Nikmati Wisata Sejarah ke Kawedanan Lorok Pacitan

  • Whatsapp
Foto: @sofiann

Di Pacitan, tepatnya di daerah Dembo, Ngadirojo, Pacitan, Jawa Timur, ada sebuah tempat bersejarah yang menyimpan beberapa fasilitas bergaya bangunan Belanda. Tempat wisata bernama Kawedanan Lorok ini merupakan cagar budaya yang saat ini banyak digunakan untuk pembelajaran sejarah anak sekolah. Namun demikian, jika Anda ingin menghabiskan waktu bersama keluarga untuk menikmati bangunan ini, tidak ada salahnya menyimak informasi berikut.

Baca Juga: Akses dan Harga Tiket Masuk Goa Gong Pacitan Terbaru

Bacaan Lainnya

Foto: @sofiann

Latar belakang bangunan

Bangunan yang satu ini pada era penjajahan Belanda berfungsi sebagai tempat untuk menjalankan pemerintahan. Setelah direnovasi, di dalam bangunan ini terdapat kolam renang, rumpin, lapangan tenis, dan beberapa bangunan yang dapat digunakan oleh masyarakat umum di hari-hari tertentu. Untuk bisa memasuki bangunan tersebut tidak dikenakan biaya, namun demikian karena bangunan ini digunakan sebagai kantor Kecamatan sementara, maka untuk bisa mengunjunginya, akan lebih baik jika Anda mengkonfirmasi jadwal kedatangan terlebih dahulu kepada pengurus bangunan. Bangunan Kawedanan Lorok juga digunakan sebagai rumah baca di bawah pengelolaan Rumah Pintar Harum Persada. Ada beberapa jenis layanan kegiatan yang diberikan, mulai dari sentra permainan, pojok ruang baca, hingga sentra kriya.

Baca Juga: Rekomendasi Penginapan Dekat Pantai di Pacitan, Harga Dibawah 200rb

Rute perjalanan

Kalau dari area kota Jogjakarta, seperti area Malioboro maupun area Jl Kaliurang, Anda bisa menempuh perjalanan melalui Jl Menteri Supeno dan Jl Ki Penjawi menuju Jl Wonosari di daerah Rejowinangun. Dari jalur tersebut, ambil rute menuju Jl Nasional III dan ke Jl Jendral Sudirman menuju ke Pacitan. Dari jalan Jend Sudirman, Anda bisa ke Jl KH. Magribi, Jl Pacitan – Lorok, dan jalan Asia Citra sebelum masuk ke Gang Kawedanan di Dembo. Perjalanan yang bisa dilakukan dengan kendaraan darat ini memerlukan waktu sekitar 4 jam. Untuk jalur lain yang bisa dicoba untuk menuju tempat wisata satu ini adalah rute Srowot, Jl Wedi – Bayat, dan melewati jalur Jl Karangmojo.

Penginapan terdekat

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata Kawedanan dan tempat wisata lainnya, Anda bisa menyewa penginapan terdekat dengan lokasi wisata. Berikut adalah beberapa penginapan yang bisa dicoba.

  • Hotel Melati Surya Darma

Hotel kelas 2 ini menyediakan beragam fasilitas standar mulai kamar single atau double yang dilengkapi dengan kamar mandi, lemari pakaian, televisi, ac, dan meja untuk meletakkan barang. Anda juga bisa menikmati fasilitas wifi untuk browsing atau mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan internet. Pelayanan kamar oleh staff cukup baik dan untuk menginap disini, per malamnya Anda akan dikenai biaya yang sangat terjangkau, mulai dari Rp 225.000,00 per malam.

  • Hotel Ratu

Hotel yang satu ini terletak di Jl Raya Lintas Selatan, Karang, Wonocoyo, Panggul, Trenggalek, Jawa Timur. Hotel ini terletak di tempat yang sangat strategis dan untuk menginap per malamnya, Anda bisa mengeluarkan uang mulai Rp 200.00,00. Fasilitas standar yang didapat, yaitu kamar lengkap dengan AC, lemari, kamar mandi, dan wifi. Jaringan internet yang tersedia juga cukup baik untuk browsing.

Persiapan perjalanan

Jika Anda berniat melakukan perjalanan ke Kawedanan Lorok ada beberapa hal yang perlu disiapkan, yaitu:

  • Persiapan bekal atau uang saku yang bisa digunakan untuk berbelanja oleh-oleh di sekitar tempat wisata.
  • Uang saku khusus yang disiapkan untuk pengeluaran selama berada di Jawa Timur. Umumnya untuk pengeluaran laundry maupun pengeluaran lainnya.
  • Kendaraan yang disiapkan dalam kondisi baik, seperti ban, oli, atau komponen lainnya agar perjalanan tetap aman dan lancar.

Pos terkait

Loading...