Serunya Makan Rujak di Festival Rujak Uleg Surabaya

  • Whatsapp

Jawa Timur adalah salah satu provinsi yang memiliki potensi wisata besar di Indonesia. Berseberangan dengan Bali, Jawa Timur juga punya tempat-tempat wisata yang seindah Pulau Dewata. Gelaran festival dan aneka event wisata pun rutin diadakan di berbagai kota di provinsi ini.

Salah satu acara yang ditunggu di Jawa Timur adalah Festival Rujak Uleg yang diselenggarakan di Surabaya. Tahun ini, adalah gelaran ke-11 dari festival rutin ini. Dan setiap tahun, festival ini selalu ramai oleh pengunjung baik dari dalam dan luar kota. Sebagian pengunjung dari kota-kota terdekat bahkan sudah cari info kereta Malang Surabaya di Traveloka sejak jauh hari agar tak kehabisan tiket untuk menyaksikan secara langsung festival ini.

Bacaan Lainnya

Apa Itu Festival Rujak Uleg

foto:jatim.sindonews.com

Acara ini adalah rangkaian dari perayaan ulang tahun Kota Surabaya yang jatuh pada bulan Mei. Sejak beberapa bulan sebelumnya, aneka festival sudah digelar untuk menyambut ulang tahun Kota Pahlawan ini, termasuk di antaranya Festival Rujak Uleg.

Digelar sejak tahun 2007, Festival Rujak Uleg hanya absen satu kali pada tahun 2018 silam karena kasus pengeboman Gereja di Surabaya. Tahun ini, Pemkot Surabaya kembali menggelar festival ini pada 17 Maret.

Setiap tahun, acara ini digelar di Jalan Kembang Jepun, Surabaya. Lokasinya tidak pernah pindah, dan kawasan ini sudah ditetapkan sebagai tempat diselenggarakannya Festival Rujak Uleg setiap tahun.

Ini yang Bikin Festival Rujak Uleg Spesial

foto:surabayapagi.com/ARLANA

Tahun ini, ada 1692 peserta yang menguleg rujak petis dan memecahkan rekor MURI. Semua peserta memakai kostum yang menarik dan berbeda dari lainnya, yang pasti membuat suasana lebih meriah.

Selain itu, ada satu lagi rekor MURI yang diraih dari cobek raksasa berukuran 2,5 meter. Cobek ini digunakan sebagai tempat menguleg rujak, tentu saja hasilnya akan luar biasa banyak.

Festival menarik lainnya

Bila belum sempat merasakan serunya ikutan menguleg rujak di Surabaya, bisa ikutan acara yang sama tahun depan. Tapi kamu perlu tahu, masih ada banyak festival lain yang mungkin bisa kamu nikmati saat berkunjung ke Surabaya dalam waktu dekat, diantaranya:

  • Surabaya Vaganza: Parade Budaya dan Bunga, acaranya berupa parade dengan mobil hias yang akan berlangsung pada tanggal 24 Maret
  • Surabaya Fashion Parade yang akan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 24 – 28 April
  • Yang paling ditunggu-tunggu nih, Surabaya Shopping Festival yang acaranya sebulan penuh di bulan Mei 2019.
  • Pasar Malem Tjap Toendjoengan, selayaknya pasar malam dengan banyak kegiatan dan waktu terbaik mencicipi beragam kuliner. Pasar malam ini diagendakan pada tanggal 1-31 Mei 2019

Cara Mudah ke Surabaya

foto:@BanggaSurabaya

Banyak cara untuk menuju Surabaya, baik dengan pesawat maupun menggunakan kereta api dan kendaraan lainnya. Dengan bandara Juanda yang melayani ratusan penerbangan setiap hari, jadwal pesawat ke Surabaya mudah ditemukan kapan saja.

Kamu juga bisa menumpang kereta api ke Surabaya, dan turun di Stasiun Gubeng atau Pasar Turi. Dari sini, lanjutkan perjalanan ke tempat-tempat wisata menarik dan lokasi festival yang ingin kamu datangi.

Lanjut Liburan ke Malang Yuk!

Bila memutuskan untuk berlibur ke Surabaya, rencanakan untuk lanjut liburan ke Malang. Agar perjalanan lebih mudah, cari info kereta Malang Surabaya dulu di Traveloka. Karena setiap harinya, tiket kereta lokal ini selalu ramai dicari penumpang.

Bila Surabaya punya rujak yang segar, buah segar di Malang tentu menyenangkan untuk kamu nikmati. Petik apel dan strawberry langsung dari kebunnya atau menikmati segarnya buah jambu dan jeruk yang dipetik sendiri. Hmm, segar.

Liburan ke Jawa Timur pasti akan selalu bikin perut kenyang dan puas makan aneka kuliner yang ditawarkan. Tetapi juga jadi sebuah pengalaman dan pengetahuan baru, tentang betapa kaya kuliner di Indonesia.

Selain rujak uleg, kamu juga wajib mencicipi makanan khas Surabaya lainnya. Seperti Lontong Balap, Lontong Mie, Pecel Semanggi, Rawon, dan banyak makanan lezat lainnya yang hanya ada di kota ini.

Perut kenyang, pengalaman baru pun didapatkan. Yuk, datang ke festival wisata di Surabaya.

Pos terkait

Loading...