Liburan di Pontianak, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi

  • Whatsapp
Foto: @danzindrayana

Pontianak adalah sebuah kota yang sekaligus merupakan ibu kota dari kota Kalimantan Barat. Kota ini dikenal memiliki begitu banyak pesona serta panorama alam yang begitu menakjubkan serta masih banyak tujuan wisata yang tersembunyi. Hingga sangat disayangkan jika masih banyak wisatawan yang belum mengenal akan indahnya serta menakjubkan wisata yang terdapat di provinsi ini. Kota Pontianak memiliki banyak Spot tujuan wisata yang bagus. Yang dimulai dari wisata akan Situs budaya, situs peninggalan bersejarah serta spot foto kekinian. Bahkan anda juga dapat menikmati wisata air terjun yang dijamin akan sangat memanjakan mata.

Baca Juga: Liburan di Pulau Komodo? Berikut Destinasi Yang Wajib kamu Kunjungi!

Muat Lebih

Jika Anda dan keluarga ingin berlibur ke Pontianak, maka jangan ragu akan keindahannya. Karena kota ini menawarkan begitu banyak tujuan wisata pilihan yang dapat anda dan keluarga dikunjungi. Saat ini memang Pontianak adalah tujuan wisata yang jarang terdengar akan keindahannya. Padahal kota ini pun memiliki tempat-tempat wisata yang tak kalah jika dibandingkan wisata di Semarang, Jogja dan kota besar lainnya.

Mari kita lihat beberapa tujuan wisata seru di Pontianak :

  • Indahnya Pantai Kijing
Foto: @agameoftones

Pantai ini begitu indah. Yang berlokasi di Sungai Kunyit Laut, Sungai Kunyit, Pontianak. Hanya dengan harga tiket masuk Pantai Kijing sebesar Rp5,000.00. juga terdapat banyak hotel-hotel yang tak jauh dengan Pantai yang terkenal. Ada Hotel Prapatan ( Rp. 250.000 ) maupun Villa Syariah ( 160.000 ) di Kampung Batu. Banyak juga hotel lainnya yang tersedia bagi anda dan keluarga yang berdekatan dengan Kijing Beach.

Baca Juga: Berikut Daftar Pulau-Pulau Indah di Karimunjawa

Untuk bisa tiba di pantai ini disarankan agar menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini dikarenakan angkutan umum hanya sampai jalan umum saja. Sementara jarak dari jalan utama ke pantai ini masih sangat jauh.

  • Bangunan Keraton Kadriah
Foto: @wwijanarko

Bangunan ini dibangun pada tahun 1771 oleh kesultanan Syarif Abdurrahman Alqadrie dan dia adalah sultan pertama dari Kesultanan Pontianak, Keraton Kadriah ini berada di Jalan Tritura, Kota Pontianak. Bangunan ini didominasi dengan warna kuning serta terbuat dari bahan kayu belian yaitu  kayu di Kalimantan dikenal dengan sebutan kayu besi dikarenakan kekuatannya.

Di halaman keraton ini terdapat meriam kuno akan peninggalan Jepang dan Portugis. Dari dalam bangunan anda dapat menemukan singgasana dari sultan dan permaisurinya yang lengkap akan foto-foto, pakaian keluarga sultan serta berbagai koleksi milik sultan. Terdapat salah satu koleksi unik yaitu Al Quran ditulis tangan oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie. Tentunya ini adalah suatu tujuan wisata yang mengedukasi ya ? Transerrotel Pontianak adalah salah satu hotel yang dekat dengan lokasi ini. mereka memasang tarif yaitu Rp. 353.434 saja.

  • Keagungan Masjid Jami Pontianak
Foto: @afabang

Masjid ini juga dikenal dengan sebutan Masjid Sultan Syarif Abdurrahman. Sama seperti halnya keratin maka masjid ini juga sebagai saksi asal mulanya kota Pontianak. Struktur atap masjid yang bertingkat empat bagian dan bagian did alamnya ada empat pilar utama berbahan kayu belian dengan diameter 0,5 meter. Di samping itu, masjid ini mampu menampung sekitar 1.500 jamaah. Bangunan masjid dibuat dengan desain rumah panggung guna menghindari banjir di saat Sungai Kapuas meluap.

Masjid Jami’ ini hanya dapat di jangkau yaitu menggunakan sampan dari pelabuhan Seng Hie atau pun dengan kendaraan darat melewati jembatan kapuas. Masjid Jami Pontianak terletak sekitar 200 meter dari Keraton Kadriah. Setelah dari masjid, Anda bisa mampir ke pasar tradisional yang berada di sisi kiri pintu masuk masjid. Di pasar ini, Anda bisa membeli ikan segar dari Sungai Kapuas.Masjid Jami Pontianak. Colour Hotel dan My home hotel dapat menjadi pilihan anda karena jaraknya yang dekat dengan pusat masjid. Harga kedua hotel ini berkisar di 250.000 hingga 350.000 saja.

  • Paradise-Q Waterpark
Foto: @adeliaraisaaqeela

Belibur ke Pontianak bersama anak-anak dan ingin mencari tempat bermain? Paradise-Q Waterpark bisa jadi pilihan. Waterpark terbesar di Pontianak ini menawarkan berbagai wahana permainan air yang seru mulai dari Kolam Ombak, Spiral Water Slide, Race Water, dan banyak sekali wahana seru lainnya, lho!

Lokasi: Jalan Arteri Supadio KM 12,8 No. 6, Sungai Raya, Pontianak
Harga tiket: Rp 125.000
Jam Operasional: Senin- Jumat (11.00 – 18-00), Sabtu- Minggu (10.30 – 17.30)

  • Air Terjun Riam Merasap
Foto: @chandrav76

Lokasi: Desa Sahan, Kecamatan Seluas, Bengkayang, Kalimantan Barat

  • Lemukutan Island
Foto: @danzindrayana
  • Bukit Penjamur Bengkayang
Foto:@visitpontianak
  • Tugu Khatulistiwa
Foto: @tegal.tiger.club
  • Rumah Betang Radakng
Foto: @evventure

Rumah Betang Radakng adalah merupakan replika akan rumah adat kaum Dayak di provinsi Kalimantan Barat dan sengaja dibangun pemerintah kota. Lokasinya di Jalan Sultan Syahrir, Kota Baru Pontianak. Tujuan wisata andalan Pemkot ini meraih catatan sebagai rumah adat yang terpanjang di Indonesia. Dengan panjang rumah ini yang mencapai 138 meter serta lebar 5 meter dengan tinggi 7 meter.

Rumah yang memiliki ciri akan bentuk rumahnya dengan panggung panjang. Karena makin banyak jumlah anggota keluarga, semakin panjang pula rumah betang. Karena suku Dayak terkenal memilih hidup akan bersama semua dengan anggota keluarganya pada satu rumah. Kapuas Palace hotel yang berjarak 3,3 saja dari lokasi wisata ini dengan kisaran harga 300.000 saja. Ada lagi Harris hotel dengan jarak lebih dekat yaitu hanya 2,9 KM saja dari rumah Betang Radakng ini. hotel ini memasang tariff dengan lumayan tinggi yaitu 500.000 an /malamnya

Jika anda memulai perjalanan anda dari Bandara Supadio, di Kabupaten Kubu Raya, anda dapat memilih dengan melewati Jalan Arteri Supadio ke Jalan Jend. Ahmad Yani hingga Bundaran Tugu Digulist. Dilanjutkan hingga Jalan Jend. Ahmad Yani dan Belok kiri menuju Jalan Sultan Abdurrahman. Hingga anda menemukan Jalan Sutan Syahrir yang di sebelah kanan nya terdapat Rumah Adat Radakng. Sementara waktu tempuh yang dibutuhkan dari Bandara Supadio adalah sekitar 33 menit dengan 17,4 Km.

Demikian wisata yang ada di Pontianak, dan semoga mengesankan bagi sobat Triper dan keluarga jika hendak mengagendakan liburan kesana. Selamat berwisata

Pos terkait

Loading...