Daftar Gunung yang Ada di Jawa Timur Yang Perlu Kamu Ketahui

  • Whatsapp
exploreindonesia.blogspot.com

Jawa Timur adalah sebuah daerah yang terletak di ujung berung 😀 ujung timur pulau jawa dimana Surabaya sebagai pusat Administrasi Jawa Timur, secara administratif Jawa Timur terdiri atas 29 kabupaten dan 9 kota dimana paling timur adalah Banyuwangi paling barat Magetan. Trip Jalan Jalan akan mengupas gunung di jawa timur di mulai dari sisi barat ia.

Pernah mendengar Magetan? bagi kalangan Pendaki kata “Magetan” pasti tidak asing karena Magetan merupakan salah satu yang mempunyai Gunung yang wahib di daki oleh para Pendaki yaitu Gunung Lawu, dimana jika pendaki melakukan Pendakian akan melewati pintu masuk Cemoro Sewu yang merupakan kawasan/daerah yang masuk dalam Administrasi Kota Magetan. Kota Megetan secara Gepgrafi magetan terletak di antara 7 80′ 30″ lintang selatan dan 111 20′ 30″ bujur timur dimana sebelah utara berbatasan dengan Ngawi, sisi selatan dengan Ponorogo, sisi barat dengan Karanganyar, dan sisi timur dengan Madiun.

Bacaan Lainnya

Gunung di Magetan

  • Gunung Blego

gunung blego magetan

Gunung Blego terletak di Kec.Parang yang berada di sisi utara Kota Magetan dan berbatsan dengan Ponorogo dan Wonogiri, seperti gambar di atas wujud dari Gunung Blego di Kota Magetan. Bagaiamana akses untuk menuju gunung Blego dari Kota Magetan? kalian bisa naik angkot dari terminal Magetan ke terminal Parang, dari Parang kalian bisa melanjutkan dengan ojek ke Gunung Blego karena saat ini Gunung Blego telah dibuka Tracking menggunakan Motor ke Kawah atas dan bisa menikmati sisi alam Kota Magetan dari atas Gunung Blego.

  • Gunung Bungkuk
foto:parangmos.blogspot.com
foto:parangmos.blogspot.com

Jika Gunung Blego berada di Parang Gunung Bungkuk ini juga masih di tempat yang sama dan saling berdekatan untuk akses kurang lebih sama cuma beda di parang, jika sudah sampai parang kalian bisa lanjut ke desa Bungkuk lebih dekat jaraknya dari parang dari pada ke Blego dan Gunung Bungkuk juga tidak terlalu tinggi.

  • Gunung Kukusan

gunung kukusan poncol magetan

Gunung Kukusan yang terletak di Poncol desa geni langit dan jarak dari Kota Magetan lumayan jauh kalian bisa kesana dengan menggunakan motor dan mobil bak, akses dari Kota magetan -Parang-Ngaglik-Poncol-geni langit atau Magetan-Plaosan-Poncol-Geni Langit. Jika sobat trip dari 2 gunung yang sudah di ulas tadi mending kalian pilih altenatif pertama karena jarang tidak terlalu jauh hanya melanjutkan dari parang ke poncol dan ke Geni Langit.Apa saja wisata yang ada di Gunung Kukusan ini? sangat menarik intinya kalian akan disuguhkan bukit2 indah nan elok serta udara sejuk dan air terjun dibeberapa yang akan kalian lewati dalam perjalanan kalian menuju Gunung Kukusan ini.

  • Gunung Bancak
foto:sundoel.blogspot.com
foto:sundoel.blogspot.com

Setelah mengexplore sisi Utara, Barat kita lari ke sisi agak tengah dan masuk Desa parang lagi yaitu Gunung bancak, gunung bancak sangat populer dengan buah juwet, jika Bulan puasa biasanya juwet muali masak dan warga sekitar memanfaatkan untuk hidangan berbuga akan tetapi akses untuk mencapai lokas pohon juwet ini di atas Gunung Bancak.

  • Gunung Lawu

gunung lawu magetan

Ini puncak dari pariwisata Kota Magetan, jika kalian mendaki Gunung Lawu via Cemoro Sewu berarti kalian ikut berkontribusi memajukan Kota Magetan karena jika mendaki via Cemoro Sewu berarti tiket masuk secara otomatis masuk Pemda Magetan. Gunung Lawu mempunyai Tiga Puncak yaitu Hargo Dalem, Dumiling, dan Hargo Dumilah. Gunung lawu ramai saat malam 1 Asura.

Dari 5 Gunung yang ada di Magetan gunung mana yang menjadi incaran sobat trip? ingin mendaki kelima gunung yang ada di Magetan, silahkan datang ke Magetan dan mulai eksplore indahnya kota Magetan.

Transportasi:

Jika menggunakan armada Bus magetan sudah tersedia ke berbagai daerah yang ada di Jawa khususnya, berpusat di Terminal Maospati kalian bsa turun disini atau di terminal magetan, jika menggunakan kereta kalian bisa turun di st.barat Maospati (kelas ekonomi). Untuk mencapai tempat (gunung) kalian bisa naik angkot ke daerah yang terdapat Gunung semua daerah sudah tersedia Angkot untuk menuju lokasi tujuan kalian (gunung).

 

GUNUNG PONOROGO 

  • Gunung Bedes

Gunung Bedes PonorogoGunung Bedes Ponorogo yang Bumming di media sosial khususnya Instgram dan sekarang sudah banyak yang tahu keberadaan Gunung Bedes ini. Gunung bedes terletak di Dusun Buyut, Ngadirejo, Daerah Soko. Untuk akses kalian bisa baca disini ia sobat trip sudah pernah kita publish Gunung Bedes Ponorogo ini:

Baca disini: Gunung Bedes Ponorogo

  • Gunung Gajah

Gunung Gajah Ponorogo

Gunung Gajah berlokasi Dusun Gajah Kec.Sambit, untuk akses dari kota Ponorogo 1 Jam perjalanan kurang lebih waktu yang dibutuhkan untuk bisa sampai ke Gunung gajah dengan track alun-alun Kota Ponorogo menuju arah Trenggalek Daerah Sambit. Apa yang bisa kalian lakukan di Gunung gajah ini? kalian bisa menikmati pemadangan alam yang menyejukan mata karena jauh dari Kota, kalian juga bisa Camcer di puncak Gunung Gajah sambil menunggu moment krusial dari wisata alam yaitu sunset dan sunrise sebuah Puncak Gunung.

  • Gunung Pringgitan
Puncak Pringgitan
                  Foto: namputovanja.com

Kota Ponorgo menyimpan begtiu banyak Gunung yang mengelilinginya salah satunya yaitu Gunung pringgitan yang berlokasi di desa caluk Kec. Slahung Ponorogo. Akses menuju Gunung pringgitan dari Kota Ponorogo bisa mengambil arah Pacitan jika sudah ketemu Slahung tepatnya pasar Slahung kalian bisa melihat Gunung Pringgitan ini baru kalian bisa bertanya kepada warga sekitar bagaimana akses menuju Gunung Pringgitan.

  • Gunung Bayangkaki
Gunung Bayangkaki ponorogo
        Foto:Bumireogzamzam.blogspot.com

Gunung Bayangkaki berlokasi di desa temon, Kec.Sawo Ponorogo, Gunung ini terkenal dengan cerita legenda Eyang kalipo Kusumo yang bersemdi di Gunung Bayangkaki. Gunung Bayangkaki mempunyai 4 Puncak, puncak pertama dinamakan Puncak Ijo, puncak kedua dinamakan Puncak tuo, untuk yang ketiga dinamakan Puncak Tumpak, dan puncak terkahir dinamamkan puncak Gentong. jadi buat kalian yang berkunjung mendaki Gunung Bayangkaki kalian bisa mendapatkan 4 Puncak sekaligus.

Ngiler setelah baca rangkuman tentang “4 Gunung di Kota Reog” segera agendakan untuk berkunjung ke Ponorogo bersama teman atau pasangan kalian, mendaki adalah olahraga membersihkan diri 😀 karena kita menghirup udara alami, jadi organ kita lebih berseri-seri, benar gak sih? sudah kok jadi ngelatur begini. Semoga info yang kami berikan bermanfaat buat kalian para Pendaki khususnya, jangan lupa siapkan fisik, safety gear, dana serta do’a agar dalam pendakian kalian berlancar sempurna sesuai harapan, berangkat aman pulang nyaman.

Gunung di Tulungagung

  • Gunung Budhek

gunung budhek tulungagung jawa timur

Tulungagung mempunyai negeri di atas awan juga loh yaitu “Gunung Budhek” untuk mencapai gunung budhek kalian arahkan kendaraan kalian ke boyolangu selatan kota Tulungagung berjarak sekitar -+ 10km. Gunung budhek mempunyai dua jalur pendakian dimana via utara dan selatan. Biayam registrasi gunung budhek via selatan sebesar Rp.5.000.

Untuk para pendaki kalian harus mencoba gunung yang ada di tulungagung yaitu gunung budhek yang mempunyai ketinggai -+623mdpl berlokasi di Boyolangu satu kawasan dengan candi boyolangu. Sejarah gunung budhek dari mitos warga sekitar ada seorang laki-laki yang bernama Joko Budhek yang jatuh cinta kepada seorang wanita yang bernama rorokembang sore dimana wanita ini keturunan dari kalangan tajir masa itu dan joko budhek suka kepadnya, niat seorang lelaki untuk mendapatkan cinta gadis pujaan terus meraung di benak joko budhek. Joko budhek terus berusaha untuk mendapatkan cinta gadis pujaan yaitu rorokembang sore, dan kahirnya hati rorokembang sore luluh oleh kegigihan usaha yang di lakukan oleh joko budhek . Pada suatu hari rorokembang sore memberikan persyaratan kepada joko budhek jika ingin meminang, rorokemnang sore menyruh joko.

Gunung di Kediri

  • Gunung Kelud
Foto:hargatiketwisata.blogspot.com

Berbicara dengan Kota Kediri pasti tidak jauh yang namanya Gunung Kelud karena Gunung Kelud yang masih aktif sering meletupkan abu vulkanik, jika kalian tinggal di Jawa timur khususnya pasti pernah merasakan hujan abu disebabkan karena gunung kelud berkatifitas aktif , dimana gunung kelud meletus terakhir pada tahun 2014 tepatnya bulan februari.

Gunung Kelud merupakan tempat favorit bagi warga penduduk Kediri khsusunya akan tetapi tidak mendampik bahwasanya gunung kelud banyak di incar oleh para wisatawan dari luar Kediri. Wisatawan yang datang ke Gunung Kelud tidak semua Pendaki sobat trip banyak dari kaula muda, bahkan lansia datang untuk menikmati indahna panrorama Gunung Kelud ini, karena akses menuju lokasi wisata ini sangat mudah bahkan di kawasan Gunung kelud sendiri sudah tersedia anak tangga yang siap mengarahkan kalian ke lokasi atau spot Gunung Kelud.

Gunung di Lumajang

  • Indahnya Puncak Mahameru Gunung Tertinggi di Jawa

Gunung semeru

Semeru merupakan gunung tertinggi di jawa dan masuk 7 summit series oleh kalangan pendaki, oleh karena itu gunung semeru sangat ramai di daki oleh para pendaki jika musim liburan telah tiba. Semeru yang masuk kawasan taman nasional bromo tengger semeru berada di 4 kota administrasi meliputi Malang, Probolinggo, Pasuruan, dan Lumajang sendiri tapi kebanyak pendaki jika mendaki ke gunung semeru via Malang (tumpang).

  • Indahnya Miniatur Gunung Semeru Yaitu Gunung Lemongan
exploreindonesia.blogspot.com
exploreindonesia.blogspot.com

Bagi kalian para pendaki pasti tidak asing dengan gunung lamongan yang ada di lumajang tepatnya daerah klakah, gunung lamongan yang mempunyai panorama nan indah dengan view mempesona dimana kalian bisa melihat 3 danau sekaligus jika berada di puncak gunung lamongan, danau 3 itu ialah danau klakah, pakis, dan bedali.

Gunung lamongan mempunyai ketinggian 1651mdpl cocok buat kalian para pendaki pemula ingin menikmati indahnya alam Indonesia dengan mendaki gunung lamongan yang tidak terlalu tinggi beda dengan semeru yang butuh fisik penuh serta waktu yang cukup lama, jika ingin menimati semeru versi kecilnya bisa daki gunung lamongan.

  • Negeri Atas Awan Puncak B29 Lumajang

puncak b29 lumajang jawa timur

Kalian pemburu sunrise tidak tahu puncak b29? Yah kurang apalah-apalah jika belum tahu dan datang kesini menikmati indahnya terik matahari pagi di temenin secangkir kopi, puncak b29 sendiri adalah puncak  yang diburu bagi para penghobi sunrise karena menyuguhkan view sempurna di kala pagi menyapa puncak b29.

Lokasi puncak b29 sendiri berada di desa Argosari, Lumajang biasanya anak touring juga suka kesini habis dari Bromo karena tidak begitu lama untuk bisa sampai di puncak b29 masih dalam satu kawasan taman nasional bromo tengger semeru.Nama dari b29 sendiri diambil dari ketinggian puncak yaitu 2900mdpl jadi lebih enaknya masyarakat sekitar menamakan b29 negeri di atas awan.

  • Gunung Penangungan Tempatnya Raja Majapahit
pelana-surabya.blogspot.com
pelana-surabya.blogspot.com

Gunung penangungan adalah bukti adanya kerajaan besar yaitu Majapahit dimana di gunung ini terdapat petilan banyak pakai banget jika kalian mendaki gunung penangungan ini, gunung ini berlokasi di Mojokerto biasanya para pendaki lewat Mojokerto akan tetapi gunung ini juga masuk kawasan administrasi Pasuruan.

  • Gunung Ijen Yang Menawarkan Blue Fire Terindah di Dunia

gunung ijen banyuwangi

Untuk menuju Kawah Ijen bisa ditempuh melalui 2 jalur yaitu, barat dan timur. Para pendaki lebih banyak memilih jalur barat,  Dengan rute sebagai berikut:

Surabaya – Bondowo
Bondowoso – Sempol
Sempol – Banyupait
Banyupait – Paltuding
Paltuding – Kawah Ijen 3 Km dengan jalan kaki
Sedangkan untuk jalur timur, memiliki rute sebagai berikut:

Denpasar – Banyuwangi
Banyuwangi – Jambu
Jambu – Kawah Ijen

Kenapa kawah ijen atau gunung ijen ini ramai? karena adanya blue fire kebanyakan orang datang ke ijen ia mencari hal ini dan yang membuat kita bangga fenomena blue fire hanya 2 di dunia satunya di ijen dan satunya di Alaska, yahut kan pasti makin kepingin kesana 😀 .

  • Gunung Raung Yang Membuat Jantung Dak Dik Der
asliindonesia.net
asliindonesia.net

Minat ke gunung satu ini? belajar panjat tebing serta clambing dan olahraga teratur ia heee, karena gunung raung butuh fisik dan skil untuk bisa menggapai puncaknya yaitu puncak sejati. Lokasi gunung raung di Bondowoso jangan sampai keliru Bondowoso bukan Wonosobo 😀 , gunung raung mempunyai ketinggian 3.332mdpl.

  • Gunung Argopuro
jalanpendaki.com
jalanpendaki.com

Jika gunung raung extream lain hal dengan gunung satu ini, gunung argopura punya track yang sangat memajakan kaki loh coba deh coba mendaki gunung Argopuro pasti ketagihan heee. Gunung Argopuro mempunyai ketinggian 3.088mdpl masih tinggi raung ia ternyata akan tetapi kalian harus mempersiapkan waktui extra untuk mendaki gunung yang terkenal dengan track terpanjang di jawa ini Semeru lewat. Gunung Argopuro terkenal dengan legenda Dewi Rengganisnya dan Danau Taman Hidup seperti di atas danaunya ia , jadi tambah kepingin baca ia ..sama wuhaaaa.

  • Gunung Arjuno

gunung arjuno

Gunung Arjuno seperti wewayangan ia sobat trip apakah ada kaitan dengan sejarah pewayangan? coba kamu tanya sana nanti cerita ke kita 😀 , gunung arjuno masuk kawasan malang dengan tinggi 3.339mdpl wah tinggi juga ternyata pasti capek mendaki gunung ini heee kalo tidak mau capek mending kita tidur saja ia (bercanda).

Ingin mendaki gunung Arjuno? berikut pos pendakian gunung Arjuno:

  • Via Kebun teh Wonosari
  • Via Batu
  • Via Tretes
  • Via Purwosari

Demikian informasi tentang gunung-gunung di jawa timur semoga memberikan manfaat buat pembaca trip jalan jalan, jangan lupa di share ia jika info yang kita berikan bermanfaat, ngarep :p.

Pos terkait

Loading...