Deretan Tempat Wisata di Bengkulu Yang Paling Hits 2018

              278 Views

Tempat Wisata di Bengkulu – Punya waktu liburan lebih dari satu minggu? Dan Anda bingung ingin mengisinya dengan liburan ke mana? Kenapa tidak mencoba untuk menjelajahi tanah raflesia, Bengkulu. Dibandingkan ke luar negeri, lokasi Bengkulu jauh lebih dekat dari rumah Anda. Biaya liburan juga lebih murah. Lebih penting, Bengkulu memiliki tempat-tempat wisata paling indah seperti berikut ini, yang akan membuat liburan Anda tidak terlupakan.

Pantai Panjang

Foto:@corlet

Saat datang ke Bengkulu, jangan pernah melewatkan destinasi yang satu ini. Pasalnya Pantai Panjang merupakan pantai kebanggaan masyarakat Bengkulu. Belum lagi, pantai ini memiliki garis pantai terpanjang hingga 7 kilometer dengan lebar 500 meter. Anda bisa bermain sepedahan, voli hingga duduk-duduk santai di bawah pohon pinus bersama keluarga. Tidak perlu takut kelaparan, ada banyak fasilitas kafe, restoran hingga penginapan.

Baca Juga: Eloknya 81 Tempat Wisata di Jepara Jawa Tengah

Berburu Jejak Raflessia di Bengkulu

Foto:kedaipena.com

Bunga Rafflesia adalah ikon kebanggaan masyarakat Bengkulu. Waktu mekarnya di bulan Agustus-November dengan masa pertumbuhan selama 9 bulan. Karena itu jika Anda datang ke Bengkulu pada bulan-bulan tersebut, pastikan untuk memburu spot mekarnya bunga Rafflesia. Biasanya Rafflesia banyak ditemui di Bengkulu Selatan. Namun bisa jadi berubah sesuai mekarnya seperti daerah Seluma, Kepahyang atau Bengkulu Selatam.

Mendaki Puncak Bukit Kaba

Foto@bengkuluhits

Berburu Rafflesia tidak cukup menantang? Coba mendaki puncak Bukit Kuba, dan rasakan sensasi keseruannya. Bagi mereka yang hobi mendaki, kawasan Bukit Kuba ini memang sering menjadi target pendakian. Dengan lokasinya yang berada di ketinggian 1952 mdpl, Bukit Kaba menyajikan pemandangan yang luar bisa. Dari hutan hujan, kebun buah dan sayur milik warga yang masih alami. Jika pendakian berlanjut sedikit lama lagi, Anda akan bertemu tangga seribu dan melihat kawah aktif di puncak bukit.

Benteng Malborought

foto:@tempatwisata_id

Jejak penjajahan Inggris di Bengkulu memiliki bukti nyata berupa keberadaan Benteng Malborought. Benteng yang dibangun kokoh menghadap kota Bengkulu dan memunggungi Samudera Hindia ini, sampai hari ini masih terawat dan asri. Beberapa barang bekas peninggalan Inggris tersisa di dalamnya. Berada di dalam benteng ini, Anda tidak hanya melihat saksi sejarah namun juga merasakan betapa mengerikan penjara yang dibuat untuk rakyat Bengkulu kala itu.

Kebun teh Kabawetan

Foto:bengkuluekspress.com

Datang ke tempat yang satu ini, pertama kali Anda akan disambut dengan hawa dingin yang menusuk. Namun udara segar yang menyelimuti sekitarnya, mampu merasuk ke dalam paru-paru dan membuat Anda lebih fit kembali. Kebun teh berukuran 10 ribu hektar ini membuat Anda serasa duduk di karpet hijau yang nyaman. Sebelum tiba di lokasi kebun teh, Anda banyak penjual kuliner khas Bengkulu di sepanjang jalan.

Rumah Pengasingan Bung Karno

Jadilah saksi cerita kisah cinta dua sejoli yang tidak terpisahkan hingga maut yang bekerja. Rumah pengasingan Bung Karno semasa ditangkap Belanda zaman penjajahan dulu, sampai kini masih berdiri tegak dan terjaga nilai-nilai budayanya. Menurut cerita, saat Bung Karno diasingkan ke Bengkulu pada tahun 1938 sampai 1942, saat itulah beliau bertemu dengan cinta pertamanya Ibu Fatmawati. Di dalam rumah masih ada foto, arsip, koleksi buku hingga sepeda kayuh yang digunakan Soekarno.

Sungai Suci

Foto:@indah89

Dari namanya, Anda akan mengira jika tempat wisata yang satu ini semacam aliran sungai yang menyuguhkan keindahan alam luar biasa. Padahal Sungai Suci merupakan sebuah pantai yang juga mempesona karena keindahan alam di sekitarnya. Sama seperti pantai lainnya, ombak Sungai Suci sangat memikat. Selain itu Anda dapat berjalan menyeberang jembatan gantung hingga duduk santai sambil berteduh di bawah pohon pinus menikmati sunset atau sunrise.

Pulau Tikus

Via @kura kura Film

Pulau yang satu ini berukuran sangat kecil dengan luas kurang lebih 1,5 hektar. Namun keunikannya, pulau ini justru dikelilingi terumbu karang yang sangat luas. Sehingga perlindungan terhadap Pulau Tikus terhadap gelombang besar sangat luar biasa. Di sini, Anda tidak hanya dapat menikmati pemandangan bawah laut namun juga kilau pasirnya yang indah. Pastikan tidak ketinggalan untuk menyelam dan merasakan dinginnya air di Pulau Tikus.

Danau Mas Harun Bastari

Berada di Kabupaten Rejang Lebong, Danau Mas Harun Bastari ini telah menunggu Anda untuk menunjukkan pesonanya yang luar biasa. Panorama alamnya yang sangat mengesankan, danau yang satu ini selalu menjadi kunjungan wajib para wisatawan yang datang ke Bengkulu. Di sekeliling danau, pemandangan dipenuhi oleh jajaran Bukit Barisan sehingga semakin menambah indah pesona Danau Mas Harun Bastari ini.

Danau Dendam Tak Sudah

Salah satu alasan banyak orang untuk singgah di danau yang satu ini karena namanya yang unik dan membuat penasaran. Sekilas nama danau terlihat seram, namun justru sebaliknya yang ditunjukkan. Pesona alam danau yang satu ini sangat luar biasa karena diprediksi danau terbentuk karena adanya aktivitas gunung berapi. Kawasan danau ini juga menjadi cagar alam. Selain menikmati pesona alamnya yang luar biasa, Anda juga tetap dapat menikmati jagung bakar dan kuliner lainnya yang harus dicoba.

Pusat Pelatihan Gajah Seblat

Datang ke Bengkulu, pastikan untuk tidak melewatkan destinasi yang sangat mengasyikkan ini. Di sebuah Pusat Pelatihan Gajah Seblat ini, Anda tidak hanya akan melihat bagaimana gajah-gajah dilindungi dan dilatih. Namun Anda juga dapat memegang dan bahkan mencoba sensasi naik punggung gajah. Lokasi pusat pelatihan gajah Seblat ini di Bengkulu Utara Kecamatan Putri Hijau. Perjalanan 2-3 jam dari kota Bengkulu harus Anda tempuh untuk ke tempat ini.

Festival Tahunan Tabut

Jika Anda datang liburan saat tanggal 1 sampai deagan 10 Muharram, Anda dapat menikmati adat perayaan Tabut di Bengkulu. Tabut ini sendiri dilakukan masyarakat Bengkulu dalam rangka mengenang kisah heroik cucu Nabi Muhammad SAW, Husenbin Ali bin Abi Thalib semasa peperangan dengan Ubaidillah bin Zaid dan pasukannya. Biasanya perayaan ini dilakukan seorang Syekh Burhanuddin yang didaulat sebagai Imam Senggolo. Syekh Burhanuddin ini sendiri menikahi wanita Bengkul yang kemudian melahirkan generasi-generasi beikutnya. Keturunan keluarga syekh inilah asal mula Tabut.

Pantai Linau

Jika Anda tidak terlalu antusias dengan pesona yang ditawarkan sebuah pantai, jangan sesumbar dulu sebelum datang ke Pantai Linau. Selain menjadi tujuan wisata yang paling favorit wisatawan lokal dan luar, Pantai Linau memiliki keelokan yang tidak tergantikan. Lautnya yang berwarna sangat biru berpadu dengan pasir pantai selembut tepung gula. Pastikan Anda tidak melewatkan indahnya Pantai Linau dengan sensasi pasir selembut tepung ini. Lokasinya berada di lintas jalan raya provinsi, sehingga bibir pantai terlihat dari jalan raya.

Masjid Jami Bengkulu

Kota Bengkulu seperti memiliki ikatan sejarah yang kuat dengan Bung Karno. Selain rumah pengasingannya yang masih terawat, Bengkulu juga memiliki peninggalan yang menjadi kenang-kenangan dari Soekarno. Sebuah masjid jami yangberdiri di Jalan Suprapto ini banyak dikenal sebagai masjid kenang-kenangan Bung Karno. Karena memang desain dari masjid yang satu ini dibuat sendiri oleh Bung Karno. Jangan lupakan wisata religius ini saat datang ke Bengkulu.

Taman Wisata Curug 9

foto:arsyiogie.com

Keindahan alam terakhir yang harus Anda pastikan langsung saat datang ke Bengkulu adalah Taman Wisata Curug 9. Air terjun yang uniknya luar biasa ini, berada di Desa Tanah Hitam, Padang Jaya. Keunikannya karena air terjun ini memiliki hingga sembilan tingkatan. Anda akan dibuat takjub dan terkagum karenanya. Keindahan alam masih sangat alami, bersih dan medan tempuhnya sangat menantang. Anda harus berjalan selama hampir 3 jam demi melihat keunikan 9 Curug ini. Sampai di curug, rasa lelah Anda terbayar dengan keindahan di depan mata.

Demikian informasi deretan tempat wisata di Bengkulu yang bisa kamu datangi jika sedang traveling kesini sob, untuki menambah lengkap kamu berjelajah di Bengkulu bisa mencoba tempat kuliner di Bengkulu sehingga traveling kamu terasa lengkap.

Tags: