Deretan Tempat Wisata di Riau Paling Populer 2018

              1367 Views

Tempat Wisata di Riau – Liburan tidak harus pergi ke luar negeri. Terutama bagi Anda yang tidak ingin menghabiskan biaya sangat mahal, liburan di tempat wisata lokal Indonesia tidak kalah menyenangkan. Semua yang Anda perlukan dapat dicari. Dari pemandangan alam yang indah, budaya yang unik, kuliner yang sangat khas hingga tempat wisata kekinian. Pertimbangkan untuk traveling ke Riau demi mencari semua kombinasi sensasi liburan yang Anda inginkan dari beberapa tempat wisata berikut ini:

Ulu Kasok

Jika Anda tidak sempat datang ke Raja Ampat, singgah dulu di Ulu Kasok. Tempat wisata Ulu Kasok ini berada di daerah Kampar. Di sini Anda akan dibuat takjub dengan pemandangan gugusan pulau di tengah-tengah lautan yang dipenuhi warna hijau menyegarkan mata. Ulu kasok menjadi Raja Ampat Kampar yang biaya masuknya sangat murah hanya 10 ribu rupiah saja. Selain pemandangan alam yang indah, ada beberapa spot di Ulu Kasok yang instagrammable. Cocok untuk liburan bersama teman-teman dan juga keluarga.

Pulau Jemur

Via @elotourt

Jika Anda tidak ingin liburan diisi dengan kegiatan yang biasa saja, datang ke Pulau Jemur di Riau. Pulau Jemur ini tidak hanya memiliki pesona pinggir pantai yang luar biasa indahnya. Namun di sini Anda dapat bermain dengan beberapa ekor penyu hijau yang merupakan habitatnya. Selain pesona alam yang indah dan butiran pasir yang berkilau-kilau, Pulau Jemur juga akan menjadi tempat liburan tidak terlupakan dengan kawanan penyu hijaunya. Ambil foto dengan penyu dan pasang di sosial media untuk mendapatkan reaksi luar biasa.

Ekowisata Mangrove Mengkapan

Foto:riautrust.com

Lepas dari pinggir pantai dan pesona pulau-pulau yang indah di Ulu Kasok, saatnya singgah di tempat ekowisata mangrove. Riau memiliki sebuah destinasi wisata sekaligus konservasi mangrove yang bernama Ekowisata Mangrove Mengkapan. Pemandangan pohon-pohon mangrove akan menemani selama perjalanan menyusuri tempat wisata yang satu ini. Meski lebih didominasi pohon-pohon mangrove, tempat wisata yang satu ini didesain sebagai destinasi kekinian. Sehingga banyak spot modern yang terlihat indah untuk para pasangan.

Pulau Rupat Utara

Pulau yang satu ini berada di Kabupaten Bengkalis. Dengan pemandangan pinggir pantainya yang sangat mempesona, Pulau Rupat Utara wajib Anda kunjungi saat berada di Riau. Kondisi pantai yang masih sangat alami, membuat Pulau Rupat Utara masih terjaga kebersihannya. Kilauan pasirnya yang menawan, membuat siapa saja betah tinggal di pulau ini. Untuk menuju ke Pulau Rupat Utara caranya juga sangat mudah. Dapat melalui akses darat dengan menggunakan kapal roro dan jalur laut menggunakan kapal ferry.

Kota Tua Senapelan

Foto:riautrust.com

Puas menjelajah berbagai keindahan alam di Riau, bukan berarti liburan Anda akan berakhir begitu saja. Masih ada destinasi wisata lain yang sedang menunggu Anda. Salah satunya adalah Kota Tua Senapelan atau Kampung Bandar Senapelan. Kawasan ini layak disebut sebagai kota tua karena menjadi awal mula dari berkembangnya kota Pekanbaru. Anda bisa melakukan banyak hal di sini seperti datang ke makam pendiri Pekanbaru hingga belanja di Pasar Bawah. Selain itu Anda juga dapat datang ke tugu titik nol untuk melihat pemandangan kapal-kapal berlayar.

