya di dekatnya.

Pos terkait