Deretan Tempat Wisata di Pariaman Yang Wajib Anda Kunjungi

              186 Views

Tempat wisata di Indonesia tak ada habis-habisnya untuk dieksplor. Masih banyak tempat wisata yang jarang diketahui wisatawan seperti Rekomendasi  tempat wisata di Pariaman Sumatera Barat yang ada di bawah ini.

Pariaman merupakan kotamadya sedangkan kabupatennya adalah Kabupaten Padang Pariaman. Kota Pariaman sendiri letaknya cukup jauh dari kota Padang, ibukota Provinsi Sumatera Barat. Anda harus menempuh jarak lebih dari 50 km melintasi jalan Lintas Barat Sumatera untuk bisa sampai ke kota Pariaman.

Kota ini berada di pesisir barat pulau Sumatera maka tidak heran jika tempat wisata yang ditonjolkan adalah wisata pantai. Berikut ini tempat-tempat wisata di Pariaman baik di kotamadya maupun di kabupaten Padang Pariaman yang sayang sekali jika dilewatkan ketika Anda berada di sana.

  1. Pantai Gandoriah

Jika Anda bertanya tempat wisata Pariaman ke masyarakat lokal pasti Anda akan diarahkan ke pantai ini. Pantai Gandoriah memang tempat wisata andalan masyarakat Pariaman. Pantainya yang bersih, pemandangan yang bagus terutama di kala senja serta akses yang mudah membuat pantai ini tidak pernah sepi pengunjung.

Pantai Gandoriah ini tidak jauh dari pusat kota Pariaman dan menampilkan pemandangan 6 pulau kecil tepat di hadapannya yaitu Pulau Angso Duo, Pulau Kasiak, Pulau Tangah, Pulau Ujung, Pulau Bando, dan Pulau Gosong. Saat senja, Anda bisa meyaksikan matahari terbenam di sela-sela pulau-pulau ini. Menarik sekali.

  1. Pulau Kasiak

Pulau Kasiak merupakan salah satu dari 6 pulau yang tampak dari Pantai Gandoriah. Untuk bisa mencapai pulau ini Anda harus menggunakan motor boat selama kurang lebih 20-30 menit. Di Pulau Kasiak ini Anda bisa menemukan mercu suar dengan tinggi 40 meter serta penangkaran penyu.

  1. Pulau Angso Duo

Seperti halnya Pulau Kasiak, Pulau Angso Duo ini juga salah satu dari 6 pulau yang terlihat dari Pantai Gandoriah. Pulau Angso Duo terkenal akan keindahan alam bawah lautnya sehingga banyak orang yang rela menyeberang dengan motor boat selama 20 menit untuk mencoba snorkeling di pulau berpasir putih ini.

  1. Pantai Cermin

Selain Pantai Gondoriah, wisata pantai yang terkenal di Pariaman lainnya adalah Pantai Cermin. Pantai ini juga tidak jauh dari pusat kota kira-kira 1.5 km saja jaraknya. Pantai Cermin terasa lebih teduh dan asri karena di pantai ini banyak sekali tumbuh pepohonan kelapa serta pinus. Pantai ini mudah sekali diakses baik dengan angkutan umum maupun kendaraan pribadi.

  1. Pantai Kata

Satu lagi rekomendasi tempat wisata di Pariaman dengan tema pantai yaitu Pantai Kata. Pantai ini unik karena berada dalam dua wilayah. Yang pertama pantai ini berada di perbatasan antara Kotamadya Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman dan yang kedua pantai ini masuk ke wilayah dua desa yaitu Desa Karan Aur dan Desa Taluak. Nama pantai ini Kata merupakan gabungan dari nama kedua desa tersebut.

  1. Pantai Belibis

Pantai Belibis masuk ke wilayah Kecamatan Pariaman Utara. Masyarakat lokal memiliki nama lain untuk pantai ini yaitu Muaro Nareh. Pantai Belibis merupakan pantai yang landai dengan ombak yang cukup besar sehingga para wisatawan sangat senang berenang atau sekedar bermain air di pantai ini. Di dekat pantai ini terdapat sebuah telaga yang biasa disebut Talao serta hutan bakau untuk menjaga pantai dari abrasi laut.

  1. Air Terjun Nyarai

Tempat wisata di Pariaman tidak melulu pantai saja tapi juga ada air terjun. Air terjun yang paling terkenal di sana adalah Air Terjun Nyarai yang terletak di dalam Cagar Alam Nasional Bukit Barisan. Cagar alamnya sendiri berjarak kurang lebih 50 menit dengan mobil dari kota Pariaman namun lokasi air terjunnya masih jauh di dalam cagar alam yang harus ditempuh kurang lebih 2 jam berjalan kaki. Air Terjun Nyarai memiliki ketinggian 8 meter. Di sekelilingnya terdapat batu-batu besar alami serta kolam air jernih berwarna kehijauan.

  1. Air Terjun Baburai

Air Terjun Baburai berada di Korong Alahan Tabek, Nagari Sikucur, Kabupaten Padang Pariaman yang berjarak kurang lebih 20 menit berkendara dari kota Pariaman. Jika Anda ingin berkunjung ke sini sebaiknya hindari akhir pekan sebab tempat ini akan ramai sekali dikunjungi orang. Lokasinya yang tidak jauh dari kota serta suasananya yang segar dan alami, wajar saja jika banyak orang mengunjunginya untuk refreshing di akhir pecan.

  1. Air Terjun Batu Basurek

Masih kurang dengan wisata air terjun? Silakan Anda mencoba mengunjungi Air Terjun Batu Basurek yang terletak di Korong Ladang Rimbo, Nagari Sungai Sirah, Kabupaten Padang Pariaman. Tempat wisata air terjun ini sangat cocok sekali bagi Anda yang suka trekking karena jalur menuju air terjun ini masih alami penuh dengan semak belukar. Di sekeliling air terjun ini banyak bebatuan besar dan kecil jadi Anda harus berhati-hati melangkah kalau Anda tidak mengenakan alas kaki.

  1. Puncak Kiambang

Anda ingin tahu bagaimana lingkungan Pariaman jika dilihat dari atas? Datang saja ke Puncak Kiambang yang berada di Kecamatan 2×11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman. Dari puncak ini Anda bisa melihat hamparan pemandangan hijau yang meliputi wilayah Pariaman serta gunung, sungai dan laut yang ada di sana.

  1. Taman Orang Piaman Creative (OPC)

Taman OPC ini berada di Pantai Pauh. Taman ini tergolong tempat wisata baru di Pariaman. Taman ini pada dasarnya adalah sarana para wisatawan untuk berswafoto dengan berbagai macam tema berbeda. Di setiap spot Anda diminta menyumbangkan sebagian uang Anda, tidak banyak hanya 2 ribu Rupiah saja, sebagai dana bantuan membersihkan pantai dan menjaga kelestariannya.

Demikian informasi  tempat wisata di Pariaman, Sumatera Barat. Mana yang ingin Anda kunjungi? pasti kepengin semua ia heee, untuk menambah seru liburan kamu di Pariaman kamu juga bisa mencoba Tempat Kuliner di Pariaman sehingga liburan kamu menjadi sempurna deh.

Tags: