Puluhan Siswa SD di AS Keracunan Beras  

              2363 Views

142631

                  Houston – Puluhan siswa di tiga sekolah dasar di Kota Houston, Amerika Serikat, mendadak sakit setelah memakan menu makan siang pada Kamis, 6 Februari 2014. Mereka berasal dari sekolah dasar Wolman, Morton Ranch, dan Kilpatrick.

Seperti diberitakan Xinhua, koran Houston Chronicle melaporkan sekitar 50 siswa dari tiga sekolah tersebut menunjukkan reaksi alergi setelah makan siang. Ruam muncul pada kulit mereka. Beberapa siswa bahkan sampai sesak napas.

Untungnya tidak ada satu pun siswa yang mendapat perawatan lebih lanjut. Namun pejabat kesehatan terus memantau kondisi mereka dan menyelidiki sumber reaksi alergi tersebut. Menurut dugaan sementara, mereka alergi pada produk beras yang disajikan di dalam makanan tersebut.

Pihak berwenang tengah menyelidiki jenis kontaminasi dalam beras untuk menentukan apakah modifikasi produk yang telah dilakukan menjadi penyebabnya.

Insiden itu terjadi seminggu setelah penyakit gastrointestinal menyerang ratusan mahasiswa di sebuah sekola tinggi di bagian utara Texas. Hasil tes laboratorium menunjukkan penyakit disebabkan oleh norovirus.

Norovirus sangat menular. Virus ini dapat ditularkan dari orang yang terinfeksi, makanan atau air yang terkontaminasi, atau kontak dengan permukaan benda yang terkontaminasi. Norovirus bisa menyebabkan sakit perut, mual, diare, dan muntah.

Tags:
author

Author: