Goa Luweng Ombo, Goa Terbesar dan Terdalam di Pulau Jawa

  • Whatsapp
Foto: Aziz Pratoko‎

Tempat wisata di Pacitan memang cukup banyak apalagi pantainnya karena berlokasi pinggiran pulau Jawa sisi selatan, tidak hanya pantai Pacitan terkenal akan kota 1001 Goa hampir setiap kecamatan memiliki goa dan salah satu goa paling ramai sebagai destinasi wisata adalah Goa Gong dan Goa Tabuhan.

Baca Juga: Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Pantai Teleng Ria Pacitan

Muat Lebih

Wisata pacitan makin berkembang dengan semakin majunya teknologi, aktifitas luar ruang juga makin menggeliat terbukti adanya para pecinta caving yang datang ke Pacitan. Salah satu fenomena alam yang kini telah menjadi sorotan di Kabupaten Pacitan adalah adanya goa luweng ombo atau goa luweng besar dimana goa ini adalah goa terbesar dan terdapat di Pulau jawa yang berlokasi di Desa Kalak, Donorojo.

Baca Juga: Sungai Maron Pacitan, Keindahan Alam Tiada Tara

Bibir atas goa luweng ombo berdiameter kurang lebih 50M dan kedalaman vertikal 125m, Ada dua teori yang menjelasakan bagaimana terbentuknya Gua Luweng Ombo, yaitu: Jika ditinjau dari Speleologi (ilmu yang mempelajari tentang gua) terbentuknya Luweng Ombo terjadi karena Collapse Sink atau runtuhnya atap gua karena erosi pada dinding batu kapur akibat proses kimiawi. Teori ini bisa dibuktikan karena adanya material runtuhan yang masih banyak dijumpai di dasar Luweng Ombo yang membentuk sebuah bukit kecil.

Foto Pintuk Masuk Goa Luweng Ombo:

Lukisan alam Goa Luweng Ombo

Dari sini dapat disimpulkan bahwa Luweng Ombo awalnya bukanlah gua vertikal, melainkan sebuah gua horisontal atau sungai bawah tanah yang mengalami Collapse Sink. Sedangkan dari sisi geologi, Gua Luweng Ombo terbentuk dari pengangkatan batu gamping dari dasar laut sekitar 1,8 juta tahun yang lalu. Berdasarkan keunikan geologinya Luweng Ombo tercatat sebagai salah satu geosite dari Geopark Gunung sewu area Pacitan.

Ada cerita dari masyarakat sekitar tentang goa ini dimana ada seorang wanita berumur sekitar 45tahun berbadan agak gemuk menghilang secara misterius selama 3 hari 4 malam, setelah pencarian di lakukan pihak keluarga secara merata di berbagai tempat tidak membuahkan hasil, pihak keluarga menempuh cara mengunakan ahli spiritual untuk mencarinya. Hasil dari salah satu supranatural memberikan arahan untuk mencari di salah satu goa di kampung Kalak. Masyarakat sekitar tidak pernah mempunyai fikiran bahwa ada manusia yang masuk kedalam goa tersebut karena sebagai manusia normal memasuki lorong goa tanpa alat adalah mustahil karena goa luweng ombo masuk dalam kategori goa sulit butuh keahlian khusus untuk turun dan menyusurinya. Dengan rasa gotong royong akhirnya masyarakat Desa Kalak melakukan pencarian dengan tekat,mengunakan tali serta bambu untuk menuruni goa yang curam serta lorong yang terjal setelah beberapa jam perjalanan dan pencarian akhirnya kita temukan korban dengan selamat walaupun keadaan basah kuyub karena setengah badan direndam air. Setelah evakuasi dan beberapa hari tetua serta ormas masyarakat memberikan pertanyaan singkat kenapa sampai masuk kedalam goa dan jawabanya mengejutkan..? dia hanya disuruh untuk menanam padi oleh seseorang dan diberi upah 100rb sehari dan dalam perjalanan di bonceng motor sampai di sawah dalam halusinasinya..entah apa yang telah terjadi masih menjadi misteri yang menimpa Ibu ini. Kejadian ini terjadi pada tahun 2016.

Bagi sobat Triper yang ingin merasakan hawa didalam goa luweng ombo untuk transportasi menuju goa ini dari Madiun misalnya bisa mengarah kendaraan kamu dengan rute sbb: Madiun – Ponorogo – Pacitan – Patokan Gapura Kalak dari sini lokasi goa hanya berjarak kurang lebih 200m saja.

Goa ini buka termasuk goa wisata seperti goa lain yang ada di Pacitan melainkan goa diperuntukan untuk para caving mania, peneliti, pecinta alam .

Pos terkait

Loading...