Tugu Kopiah Emas, Wisata Sejarah di Lampung Tengah

  • Whatsapp
Foto: @rgu28

Sama dengan kota di Indonesia yang lain, Lampung memiliki berbagai pesona yang dapat menarik wisatawan untuk datang berkunjung. Lokasi yang saat ini banyak dikunjungi salah satunya adalah Tugu Kopiah Emas. Tugu dan sekitarnya menjadi tempat rekreasi yang cocok untuk dijadikan tempat mengambil gambar yang bagus. Berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang tugu ini.

Baca Juga: Pulau Pahawang, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Bacaan Lainnya

Mengenal Tugu Kopiah Emas

Tugu ini adalah salah satu tempat wisata yang memberikan nilai keindahan dan juga nilai sejarah. Tugu ini dibangun dan didesain dengan unik sehingga dapat menarik wisatawan untuk datang. Tugu ini bernama Tugu Kopiah Emas karena memang bentuknya sama dengan kopiah emas yang digunakan sebagai tutup kepala adat sekitar. Yang unik dari pembangunan tugu ini adalah bahwa arsitektur yang mendesain merupakan seniman dari Muntilan, Magelang. Seniman adalah seorang yang berdarah jawa tapi membuat karya seni untuk masyarakat Lampung yang memiliki kebudayaan yang berbeda. Disinilah dapat dilihat bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya.

Baca Juga: 121 Tempat Wisata di Lampung Yang Populer dan Hits

Bahan yang digunakan untuk membuat tugu juga didatangkan dari Muntilan. Konon waktu itu untuk membuat satu tugu ini dibutuhkan sekitar 442 buah batu paras dengan menggunakan 15 ahli bangunan untuk menyusunnya. Setelah jadi sekarang, tugu tersebut memiliki tinggi sekitar 11 meter dengan diameter sepanjang 3 meter. Warna kuning emas pada tugu memiliki filosofi tersendiri. Warna ini dianggap sebagai warna yang melambangkan kemuliaan bagi masyarakat Lampung. Pembangunan Tugu ini awalnya difungsikan hanya untuk mempercantik kota Lampung, namun semakin kesini pesonanya dapat membuat kaum mudah datang untuk berswafoto.

Area Sekitar Tugu Kopiah Emas

Tugu bukanlah satu – satunya tempat di area ini yang dapat dijadikan untuk berfoto. Anda juga dapat menikmati kawasan lain disekitarnya yang berupa taman indah. Suasana taman sangat menyenangkan dan teduh karena di sekeliling terdapat jajaran pohon cemara. Jika Anda datang kesini dan sudah cukup puas berfoto depan Tugu, maka datanglah ke taman ini untuk beristirahat sambil melepas lelah. Saat pagi hari, tempat ini banyak dimanfaatkan untuk jogging, senam atau melakukan olahraga pagi lainnya. Saat malam hari, tempat ini juga dikunjungi anak muda yang hanya ingin duduk santai sambil berbincang dengan teman. Di Sekitar taman juga terdapat pedagang kaki lima yang menjual berbagai variasi makanan dan minum untuk menemani Anda saat bersantai di taman. Untuk harganya sendiri tidak perlu khawatir, makanan dan minuman yang dijual disini memiliki harga yang sangat terjangkau.

Akses ke Tugu Kopiah Emas

Tugu ini terletak di jalan Lintas Sumatera, Gunung Sugih, Kecamatan Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung 34161. Lokasinya berada sekitar setengah km dari ibukota kabupaten Lampung Tengah dan sekitar 61 km dari pusat ibukota provinsi Lampung. Tugu ini dibangun di pinggir jalan tersebut. Lokasi dari tugu ini juga berdekatan dengan Tugu Pengantin yang berupa sepasang pengantin yang menggunakan balutan pakaian tradisional Lampung. Objek wisata ini dibuka sepanjang hari selama 24 jam dan tanpa ada tiket masuk.  Jika Anda ingin berkunjung kesini dan Anda berada di luar pulau, maka Anda butuh untuk menggunakan pesawat yang turun di Bandara Radin Inten II. Setelah itu Anda dapat menuju ke Tugu dengan perjalanan menggunakan mobil sekitar 36 menit atau kurang lebih 39 km. Dari bandara, Anda masuk dulu ke jalan Branti Raya menuju ke Gang Mangga lalu belok kanan ke jalan tol Bakauheni – Tebing Tinggi. Jika Anda lurus terus akan menuju ke Jalan Proklamator. Kemudian jalan terus dan perhatikan papan petunjuk yang akan mengarahkan Anda ke Tugu Kopiah Emas.

Baca Juga: Pantai Karang Gigi Hiu, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Tugu Kopiah Emas pada awal dibangun memang tidak ditujukan sebagai tempat wisata, namun pesonanya tidak dapat terelakkan. Apalagi ada sisi kebudayaan khas Lampung yang diangkat pada desain tugu ini. Masyarakat Lampung bangga memiliki tugu yang dapat menarik banyak wisatawan seperti ini. Oleh karenanya, jika Anda ke Lampung jangan lewatkan untuk berswafoto disini.

Pos terkait