Sungai Maron Pacitan, Keindahan Alam Tiada Tara

              159 Views

‘The Indonesia’s Amazon’, pernahkah Anda mendengar istilah ini? Tidak perlu menempuh perjalanan jauh untuk bisa melihat pesona Amazon karena nyatanya Indonesia pun memiliki pesona sungai yang sama, Sungai Maron namanya. Sungai Maron menjadi salah satu wisata susur sungai dengan panorama keindahan alam yang masih sangat alami. Air sungai yang jernih dengan pepohonan hijau di sepanjang sungai memberikan nuansa menenangkan. Sangat tepat menjadi pilihan wisata kunjungan Anda bersama teman atau keluarga.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Waterboom Gajah Mungkur Wonogiri

Eksotisme Sungai Maron Pacitan

Sungai Maron memiliki kedalaman sekitar 20 m. Berkat kejernihan airnya, tidak sedikit warga lokal yang memanfaatkan kesempatan ini untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain menangkap ikan, warga setempat juga ikut mengembang sektor pariwisata Sungai Maron dengan menjajal dagangan, menyediakan penginapan hingga menyewakan perahu.  Sungai Maron dipenuhi banyak ikan kakap merah dan telah menjadi salah satu pemenuh kebutuhan warga. Suasana sungai yang tenang dan sejuk juga membuat Sungai Maron berhasil menjadi salah satu wisata susur sungai paling diminati di Pacitan, Jawa Timur. Sungai Maron menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang menginginkan wisata dengan panorama alam natural.

Tips penting untuk Anda yang sekiranya ingin mengunjungi Sungai Maron dalam waktu dekat, pastikan Anda hanya berkunjung saat cuaca sedang cerah. Karena jika sedang mendung atau hujan, air Sungai Maron  akan terlihat lebih keruh dengan suasana yang kurang bagus. Anda tidak akan cukup puas jika memaksakan diri berkunjung ke Sungai Maron saat cuaca sedang tidak mendukung.

Baca Juga: Deretan Kolam renang di Pacitan Beserta Tiket Masuknya

Tiket Masuk ke Sungai Maron

Namanya juga wisata susur sungai, maka salah satu aktivitas seru yang umumnya dilakukan wisatawan saat berkunjung ke Sungai Maron ialah menyewa perahu untuk menyusuri sungai. Warga setempat telah menyediakan perahu-perahu dengan harga sewa yang bervariatif. Saat Anda menyewa perahu, pemilik perahu juga akan berperan sebagai pemandu yang akan membimbing Anda melewati perjalanan susur sungai. Biasanya perahu yang disediakan bisa menampung hingga 6 orang dengan jalur tempat sepanjang 4.5 Km. Setidaknya Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar 45 menit untuk sampai di titik terakhir.

Selain membayar biaya sewa perahu, para pengunjung yang ingin menikmati pesona Sungai Maron diharuskan membayarkan biaya tiket masuk. Tarif yang dibebankan untuk setiap orang ialah sekitar Rp 2 ribu. Sedangkan untuk biaya perahu, biasanya tarif sewa antara Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu (tergantung jenis dan kondisi perahu yang disewa). Khusus untuk Anda yang berencana bermalam, ada beberapa hotel atau penginapan di dekat Sungai Maron, seperti Homestay Pak Eko near Pantai Klayar, Larasati Homestay II, Homestay Platar Orr, Homestay Nova, Batu Hill Villa dan masih banyak lainnya. Anda bisa memilihnya sesuai selera, kebutuhan dan tentu saja mempertimbangkan budget liburan yang Anda persiapkan.

Baca Juga: Akses dan Harga Tiket Masuk Pantai Klayar Pacitan Terbaru

Akses Menuju Lokasi Sungai Maron

Sungai Maron masih berada dalam kawasan yang sama dengan Pantai Klayar, tepatnya di Desa Darsono, Kec. Pringkulu, Kab. Pacitan, Jawa Timur. Singkatnya, selain  berkunjung ke Sungai Maron Anda juga sekalian berlibur ke Pantai Klayar lho. Untuk menuju lokasi Sungai Maron, bagi Anda yang berangkat dari Solo ambillah jalur Jalan Raya Pacitan. Kondisi jalanan menuju lokasi pantai terbilang kurang bagus karena kondisi jalanan yang menanjak serta berkelok-kelok. Maka dari itu, sangat dihimbau untuk semua wisatawan yang berkunjung ke Sungai Maron agar lebih berhati-hati. Bagaimana, tertarik mengadakan liburan ke Sungai Maron?

Tags:
author

Author: