Deretan Tempat Wisata di Padang Panjang Yang Paling Hits

  • Whatsapp

Tempat Wisata di Padang Panjang – Padang Panjang adalah kota kecil yang letaknya di Provinsi Sumatera Barat. Kota ini kurang lebih berjarak 96,7 km dari ibu kota Sumatera Barat. Jika ditempuh kurang lebih perjalanan dua setengah jam. Kota Padang Panjang ini juga pernah menjadi pusat pemerintahan di zaman Belanda dahulu. Keindahan alam, pesona budaya, dan juga kulinernya sangat beragam. Jika anda menempuh perjalanan ke kota tersebut dijamin tentu tidak akan bosan. Terdapat bukit-bukit indah serta pepohonan hijau yang mengelilinginya sehingga membuat para traveler tidak bosan.

Beberapa tempat wisata di Padang Panjang

Muat Lebih

Anda yang berkunjung ke kota indah ini tentu akan bertanya-tanya, ada tempat wisata apa saja di sana? untuk itu, berikut beberapa ulasan terkait tempat wisata di kota tersebut.

Wisata Padang Panjang Air Terjun Lembah Anai

Adapun wisata yang pertama yaitu air terjun lembah anai. Air terjun ini tergolong maskot pariwisata di daerah Sumatera Barat. Untuk menuju ke wisata ini, anda harus menempuh jarang lebih 66,4 Km dengan waktu kurang lebih 2 jam. Air terjun ini tergolong kawasan cagar alam di lembah anai. Lembah anai ini termasuk area hutan lindung, sehingga tak heran jika di daerah tersebut banyak pohon hijau dan juga satwa liar. Airnya sangat jernih kebiruan sangat nyaman. Anda pun bisa mandi di telaga tersebut. Untuk itu, sebelum anda sampai kota Padang Panang, ada baiknya jika mampir dulu di lembah anai ini.

Wisata Minang fantasi

Selain air terjun, rekomendasi wisata lainnya adalah Minang fantasi. Ini juga termasuk wisata yang sangat terkenal di daerah Sumatera. Anda bisa menemukan beragam permainan air di sini yang mana hal ini bisa anda temui di mifan Waterpark. Luas Mifan Waterpark ini kurang lebih 9,8 hektar. Lokasinya juga sangat sejuk karena terletak di pegunungan bukit barisan sehingga masih sangat hijau. Mifan ini masih mengusung konsep tradisional sehingga sangat unik dan berbeda dari yang wisata air lainnya.

Wisata lubuk mata kucing

Wisata lainnya yang dapat anda kunjungi adalah lubuk mata kucing. Ini adalah objek wisata pemandian yang tak kalah populer dari objek wisata yang sudah disebutkan sebelumnya. Mengapa dijuluki lubuk mata kucing? karena airnya bersih dan jernih layaknya mata kucing. Jika anda ingin bermandi ria atau berenang, lubuk mata kucing ini bisa menjadi salah satu alternatifnya selain wisata air mifan.

Wisata air terjun tujuh tingkat

Wisata air terjun tujuh tingkat ini juga menjadi salah satu andalan wisata di Padang Panjang. Pesona air terjun yang sangat luar biasa tidak akan menjadikan anda bosan. Namun, untuk menikmati hal itu, anda harus melalui akses jalan yang sulit. Jalanan alami yang penuh bebatuan akan anda lewati disana. Jika anda ke daerah Padang Pajang ini, sempatkan untuk berkunjung ke air terjun ini.

Wisata Goa Batu Batirai

Anda yang tergolong pecinta alam, wisata ini cocok untuk anda kunjungi. Disebut juga dengan batu batirai karena di dalam goa tersebut terdapat batu yang bentuknya menjulur layaknya tirai. Tidak hanya itu, relief goa juga sangat menarik. Untuk bisa menikmati indahnya goa tentu tidak mudah. Anda harus melewati jalan yang sangat melelahkan terlebih dahulu. Goa Batu Batirai ini berlokasi di Kelurahan Kampung Manggis, Padang Panjang Barat.

Museum Kebudayaan Minangkabau

Wisata selanjutnya di Padang Pajang yang tidak boleh anda lewati adalah museum budaya Minangkabau. Museum ini berlokasi di Kecamatan Silang Bawah, Padang Panjang. Ada beragam koleksi budaya dari Minangkabau di museum tersebut. Hal ini bisa anda nikmati dalam bentuk visual maupun audio. Koleksi gambarnya juga sangat menarik dan bangunannya juga sangat cantik. Jika anda berkunjung ke museum tersebut, ada banyak pengetahuan yang bisa anda dapatkan. Dengan demikian, wisata ini tergolong wisata budaya dan juga edukasi.

Wisata Pantai Padang

Selain yang disebutkan di atas, wisata lainnya adalah Pantai Padang. Pantai ini sedang digencarkan pemulihannya di Padang sehingga bisa menjadi salah satu destinasi wisata anda saat berkunjung ke Sumatera. Untuk bisa ke pantai ini juga cukup mudah. Anda langsung saja menuju ke pusat kota, tepatnya dari arah Bukit tinggi. Jika sudah sampai disana, selanjutnya anda belok ke arah kanan. Di sana anda akan menjumpai hamparan samudra luas yang sangat indah. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang suka berselancar karena ombaknya sangat menantang.

Masjid Asasi Sigando

Selanjutnya yaitu beralih ke tempat beribadah yaitu masjid Asasi Sigando. Ini adalah masjid tertua di Kota Padang Pajang. Arsitektur masjid yaitu tradisional Minangkabau dan termasuk salah satu masjid saksi sejarah Islam. Kondisi masjid saat ini sangat terawat juga bersih, karena selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga dijadikan sebagai kawasan cagar budaya.

Stasiun Kereta Api di Padang Panjang

Selanjutnya, anda juga perlu mengenal stasiun kereta api di padang panjang yang mana stasiun ini sudah dibangun sejak pemerintah kolonial Belanda. Tidak hanya itu, stasiun ini juga tergolong kereta terbesar di Daerah Sumatera Barat. Adanya stasiun ini dapat menghubungkan kota-kota lain di daerah Sumatera Barat. Dewasa ini, kereta api wisata dikembangkan di sini yaitu dengan arah kota Padang Panjang menuju Sawah Lunto dan sebaliknya.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Padang Panjang yang dapat anda kunjungi. Jangan lewatkan tempat-tempat tersebut karena bukan hanya kesenangan dan kepuasan yang anda dapatkan, di sana anda juga akan mendapatkan banyak pelajaran berharga, utamanya yang berkaitan dengan budaya dan sejarah.Untuk menambah kepuasan traveling kamu ke Padang Panjang kamu juga bisa mencoba deretan tempat kuliner di padang panjang sehingga liburan kamu terasa komplit saat berada di Kota Padang Panjang.

Pos terkait

Loading...