Deretan Wisata Goa di Jawa Timur Yang Siap Kamu Explore

              1541 Views

 

Wisata Goa di Jawa Timur –  Ngomongi tentang liburan pasti tidak jauh yang namnya dari Pantai kebanyakan orang apalagi wanita pasti demen yang namnya berbau air namun belakangan juga marak yang namnya katifitas pendakian gunung yang dilakukan sebagian besar kaula muda untuk mengepresikan jati dirinya 😀 , kalo ini Trip Jalan Jalan bukan memberikan informasi tentang pantai ataupun gunung yang marak namun lebih ke nilai sejarah suatu Kota di daerah Indoneesia raya yang mana tepatnya area kawasan Jawa Timur. Kenapa kita bilang sejarah? karena wisata ini adalah sebuah bukti bahwa masa lampau itu memang benar adanya dengan berbagai bumbu cerita yang mana jika tidak ada ia tentu wisata ini tidak ada juga pula, Yeah wisata ini adalah wisata sejara Goa Goa yang ada di Jawa Timur.

Berbicara Goa pasti di Indonesia ini selalu disangkutkand dengan Kabupaten Pacitan, yaps benar karena Kabupaten ini memiliki puluhan Goa dengan berbagai cerita serta sejarah yang panjang di tambah keindahanya yang luar biasa. Trip Jalan Jalan akan bahas beberapa Goa yang ada di Jawa Timur dimana dimulau dari Islam masuk di Indonesia dari sisi Utara ia sob.

 

Dibawah ini adalah daftar tempat wisata Goa yang ada di Kota Tuban Jawa Timur:

  • Obyek Wisata Goa NgeRong Tuban
foto: jelajah-nesia.blogspot.com

foto: jelajah-nesia.blogspot.com

Goa ngerong ini adalah tempat wisata andalan  kota Tuban dimana jika musim liburan tiba goa ini sangat ramai pengunjung karena di dalam goa ini terdapat sungai yang bisa kita nikmati pemandanganya melalui jasa sewa perahu kalian bisa melihat ikan di bawah kita dan bisa melihat ribuan kelelawar yang ada di atas kalian jika kalian menyusuri sungau yang ada di goa ngerong ini.

  • Obyek Wisata Goa Akbar Tuban

goa akbar tuban jawa timur

Goa akbar mempunyai cerita religi dimana goa menurut cerita warga setempat adalah tempat tinggalnya Sunan Kalijaga atau Raden Said, dimana dari sini sunan kalijaga bertobat dengan berguru ke Sunan Bonang.

Goa akbar ini sudah sangat baik dari segi fasilitas karena di dalam jalur ke goa sudah diberikan landasan dan lampur sehingga menambah indah panorama goa akbar. Goa akbar ini terletak di belakang pasar baru Tuban sehingga goa ini hari apapun tetap ramai pengnjung karena lokasi sangat strategis dan dekat dengan pasar.

  • Obyek Wisata Putri Asih Tuban

goa putri asih tuban

Goa putri asih tuban ini berlokasi di nguluhan, montong, Tuban, tepatnya di  km 35 (Nguluhan) , goa ini menawarkan ornamen staglati dan staglamit yang masih aktif, kalian juga akan di ajak untuk menyusuri 9 lorong waktu di dalam goa Putri asih ini. Bagi kalian para pecinta wisata goa sangat cocok datang kesini karena goa ini memberikan pengalaman dan cerita sejarah yang panjang di masanya.

Lokasi Goa Putri Asih Tuban:

Desa Nguluhan, Montong, Tuban, Jawa Timur.

  • Obyek Wisata Goa Suci Tuban
foto:langkahanakdesa.blogspot.com

foto:langkahanakdesa.blogspot.com

Kenapa goa ini dinamakan goa suci, karena goa suci ini sering di jadikan meditasi oleh orang-orang sekitar Tuban waktu zama dulu. Goa suci ini adalah goa buatan pada masa Majapahit. Dari sekilas nampak goa ini jelas sekali berbetuk ukiran seperti di pahat sehingga memberikan panorama yang bagus saat kita membidik goa ini dengan lensa.

  • Obyek Wisata Goa Kancing Tuban

goa kancing tuban

Goa ini sedikit berbeda dengan goa lainya dimana goa ini sebenarnya hanya mempunyai lubang berdiamneter kecil dengan kedalaman 4m saja yang terletak di antara 2 karang yang menjulang tinggi dan menyerupai kancing, makanya warga sekitar menyebut goa ini dengan goa kancing.

Lokasi Goa Kancing Tuban:

Desa Perungguhan Kulon, Bektiharjo, Tuban, Jawa Timur

Ponorogo yang terkenal dengan sebutan “Kota reog” juga mempunyai wisata mistis yaitu Goa, yuk simak Goa apa saja yang ada di Ponorogo yang bisa kita kunjungi untuk belajar mengenai peradaban pada masa dulu, bagaimana cerita dari goa tersebut, apa saja yang ada di dalam goa tersbut, dan bagaimana goa tersebut bisa ditemukan, goa pertama adalah:

  • Goa Lowo
goa lowo ponorogo

foto:tempatwisatakita.com

Lokasi Goa lowo ini berada di Sampung, untuk akses menuju Goa ini kalian harus berjalan kaki dari hutan Sampung berjarak kurang lebih 1km dari jalan raya.Kenapa di namakan Goa Lowo karena di dalamnya terdapat banyak sekali kelelawar yang bersemnyam jadi dinamakan Goa lowo oleh penduduk sekita. Apa yang bisa kalian lakukan di Goa lowo bisa belajar mengenai Goa bagaimana proses bisa terjadi Goa dan apa itu Staglati dan stalagmit biar kita tahu jadi pulang dari sini jadi pintar :D, kalian juga bisa main hammock di Hutan jati Sampung, kalo malem jangan kwatir di pinggi jalan hutan ini banyak warung kopi:D tapi masuk wilayah Kota Magetan ia :D, mau tahu kopinya seperti apa silahkan rasakan ngeheeeeeee.

