Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Goa Tabuhan Pacitan

              73 Views

Goa Tabuhan—Selamat pagi Sobat Travellers. Sebentar lagi liburan tiba. Kira-kira mau ngapain nih liburan? Tentunya selain silaturahmi dengan sanak saudara di rumah,  menjelajah tempat wisata yang ada di Indonesia akan jadi ide menarik sepertinya. Bagi Kamu yang saat berada di sekitaran area Pacitan (atau yang jauh juga nggak papa, hehe) boleh nih merencanakan perjalanan wisata ke Pacitan.

Baca Juga: Deretan Kolam renang di Pacitan Beserta Tiket Masuknya

Kenapa harus ke Pacitan? Karena disini ada tempat wisata yang ikonik, yang hanya satu-satunya ada, yaitu Goa Tabuhan. Goa Tabuhan terdiri dari dua kata yaitu Goa dan Tabuhan. Istilah goa tentu Kamu sudah bisa bayangkan ya, ada terowongan, ada stalagtit-stalagmit yang indah di dalamnya. Terus dimana menariknya? Menariknya salah satunya ada pada kata Tabuhan-nya, Sob. Dalam bahasa Jawa Tabuhan berarti memukul semacam kendang sehingga menghasilkan bunyi-bunyian yang enak didengar. Namun, di Goa Tabuhan ini, bunyi-bunyian itu alami, saat kamu memukulnya akan muncul bunyi seperti gamelan, sedikit berbau mistis, tapi seru. Cek yuk serba-serbi Goa Tabuhan berikut ini.

Baca Juga: Indahnya Pantai di Malang Jawa Timur

Foto:@inukuye

Foto: @vitahariini

Foto: @odilia_moon

Pesona Goa Tabuhan

Goa Tabuhan terkenal karena adanya bebatuan di dalamnya yang saat di tabuh akan memunculkan bunyi bak gamelan. Para pengunjung yang penasaran biasanya mencoba memukul bebatuan tersebut dan mendengar bunyi yang sama persis dengan bunyi gamelan.

Terdapat stalagtit dan stalagmite yang super cantik di bagian pintu masuk goa. Bentuknya sangat cantik dan menjadi salah satu goa yang bersejarah di Indonesia yang digunakan oleh Pangeran Diponegoro untuk bertapa.

Beberapa wahana yang tersedia di tempat wisata ini adalah:

  • Sendang Bidadari yang dipercaya sebagai tempat para bidadari jaman dulu mandi.
  • Ruang Marmer yang memiliki bebatuan kristal yang terbuat dari kombinasi batu kapur dan dolomite. Adapun jenis marmer yang murni terbuat dari mineral kalsit.
  • Ruang kristal yang indah yang tersusun dari stalagtit dan stalagmite. Bentuknya hampir menyerupai kristal yang nyatanya merupakan kombinasi molekul dan atom yang tersusun rapi dengan pola khusus.
  • Ruang bekas konser yang digunakan untuk rehat oleh para pengunjung, dan pagelaran seni khas daerah setempat.

Lokasi dan Jam Operasional

Goa Tabuhan terletak di desa Wareng, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Para pengunjung bisa leluasa datang kemari kapanpun karena goa ini terbuka 24 jam. Harga tiketnya pun sangat terjangkau, yaitu mulai dari 3000 rupiah untuk anak-anak pada hari senin hingga jumat, sedangkan untuk weekend  dibandrol dengan harga 5000 rupiah. Untuk dewasa hari aktif seharga 5000 rupiah sedangkan untuk weekend seharga 7000 rupiah. Khusus bagi wisatawan yang ingin menyaksikan pagelaran seni, tiket di jual seharga 150.000 rupiah.

Rute Menuju Goa Tabuhan

Rute menuju Goa Tabuhan cukup praktis. Bagi Kamu yang datang dari daerah Jawa Tengah, cara bus jurusan Pacitan dan berhenti di pertigaan Mbliruk. Dan, bagi Kamu yang datang dari arah Surabaya, naik bus jurusan Pacitan dan berhenti di terminal Pacitan. Cari bus dengan jurusan Pacitan Solo dan berhenti di pertigaan yang sama, yaitu Mbliruk. Sampai di pertigaan, cari ojek dengan jurusan Goa Tabuhan yang jaraknya lebih kurang 2 kilo dengan harga 15ribu. Tidak lebih dari 10 menit, Kamu sampai di lokasi Goa Tabuhan.

Penginapan di Sekitar Goa Tabuhan

Ada cukup banyak tempat penginapan di dekat Goa Tabuhan, diantaranya adalah La Calypso Guest House, Hotel Minang Permai 3, Harry’s Ocean House, Homestay Nova, Harry’s Ocean House Watukarung, dan sebagainya. Jadikan Goa Tabuhan sebagai destinasi wisata Kamu dengan wahana yang super lengkap dan nyaman.

Tags:
author

Author: