Alun Alun Magetan, Sejarah Misteri Semua Ada di Sini Wong Magetan Wajib Baca!

Baca Juga: 5 Gunung di Magetan Yang Wajib Kamu Daki

Karena mereka berdua adalah orang asing di wilayah timur dan pengasingan mereka ke wilayah Magetan serta bertemu dengan Ki Buyut Suro, mereka meminta tempat tinggal , Ki Buyut Suro langsung bicara kepada mereka agar menemui Ki Ageng Mageti, tanpa bosa basi mereka langsung menemui Ki Ageng Mageti di kediamaanya di Dukuh Gandong Kidul yang sekarang Alun-Alun Magetan.

Bacaan Lainnya

Dari pembicaraan mereka Ki Ageng Mageti memberikan sebidang tanah di area Tambran kalo sekarang tepatnya ia Pasar Baru Magetan. Pertemuan mereka ini sangat krusial karena Bayah Sunyaningrat dan Basah Gondokusumo dalam hal ini orang baru dan meminta tanah di area Magetan, Ki Ageng Mageti memberikan pertanyaan banyak dari hal ini Ki Ageng Mageti sadar bahwsanya Basah Suryaningrat adalah sesepuh Mataram makanya diberikan sebidang tanah di area Tambran.

Baca Juga: Deretan Air Terjun di Magetan Yang Membuat Kamu Jatuh Cinta

Awal dan muasal Kota Magetan dari sini, Basah Suryaningrat dan cucunya Basah Gondokusumo mendpatkan tanah dari Ki Ageng Mageti mengetahui bahwa mereka adalah kerabata keraton dan akhirnya Ki Ageng Mageti memberikan seluruh tanah yang ada di Magetan untuk menghormati serta kesetiaannya terhadap Mataram. Dengan menerima tanah dari Ki Ageng Mageti sesepuh Mataram yaitu Basah Suryaningrat langsung mewisuda cucunya Basah Gondokusumo menjadi penguasa Magetan yang baru dengan gelar Yosonegoro dan kemudian dikenal dengan Bupati Yosonegoro, pertitiwa awal mula pemerintahan Magetan ini terjadi pada tahun 12 Oktober 1675. Karena Suryaningrat mendapatkan persembahan tanah yang sangat luas dari Ki Ageng Mageti oleh karena itu wilayah ini diberikan nama ”MAGETAN”.

Baca Juga: Tempat Wisata di Genilangit Poncol Magetan

Demikian ulasan tentang alun alun Magetan serta sepercik kisah asal muasal Kota Magetan tercinta, bagi warga Magetan  kita harus selalu menjaga sebuah ruang publik yaitu taman karena kalo bukan kita siapa lagi dan sejarah seperti yang di ceritakan diatas kita juga harus tahu agar bisa memotivasi diri dan mengenang para Pejuang, Ulama, yang telah berjuang demi kemajuan Magetan. Seng kangen Magetan komen ngeh 😀

Pos terkait