Komplek Makam Mahrum Pekan

Foto:situsbudaya.id

Masih berada satu komplek dengan Kota tua Senapelan, ada satu tempat wisata yang harus Anda kunjungi. Komplek Makan Mahrum Pekan berada di lokasi yang sama dengan Kota Tua Senapelan. Komplek makan ini berisi makam kuno dari zaman kesultanan. Terdapat makam Sultan Muhammad Ali Jalil Muazzam Syah yang merupakan sultan ke lima. Juga ada makam Mahrum Pekan yang merupakan pendiri kota Pekanbaru.

Masjid Jami atau Masjid Raya Senapelan

Masih belum beranjak dari Kota Tua Senapelan, selain komplek makam ada juga tempat wisata religi lainnya yang wajib Anda kunjungi. Terutama jika Anda adalah seorang muslim. Masjid Jami atau Masjid Raya Senapelan merupakan masjid tua yang pertama kali dibangun tahun 1901. Dari desain bangunannya saja, masjid kebanggan Senapelan ini sangat kuat dengan kesan kuno dan tua. Meski begitu, bangunannya masih berdiri kokoh dan banyak dikunjungi wisatawan.

Kota Tua Selatpanjang

Foto:attaya.net

Jangan lewatkan berkunjung ke Kota Tua Selatpanjang saat bertandang ke Riau. Jika kedatangan Anda tepat saat perayaan imlek, maka Anda dapat menikmati upacara perayaaan yang digelar meriah dan besar-besaran. Pasalnya Kota Tua Selatpanjang ini memiliki satu bangunan tua yang bersejarah yakni vihara Sejahtera Sakti atau dikenal sebagai kelentheng Hoo Ann Kiong. Tidak hanya masyarakat lokal dari Indonesia, namun banyak pula wisatawan luar yang datang untuk melihat kemegahan perayaan imlek.

Kota Tua Karimun

Banyak masyarakat lokal yang menganggap jika potensi wisata paling besar di Pulau Karimun adalah keberadaan pantainya. Padahal Karimun tidak hanya memiliki bibir pantai yang indah, melainkan juga terdapat tujuan wisata kota tua yang terasa dipenuhi sensasi masa lalu. Masih di komplek Kota Tua Karimun, Anda dapat singgah di kampung lokal di Meral juga Pasir Panjang. Selain itu Anda juga dapat melihat kemegahan klentheng Tua Pek Kong, Vidya Sagala dan Sasana Diepa.

Kampung di atas laut, Kota Tua Penagi

Foto:Natunakab.go.id

Tempat wisata di Riau ini sarat dengan keberagaman warganya. Terutama dalam hal keberagaman beragama. Namun justru tempat yang menjadi contoh keberagaman yang terbaik karena setiap warganya selalu menjaga kedamaian. Bahkan tempat-tempat ibadah dibuat saling berdampingan. Kota Tua Penagi ini di bangun di atas laut. Pemandangannya saat sore atau pagi hari akan membuat Anda ingin kembali ke Kota Penagi.

Istana Siak

Via@riaujelajah

Datang ke Riau tanpa melihat jejak budaya melayu tentunya tidak akan lengkap liburan Anda. Kunjungi Istana Siak yang menjadi salah satu bangunan tua sangat besar di Riau. Dulunya istana Siak ini menjadi tempat tinggal dari Kesultanan Siak Sri Indrapura. Saat itu Siak Sri Indrapura menjadi salah satu kerajaan Islam yang sangat diperhitungkan kekuatannya. Kekuatan baharinya sangat luar biasa sehingga diantara kerajaan yang lain, Istana Siak tidak pernah disentuh penjajah Eropa.

Demikian deretan tempat wisata di Riau yang bisa kamu kunjungi saat traveling ke sini, untuk melengkapi traveling kamu di Riau kamu wajib mencoba Tempat Makan di Riau yang bikin tak mau berdiri karena makanan disini lezat dan Nikamt. Selamat berlibur di Riau.

Tags:
author

Author: