Saham Alibaba Melonjak Pesat

              2673 Views

image

Para karyawan ini secara total punya 4,8% saham Alibaba. Sang pendiri sekaligus CEO Alibaba, Jack Ma sudah meminta karyawan tetap tenang dan tidak terlena atas keuntungan ini karena tantangan yang sebenarnya akan datang setelah IPO.

“Kita sudah bekerja keras, tapi bukan berarti kita berhenti sampai di sini setelah menjadi tuhao,” katanya dalam surat yang dibagikan kepada karyawan Alibaba.

Tuhao adalah istilah yang sedang populer di Tiongkok. Biasanya istilah ini diberikan kepada orang yang dulunya miskin lalu kaya mendadak tapi kelakuannya tidak baik, seperti sering berfoya-foya dan berbuat seenaknya.

Perusahaan yang didirikan pada 1999 di Hangzhou ini menguasai industri e-commerce Tiongkok hanya dalam waktu 15 tahun. Sebanyak 90% peredaran barang online Tiongkok berasal dari Taobao, anak usaha Alibaba.

Jack Ma, tentu akan mendapatkan tambahan harta dari IPO Alibaba. Ada juga perusahaan yang dapat tambahan dana segar, yaitu Yahoo. Yahoo membeli 40% saham Alibaba seharga US$ 1 miliar pada 2005 lalu.

Yahoo sempat beberapa kali melepas saham Alibaba demi mendapatkan dana segar sekitar Rp 63 triliun di 2012 lalu. Sehingga kepemilikannya kini hanya sebesar 22,4%.

Nah, pada IPO kali ini, Yahoo juga akan melepas sebagian saham Alibaba ke pasar dan bakal meraup dana US$ 10 miliar (Rp 110 triliun). Pasca IPO nanti, sisa kepemilikan Yahoo di saham Alibaba menjadi hanya 16,3%.

Sumber :Detikfinance

Rate this article!