Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Goa Luweng Jaran

  • Whatsapp

Bagi Anda yang ingin melihat keindahan perut bumi maka bisa mengunjungi Goa Luweng Jaran yang berada di Pacitan, tentunya Anda wajib mengunjungi goa ini. Sebab goa ini merupakan goa terpanjang di pulau Jawa bahkan di negara ini dimana goa berbentuk vertikal ini memiliki panjang 25 km. Jadi tidak heran jika banyak orang yang tidak mampu mencapai ujung liang dari goa ini,  goa ini sendiri pertama sekali ditemukan oleh warga sekitar pada tahun 1984. Pada saat penelusuran pertama maka pemetaan yang berhasil dibuat menyatakan bahwa goa ini hanya sepanjang 11 km, namun pada saat ekspedisi yang kedua pada tahun 1992 ditemukan bahwa panjang dari goa ini adalah 19 km. Namun pada tahun 2002 ditemukan bahwa goa ini termasuk dalam daftar goa terpanjang di dunia karena memiliki panjang mencapai +25 km dengan kedalaman mencapai 65 m. Goa ini sendiri merupakan goa sungai bawah tanah karena lubang masuknya merupakan aliran air ke dalam tanah pada daerah berkapur yang relatif dalam. Tidak heran jika terjadi hujan besar mka permukaan sekitar pintu goa ini akan berubah menjadi sungai sehingga membuat air disekitarnya bergerak memutar. Jadi tidak heran jika sangat berbahaya untuk mengunjungi goa ini ketika musim hujan.  Namun jangan lupa untuk berkunjung agar Anda bisa melihat bagaimana indahnya perut bumi di goa ini.

Baca Juga: Akses dan Harga Tiket Masuk Pantai Klayar Pacitan Terbaru

Muat Lebih

Berikut Foto-Foto Goa Luweng Jaran:

Foto: @mushthafa_2310

Harga tiket masuk ke goa

Untuk harga tiket masuk goa ini tentunya gratis sehingga tidak akan menguras banyak biaya untuk bisa melihat keindahan goa ini, jadi dengan gratisnya harga tiket masuk maka jangan sampai Anda melewatkan untuk mengunjungi goa ini. Apalagi nantinya Anda akan menjelajahi goa paling panjangan di Indonesia, pastinya akan ada banyak hal unik yang bisa Anda temukan nantinya. Jadi bagi Anda pecinta alam tentunya wajib mengunjungi goa ini minimal sekali seumur hidup. Namun walaupun gratis namun Anda harus meminta izin kepada pengelola untuk menyusuri goa.

Baca Juga: Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Pantai Teleng Ria Pacitan

Akses transportasi menuju goa

Lokasi goa ini adalah bertempat pada dusun Kasri, desa Jlubang, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan.  Untuk rute perjalanan menuju goa ini maka Anda bisa menggunakan jalur bus Pacitan-Solo, kemudian ketika sampai di pertigaan Pringkuku maka Anda bisa mengikuti arah ke Desa Jlubang atau Sugihwaras atau Dersono. Kemudian nantinya Anda akan menemukan pertigaan lagi yang terdapat patung kuda. Kemudian ikut terus jalan yang terdapat patung kuda tersebut dimana pada daerah ini Anda harus sering bertanya kepada penduduk sekitar agar tidak tersesat. Sebab ketika Anda sudah memasuki daerah perkampungan maka akan memasuki jalan yang berbelok-belok dan memiliki banyak simpang. Jadi akan membuat Anda mudah tersesat, oleh sebab itu bertanya merupakan solusi agar tidak mudah tersesat.

Baca Juga: Akses dan Harga Tiket Masuk Pantai Banyu Tibo Pacitan

Penginapan yang dekat dengan goa

Tentunya terdapat beberapa penginapan yang berdekatan dengan lokasi goa ini, hal ini tentunya semakin mempermudah Anda dalam menjelajahi goa ini. Salah satu penginapan yang berdekatan dengan goa in adalah Prapto Homestay III, dimana penginapan ini berada di Jalan Watu Karung, Pringkuku. Tentunya penginapan yang berada masih di dalam satu kecamatan dengan lokasi goa ini maka akan mempermudah Anda dalam pulang pergi ke Goa Luweng Jaran ini sehingga jangan sampai Anda tidak mencoba pergi ke goa yang indah ini mengingat banyak sekali kemudahan yang ditawarkan.

Pos terkait

Loading...