  • Goa Maria Fatima

goa maria fatimah ponorogoGoa Maria Fatimah berlokasi di Desa Klepu, Sooko, Ponogoro berjarak 30km dari pusat kota. Sejarah mengenai Goa maria di Kota ponorogo berawal dari sumber yang dibuat oleh keluarga bapak Tamiran, tempat ini diangggap tempat angker oleh warga sekitar lambat tahu tempat ini di jadikan tempat ziarah oleh para umat katolik sekitar seperti Goa maria yang ada di jawa tengah yaitu sendangsono. pada tanggal 27 mei 1988 tempat ini diresmikan menjadi Sendang Waluyonungsih.

Berikut kita berikan informasi mengenai Goa yang ada di Kota trenggalek Jawa timur:

  •  Goa Lowo
foto:nusantraveler.com

foto:nusantraveler.com

Berlokasi di Watu Agung, Watu Limo, Trenggalek. akses menuju Goa Lowo berjarak 30km dari pusat kota dan memakan waktu -+ 40menit untuk bisa sampai dilokasi Goa Lowo. Sesuai namanya Goa Lowo ini banyak di huni lowo (kelelawar), goa ini juga merupakan goa terbaik yang ada di Trenggalek.

  •  Goa Ngerit
foto:indnusantara.com

foto:indnusantara.com

Berlokasi di Kapak, desa Senden, Pacitan. Akses menuju Goa Ngerit dari pusat kota kalian bisa arahkan kendaraan kalian ke arah selatan dengan jarak tempuh 20km dari pusat kota Trenggalek memakan waktu -+ 15menit perjalanan dengan asumsi 60km/jam. Goa Ngerit ini belum dikelola oleh PEMDA jadi masih dikelola oleh warga sekitar jika kesini kalian parkier kendaraan di halaman rumah warga.

Goa yang ada di Pacitan, berikut Goa pertama:

  • Obyek Wisata di Pacitan Goa Gong
foto:pacitantourist.net

foto:pacitantourist.net

Goa Gong adalah goa yang paling populer di Pacitan khususnya bahkan di Indonesia karena mempunya Staglati dan Staglatit yang masih hidup. Goa Gong juga sudah di tata rapi didalamnya juga tersedia lampu yang berwarna-warni yang memberi kesan dramatis saat kita masuk dalam mulut Goa. Goa Gong berlokasi di Punung, desa Bomo, pacitan. Kedalaman Goa Gong -+ 700-800M dengan 7 ruang besar didalamnya setiap ruang mempunyai nilai artitistik yang berbeda jadi kalo kesini harus kalian jajal semua ke 7 ruang tersebut biar tahu bagaimana perbedaan setiap ruangnya.

Tiket Masuk Goa Gong Pacitan:

Rp.10000 untuk weekday

Rp.12000 untuk weekend

  • Obyek Wisata di Pacitan Goa Tabuhan
foto:pacitantourist.net

foto:pacitantourist.net

Berlokasi di di punung masih satu lokasi dengan Goa Gong, keunikan Goa Tabuhan adalah jika kalian memuluk Goa ini di titik-titik tertentu akan mengeluarkan suara. Di Goa Tabuhan warga sekitar juga memberikan hiburan bagi para pengnujung dengan musik dari Goa tabuhan itu sendiri yang mempunyai suara yang berbeda di beberapa titik. Panjang Goa ini -+ 100m dengan dihiasi staglatit dan stalagmit yang menawan akan tetapi masih menawan Goa Gong:D.

  • Obyek Wisata di Pacitan Goa Song Terus
foto:infojalanjalan.com

foto:infojalanjalan.com

Berlokasi di Mndolo Lor masih satu kawasan dengan Goa Gong dan goa Tabuhan karena berada di daerah Punung, yang unik disini adalah ditemukan masunia purba dari zaman dulu diperikan masunia purba ini berumur ratusan tahun, karena kerangka manusia purba ini diperkirakan berumumur 10.000 tahun yang lampau.

  • Obyek Wisata di Pacitan Goa Song Keplek

goa song keplek

Goa ini tidak jauh dengan Goa Song yang pertama, disini akan ditemukan artefak, serta alat-alat zaman purba dahulu yang ditemukan di dalam Go Song Keplek.

  • Obyek Wisata di Pacitan Goa Luweng jaran
goa luweng jaran pacitan

foto:pecintanisti.com

Berlokasi di Desa Jlumbang 20km dari pusat kota Pacitan, ingin tahu perut bumi? test keberanian kalian menysuri Goa Luweng Jaran ini karena Panjang Goa Luweng jaran sangat panjang diperikaran mencapai 40km karena saling terhunung Goa satu dengan Goa lainnya

Demikian informasi goa goa yang ada di Jawa Timur namun hanya di beberapa Kabupaten saja, kamu bisa explore tempat wisata di Tuban, Tempat Wisata di Ponorogo , Tempat wisata di Trenggalek dan Tempat wisata di Pacitan lainya jika dirasa wista Goa kurang pas buat kamu.

Tags:
author

Author: