Liburan di Laos, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

  • Whatsapp
Foto: @weownthemoment

Sebagai bagian dari negara Asia, Laos juga menyimpan banyak kemegahan dan keistimewaan padanya. Seperti objek wisata yang cukup banyak menarik perhatian dunia. Selain itu, kuliner khas yang ditawarkan Laos juga tidak kalah memanjakan lidah kamu. 

Nah, bagi kamu yang ingin berlibur ke Laos, berikut beberapa destinasi yang wajib kamu kunjungi !

Muat Lebih

Baca Juga: Liburan di Vietnam, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Objek Wisata Menarik di  Laos

Sebagai ibukota dari negara Laos, Vientiane memang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang bisa kami jadikan lokasi pilihan. Kota ini merupakan kota paling digemari oleh setiap turis yang berkunjung ke Laos. Selain menawarkan wisata dengan corak dan kebudayaan yang unik, ibu kota ini juga menyuguhkan keramahan negara Laos dan menyediakan kuliner hingga penginapan dengan harga relatif lebih rendah. 

Melihat kelebihan dan keunggulan kota Vientiane, tidak heran jika kota ini mendapat perhatian lebih dari para wisatawan yang datang setiap tahunnya ke negara Laos. Di bawah ini, terdapat beberapa objek wisata di Vientiane yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Laos:

  • Pha That Luang 
Foto: @renzcepres

Pha That Luang merupakan stupa suci yang terbuat dari emas dan dijadikan sebagai lambang ataupun semboyan negara Laos. Tempat yang menyimpan sejuta misteri dan dianggap suci oleh penduduk setempat ini tidak boleh dimasuki oleh sembarang orang. Sehingga, kamu sebagai turis hanya diperbolehkan berada sampai gerbang utama. 

Meskipun kamu tidak dapat masuk sampai ke dalam, namun candi dari bangunan ini tetap tampak jelas dari luar. Cobalah untuk berkunjung di siang hari, maka warna emas dari stupa akan sangat menonjol dan terlihat sempurna. Kamu cukup mengeluarkan sekitar 5000 kip atau setara dengan Rp. 8.100 per orang untuk sekali masuk. 

  • Buddha Park 
Foto: @rutaideal

Saat kamu memutuskan untuk liburan ke Laos, maka Buddha Park adalah tempat wisata paling wajib kamu kunjungi. Terletak cukup strategi meskipun sedikit jauh dari pusat kota, menjadikan arena wisata ini mudah untuk dijangkau dengan transportasi umum maupun berjalan kaki dari penginapan terdekat. 

Taman yang dibangun oleh Luang Pu Bunleae Sulilat tahun 1958 silam ini, menyuguhkan patung dan ukiran yang diukir dari batu dengan jumlah tidak sedikit, yakni mencapai 200. Hanya dengan membayar 8000 kip atau Rp. 13.000, maka kamu bisa berkeliling Buddha Park dengan puas dan mengambil gambar sebanyak banyaknya. 

  • Patuxai
Foto: @kaiser_photographyy

Tidak perlu jauh jauh ke Eropa untuk bisa melihat gerbang Paris. Namun, kamu bisa berlibur ke Laos dan mengunjungi Patuxai sebagai lambang dari kota Vientiane. Gerbang ini dibangun sebagai semboyan bahwa Laos telah terbebas dan merdeka dari belenggu penjajahan negara Perancis selama bertahun tahun. 

Gerbang ini dibuat dengan paduan desai Laos dan Eropa serta memiliki tujuh lantai yang memungkinkan kamu untuk naik guna menyaksikan keindahan ibukota. Cukup mengeluarkan uang sebanyak 3000 kip atau setara dengan Rp. 5.000, maka kamu akan mendapatkan pengalaman liburan tak terlupakan seumur hidup. 

  • Kuang Si Falls
Foto: @journey24_net

Kuang Si Falls adalah tempat wisata yang harus kunjungi selama berada di Luang Prabang. Air terjunnya sangat indah dengan air jernih berwarna hijau turquoise. Dikelilingi hutan yang lebat, Kuang Si Falls benar-benar disukai para wisatawan karena sangat instagenic. Di tengah-tengah air terjun terdapat jembatan yang bisa kamu gunakan untuk mengambil foto lebih dekat.

Air terjun berundak yang menakjubkan ini dijamin tak akan membuatmu bosan. Di sini kamu bisa berenang di air yang jernih layaknya kolam renang. Untuk menuju tempat wisata ini, kamu harus mendaki selama 15-20 menit. Dengan biaya masuk 20.000 kip (Rp32.500), air terjun di Laos ini buka pukul 8 pagi hingga setengah 6 sore.

  • Tad Sae Waterfall
Foto: @laotian_traveler

Berjarak 12 mil dari Luang Prabang, air terjun Laos ini sangat cantik saat musim hujan. Debit airnya memang tidak tersebar merata sehingga sering kering saat musim kemarau. Destinasi wisata ini tidak terlalu ramai seperti Kuang Si Falls sehingga sangat cocok jika kamu ingin menenangkan diri. Jangan lupa bawa baju ganti agar bisa berenang sambil menikmati pemandangan yang indah.

  • Nong Khiaw Viewpoint
Foto: @leemumford8

Nong Khiaw Viewpoint atau yang lebih dikenal Phadeng Peak oleh penduduk lokal terletak di kota Nong Khiaw, sebuah desa kecil yang sunyi di daerah pegunungan Laos. Untuk menuju ke sini, kamu membutuhkan waktu sekitar 3 jam dari Luang Prabang. Transportasi umumnya kurang bagus, jadi sebaiknya sewa taksi atau sopir menuju destinasi wisata ini. Jalur pendakiannya sangat indah dan tidak terlalu berat saat musim kemarau. Namun ketika musim hujan, jalanan menuju puncak akan berlumpur sehingga membutuhkan tenaga ekstra.

  • Vang Vieng
Foto: @ohhmypassport

Berminat mengunjungi Vang Vieng? Maka dengan titik awal keberangkatan dari Vientiene sobat Triper bisa menuju ke Vang Vieng dengan menggunakan bus dengan berbagai pilihan dari mulai VIP hingga yang ekonomi.

  • Mekong Riverside Park 
Foto: @karlotta.jakina

Berlibur ke Laos dan menginap di pusat kota Vientiane, maka cukup disayangkan jika kamu melewatkan waktu untuk tidak singgah ke Mekong Riverside Park. Merupakan sebuah taman yang berada di tepi Sungai Mekong, kamu akan disuguhkan keindahan sunset dan suasana malam begitu menakjubkan. 

Baca Juga: Liburan di Jogja, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Tempat wisata yang banyak dimanfaatkan warga setempat untuk bersantai, jogging, bersepeda atau pun senam, kini telah menjadi taman rekreasi favorit dan tujuan setiap turis yang datang ke Laos. Taman Mekong ditata dengan sangat rapi dan bersih, terdapat fasilitas bermain khusus anak yang bisa kamu manfaatkan jika membawa anak ataupun adik. 

Jalan jalan dan berkeliling taman pastilah akan membuat kamu merasa lelah dan gerah. Nah, di sekitar taman sudah tersedia berbagai macam kuliner yang akan menghilangkan rasa lapar dan dahaga. Usai dari Taman Mekong, kamu bisa langsung meluncur ke pasar malam dan berburu oleh oleh khas Laos untuk dibagikan kepada sanak saudara di Indonesia.

Setelah membaca ulasan tentang destinasi Laos di atas. Tempat manakah pertama yang akan kamu datangi dengan membawa kamera?  

Pos terkait

Loading...