Taman Situs Purbakala Pugung Raharjo

  • Whatsapp
Foto: @delpuspit

Taman Situs Purbakala Pugung Raharjo merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik dikunjungi. Berikut ini kami rangkum hal menarik apa saja yang terdapat di destinasi wisata ini.

Baca Juga: Pulau Pahawang, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Bacaan Lainnya

Sejarah Situs Purbakala Pugung Raharjo

Situs ini terletak di Desa Pugung Raharjo, Lampung Tenggara, sering juga disebut sebagai Taman Purbakala Pugung Raharjo. Di tempat wisata ini anda bisa berwisata sambil memahami sejarah tentang benda benda pada zaman periode klasik.

Baca Juga: 121 Tempat Wisata di Lampung Yang Populer dan Hits

Situs Pugung Raharjo ini awalnya tidak sengaja ditemukan oleh penduduk setempat. Kejadian ini terjadi pada tahun 1957. Saat ini penduduk setempat serta warga transmigran sedang melakukan penebangan hutan dan menemukan situs purbakala ini.  Pada awal ditemukannya Situs Pugung Raharjo tidak langsung diketahui. Penelitian mendalam akhirinya dilakukan pada tahun 1968 yang dipimpin oleh Drs. Buchori. Setelah melakukan penelitian mendalam, barulah pada tahun 1980 disimpulkan bahwa Situs tersebut merupakan kompleks megalitik Pugung Raharjo yang memiliki luas lebih kurang 25 Ha.

Hal Menarik Yang Terdapat di Situs Pugung Raharjo

Biasanya banyak orang yang kurang tertarik berwisata ke tempat sejarah, karena tidak banyak hal menarik di situs bersejarah. Namun situs Pugung Raharjo ini berbeda dengan tempat wisata sejarah lainnya, karena para pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan dan keunikan dari Situs Purbakala ini. Berikut ini beberapa hal unik yang terdapat di situs Pugung Raharjo.

  • Kompleks Batu Mayat

Salah satu hal menarik yang bisa anda temukan di situs Pugung Raharjo ini adalah kompleks Batu Mayat. Di sini anda bisa menyaksikan sekumpulan batu besar yang disusun dengan bentuk persegi. Batu mayat ini memiliki tinggi 205 cm. Batu tersebut menyimpan sejarah yang sangat bermakna.

  • Punden Berundak

Hal menarik lain yang bisa ditemukan di Situs Pugung Raharjo ini adalah Punden Berundak. Punden Berundak ini merupakan gundukan tanah dan batu yang dibuat berundak-undak. Diperkirakan bahwa situs purbakala ini menyimpan sejarah budaya dan jejak peradaban Indonesia dari zaman prasejarah, Hindu, Budha, dan juga Islam. Punden Berundak ini menjadi salah satu tempat menarik untuk melakukan swafoto.

  • Benteng Taman

Benteng Taman juga menjadi salah satu hal menarik yang terdapat di Situs Pugung Raharjo. Pada Benteng Taman ini terdapat 2 buah gundukan tanah yang diselimuti oleh rumput hijau, dan ditengahnya terdapat parit. Diperkirakan benteng ini digunakan sebagai tempat berlindung dulunya. Ditempat ini juga cocok dijadikan sebagai spot foto yang menarik.

  • Kolam Megalitik

Hal menarik lainya yang bisa anda temukan di Situs Pugung Raharjo ini adalah Kolam Megalitik. Kolam ini dulunya digunakan sebagai kolam pemandian. Pada kolam ini anda bisa menyaksikan benda – benda megalitik yang terdapat di dalam kolam. Kesejukan dan kebersihan air pada kolam menambah kesan unik dari kolam megalitik ini. Berwisata ke Situs Pugung Raharjo memberikan banyak hiburan sekaligus juga pelajaran berharga.

Cara Akses Situs Pugung Raharjo dan Tarif Tiket Masuk

Untuk menuju ke situs purbakala ini, caranya sangat mudah karena lokasi dari situs Pugung Raharjo hanya berjarak 52 Kilometer dari kota Bandar Lampung. Selain itu banyak juga transportasi umum yang mengarah ke situs purbakala ini. Bagi anda yang ingin menggunakan pribadi, maka anda bisa lewat dari jalan tol ke Situs Pugung Raharjo ini. Cukup dengan menggunakan GPS, maka anda langsung dituntun ke Situs Pugung Raharjo.

Baca Juga: Tugu Empat Marga atau Megow Pak Spot Foto Famous di Lampung

Bagi anda yang ingin menggunakan transportasi umum, caranya juga sangat mudah. Anda cukup menaiki bus dari Kalianda yang mengarah ke kota Panjang. Nantinya dari kota Panjang, anda perlu menaiki bus kota, lalu turun di perempatan PJR. Dari Pasar PJR nantinya anda bisa menaiki angkot yang mengarah ke pasar Pugung Raharjo. Dari pasar tersebut nantinya anda bisa naik ojek untuk menuju lokasi situs purbakala ini.

Baca Juga: Jadwal Kapal dan Harga Tiket Kapal Dishub Dari Muara Angke, Marina Ancol, Muara Kamal dan Tanjung Pasir

Bagi anda yang ingin berkunjung ke situs Pugung Raharjo ini, per orangnya akan dikenakan biaya Rp 2000,- saja. Dengan tiket murah tersebut, maka anda bisa menikmati keindahan dari Taman Situs Purbakala Pugung Raharjo.

Pos terkait